Alkisah Patung Knalpot di Purbalingga yang Bertuah

Ada yg aneh menggunakan galat satu patung pada Purbalingga. Alih-alih memasang patung air terjun, kabupaten ini malah menciptakan Patung Knalpot di tengah jalan utamanya. Padahal selama ini julukan Kota Seribu Curug sudah melekat erat pada benak traveler. Apa yg terjadi? Yuk kita telusuri.

Jika traveler melewati persimpangan antara Jl. Jenderal DI Panjaitan, Jl. Padamara, & Jl. AW Sumarmo pada Purbalingga, mereka akan melihat patung ukuran relatif akbar yg menggambarkan seseorang pria