4 Alasan Utama Kenapa Fotomu Terlihat Flat dan Tidak Menarik

Selebgram jadi populer berkat foto-fotonya yang keren & nampak berkelas. Banyak yg berpikir bila rahasianya terdapat pada kamera yg dipakai. Ternyata tadak hanya sebatas itu, ada alasan-alasan lain yang perlu diperhatikan. Seperti beberapa hal berikut adalah, bila kamu melakukannya maka hasil fotomu bisa datar dan kelihatan kurang menarik.

1. Mengabaikan Sudut Pencahayaan

Tentu saja, dunia fotografi bekerjasama erat dengan cahaya, lantaran tinggi rendahnya pencahayaan akan memengaruhi kualitas foto yg didapatkan. Oleh karenanya, jika kamu mengabaikan sudut pencahayaan atau dari mana cahaya tadi berasal sampai jatuhnya, maka foto yg dihasilkan pula nir aporisma.

Jangan Mengabaikan Sudut Pencahayaan [image source]
Jangan Mengabaikan Sudut Pencahayaan [image source]

Sebelum merogoh gambar, perhatikan terlebih dahulu dari mana cahaya datang & pertimbangkan angle-nya sebelum menekan shutter. Semakin cantik angle yang  dipilih, maka foto yang didapatkan akan nampak lebih dramatis. Jangan melawan arah cahaya, lantaran obyek akan menjadi gelap dan akan mengakibatkan flare serta kelebihan cahaya (over-exposure). Namun, bila konsep fotonya adalah siluet, maka absah-sah saja buat melakukannya.

dua. Pembagian Obyek dan Background

Dalam hal ini yang dimaksud menggunakan pembagian obyek & background merupakan pengambilan & pengaturan tinggi, rendah sampai dengan penetapan obyek lebih ke arah kiri atau ke kanan. Foto akan berasa flat walaupun background yg digunakan indah, namun jika pembagian antara latar belakang dan obyek kurang pas, maka output foto permanen saja datar jika dilihat.

Pembagian Obyek dan Background [image source]
Pembagian Obyek dan Background [image source]

Jangan membagi sama homogen tinggi-rendah atau kanan-kirinya apabila mengambil mode landscape. Hal ini akan menciptakan foto sebagai ‘hambar’ dan kurang sentuhan sisi artistiknya. Jangan juga terlalu tinggi merogoh sisi permukaan misalnya langit dan menyisakan sedikit space buat bagian latar bawahnya karena jua akan membuat foto yang nir sempurna.

Kamu dapat memanfaatkan obyek lain selain obyek primer menjadi pemanis, misalnya pohon atau cahaya agar foto yg didapatkan lebih menarik. Apabila kamu merogoh mode portrait, maka disarankan buat pengambilan jangan terlalu tengah & tidak seluruh badan.

3. Tidak Memerhatikan angle

Angle adalah keliru unsur krusial yang harus diperhatikan pada pengambilan foto yg mengagumkan. Jika engkau sembarangan mengambil foto baik menggunakan memakai kamera berjenis point and shoot atau DSLR, maka jangan berharap banyak buat mendapatkan foto berkualitas.

Tidak memerhatikan angle [image source]
Tidak memerhatikan angle [image source]

Angle merupakan sudut pandang mata waktu melihat suatu obyek dan menggunakan memperhatikan sudut pengambilan angle maka foto yang kamu hasilkan pula lebih menarik atau tidak lagi flat. Disarankan jua selain memperhatikan sudut pengambilan angle, engkau dapat bereksperimen untuk lebih membentuk foto yg mengagumkan, contohnya saja mengikutsertakan atau nir memotong arah jatuhnya bayangan & sebagainya.

4. Selalu menggunakan mode auto

Setiap kamera baik yang berjenis poket hingga dengan DSLR, pastinya memiliki beberapa pengaturan dan fasilitas. Maksimalkan fasilitas yang ada tadi untuk mendapatkan output paripurna. Jika kamu terus-terusan memakai mode auto, memang hasilnya akan lebih save karena segala pengaturan akan dipengaruhi sang kamera, namun hal tadi justru memangkas sisi menarik menurut foto yang didapatkan.

Selalu menggunakan mode auto [image source]
Selalu memakai mode auto [image source]

Bereksperimenlah menggunakan segala fasilitas yang dipunyai kamera, seperti ISO, Aperture Priority hingga menggunakan Shutter Priority. Perusahaan produsen kamera tentunya memiliki alasan khusus kenapa mengikutsertakan fasilitas-fasilitas itu di pada produknya, bukan hanya sekadar sebagai aksesoris saja.

Dengan lebih memperhatikan 4 poin di atas, maka walaupun nir akan menyamai hasil para fotografer profesional, setidaknya foto yg kamu ambil nir lagi berasa flat dan memiliki cerita dan lebih menarik. Selamat mencoba.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter