8 Destinasi Wisata di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Asing Sepanjang Tahun 2015

Lembaran tahun 2015 sudah resmi ditutup dua hari kemudian tetapi banyak memori yang masih terbayang-bayang pada athun baru yg baru ini. Untuk itu Travelingyuk ajak sobat sekalian buat melakukan sedikit flashback warna-warni pariwisata tahun kemudian. Kali ini kita akan membahas destinasi mana saja di bumi nusantara ini yg paling banyak dikunjungi wisatawan asing.

Tahun 2015 sebagai penanda bahwa traveling bukan lagi sekedar kebutuhan seseorang buat refreshing tetapi telah menjelma menjadi gaya hidup. Tak pelak jika pada tahun tersebut poly sekali tempat-loka baru yg dibuka buat tujuan wisata meski pada akhirnya banyak pula yg rusak dampak infrastruktur yang belum siap hingga pencerahan rakyat yang masih rendah. Terlepas menurut segala perseteruan yang terdapat, jumlah kunjungan wisata pada banyak sekali daerah jua mengalami peningkatan.

Dirangkum menurut aneka macam asal, setidaknya ada 8 destinasi pada Indonesia yg paling banyak dikunjungi wisatawan asing. Daftar berikut disusun Travelingyuk secara acak nir menurut rangking jumlah wisatawan asing yang berkunjung pada masing-masing wilayah.

1. Pulau Bali

Bali bukan hanya menjadi destinasi wisata favorit warga Indonesia saja namun juga sudah mencuri perhatian warga global. Seperti biasanya dan sudah mampu dipastikan apabila pulau Dewata lagi-lagi sebagai penyumbang wisatawan asing paling akbar pada negeri ini. Lantas mengapa pulau ini masih saja menjadi primadona? Tidak perlu berfikir usang buat mengungkapkan alasan mengapa pulau seribu pura ini selalu dicintai para traveler.

Bali mempunyai rakyat yang ramah menggunakan segudang tradisi yg masih dijaga sampai sekarang, memberinya kekhasan tersendiri yang menciptakan banyak orang penasaran untuk membaur dan belajar dari masyarakatnya. Tidak kalah penting bahwa hanya di pulau inilah traveler bisa menemukan penginapan super murah menggunakan harga kelas hotel melati tetapi kualitasnya sepadan dengan hotel berbintang.

instagram

Faktor yang paling dominan merupakan kekayaan alam dan destinasi wisatanya yang super indah sampai dunia pun mengamini apabila Bali adalah galat satu pulau paling latif di global. Tempat-tempat pada Bali yg menjadi primadona buat dikunjungi diantaranya Pantai Kuta, Kawasan Seminyak, Nusa Dua, Tanah Lot, Pura Uluwatu, Pantai Pandawa, Pantai Canggu dan Pura Besakih.

dua. Nusa Tenggara Barat

Menjadi pesaing bertenaga Bali, Nusa Tenggara Barat dari tahun ke tahun terus berbenah supaya kunjungan wisatawan ke wilayahnya semakin banyak. Pilihan tempat berlibur pun tidak kalah menggunakan pulau Dewata jika dipandang berdasarkan sisi keindahannya. Tempat wisata andalan yg jua menjadi incaran turis asing pada provinsi ini adalah Tiga Gili yg terdiri berdasarkan Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Tiga gili ini sangat populer karena ukurannya yg tidak terlalu akbar, laut yg jernih menggunakan terumbu karang yg latif dan bebas polusi karena nir ada kendaraan bermotor di pulau tersebut.

instagram

Destinasi lain yang tidak kalah keren & pula banyak dikunjungi traveler adalah Pulau Moyo. Keindahan pulau ini nir diragukan lagi bahkan beberapa artis global telah pernah berlibur kesana. Tak sporadis juga Pulau Moyo sebagai destinasi singgahan dari kapal pesiar. Satu tempat yang selalu masuk pada list kunjungan traveler di NTB adalah Gunung Rinjani, sebuah gunung berapi yang mempunyai sunrise super anggun dan digadang-gadang mempunyai view paling latif di Indonesia.

tiga. Papua

Untuk urusan kunjungan wisman, kita akan melihat daratan Papua secara keseluruhan tidak terbagi antara provinsi Papua dan Papua Barat. Kawasan paling timur menurut Indonesia ini memang tengah naik daun. Alamnya yg indah mulai dikenal publik sampai akhirnya meski porto transportasi kesana malah tidak sedikit wisatawan yg tetap nekad datang ke Papua.

instagram

Raja Ampat pada Papua Barat menjadi primadona dengan alam bawah lautnya yg mempesona hingga ditasbihkan menjadi nirwana para diver dunia. Selain Raja Ampat, terdapat juga tempat Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang pula eksotis. Danau Sentani memikat wisatawan menggunakan keelokannya yg menyerupai daratan Selandia Baru, Pegunungan Jayawijaya yg menunggu buat didaki, sampai belajar kebudayaan suku setempat pada Lembah Baliem.

4. Daerah Istimewa Aceh

Aceh menjadi keliru satu wilayah yang paling banyak dikunjungi wisman sepanjang tahun 2015. Kawasan yg pernah diterjang tsunami dahsyat pada tahun 2004 ini mengalami recovery yang tidak mengecewakan cepat sebagai akibatnya roda perekonomian & pariwisata mampu segara berbenah pulang. Dengan adanya musibah tersebut sekarang Aceh mempunyai destinasi wisata baru yang poly menyedot pengunjung yaitu Museum Tsunami.

instagram

Provinsi yang menerima julukan Serambi Mekkah ini juga memiliki wisata alam yang latif berupa pantai & air terjun. Air Terjun Blang Kolam masih sebagai favorit wisatawan yang berkunjung kesana. Adapun buat urusan wisata laut, Aceh merupakan galat satu spot island hopping yg keren. Umumnya aktivitas ini berpusat di daerah Sabang menggunakan gugusan pulau kecilnya yg banyak. Pulau paling diminati traveler merupakan Pulau Banyak, Tailana, Balong, Matahari & Ragu-Ragu.

5. Kalimantan Timur

Ada empat pulau yg menyumbang kunjungan wisatawan asing terbanyak pada Kalimantan Timur yaitu Pulau Sangalaki, Pulau Maratua, Pulau Kakaban dan Pulau Derawan. Keempat pulau itu mengantarkan provinsi Kalimantan Timur menjadi salah satu tempat di Indonesia yang paling poly dikunjungi wisman.

instagram

Dua nama yg sudah nir asing di telinga traveler yaitu Pulau Kakaban yg populer dengan danau air asinnya dimana di pada danau tersebut hayati ubur-ubur langka yg tidak menyengat. Sedangkan Pulau Derawan terkenal karena mempunyai perairan yg jernih hingga kapal yg melintas pada permukaannya seperti melayang pada udara.

6. DKI Jakarta

Sebagai Ibukota negara Indonesia wajar apabila Jakarta poly dikunjungi wisatawan asing. Kota ini dikenal sebagai gerbang masuk ke Indonesia sebelum kemudian menjelajahi daerah-daerah lain pada nusantara. Namun nir semua bule yang ke Jakarta hanya singgah saja lho, poly juga berdasarkan mereka yang berlibur disana meski kota tersebut dikenal panas & rawan macet.

instagram

Kawasan Kota Tua Jakarta selalu menaruh kesan tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung. Orang-orang Belanda mampu bernostalgia di loka yg penuh dengan bangunan peninggalan kompeni. Di tengah sesaknya kota Jakarta, terdapat satu tempat yang asyik buat dikunjungi yaitu Kepulauan Seribu yg terletak pada utara kota. Hingar bingar kehidupan ibukota nir nampak disana menjadi gantinya formasi pulau tropis seperti di Maladewa akan memanjakan traveler.

7. Jawa Timur

Dari sekian provinsi yg terdapat pada Pulau Jawa, mungkin Jawa Timur lah yg paling berkembang pesat pariwisatanya. Hampir setiap kabupaten di provinsi ini dalam tahun 2015 menjadi bahan pembicaraan pada media umum. Bukan hanya Malang, Banyuwangi & Surabaya saja bahkan kota kecil seperti Pacitan, Tulungagung & lainnya sempat booming menggunakan destinasi andalannya masing-masing.

instagram

Beberapa destinasi wisata pilihan pada Jawa Timur yang paling banyak disinggahi traveler mancanegara diantaranya Pulau Merah dan Kawah Ijen di Banyuwangi, Pulau Sempu, Gunung Bromo di Malang dan masih banyak lagi. Banyaknya turis yang berlibur pada Jawa Timur mungkin disebabkan sang komplitnya jenis wisata yg ditawarkan.

8. Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur juga sebagai galat satu daerah yg paling banyak dikunjungi wisatawan asing. Awal tahun 2015 saja daerah Taman Nasional Pulau Komodo telah ditetapkan oleh Lonely Planet menjadi galat satu destinasi wajib kunjung. Provinsi ini memang diberkahi kekayaan alam yang luar biasa dan belum banyak dijamah traveler.

instagram

Inilah tempat-loka yang paling poly dikunjungi wisatawan asing di Nusa Tenggara Timur: Labuan Bajo, Pink Beach, Taman Laut Selat Pantar, Danau Kelimutu, Gua Liang Bua, Taman Nasional Komodo, & Kampung Megalitik.

Dilansir Travelingyuk berdasarkan berbagai asal, jumlah wisatawan asing yg berkunjung ke Indonesia pada periode Januari sampai Oktober 2015 mencapai 8 juta lebih. Masih jauh dari target pemerintah yang menetapkan jumlah kunjungan 10 juta wisatawan. Belum terdapat kabar terkini berapa jumlah akhir kunjungan wisatawan sampai akhir Desember 2015.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter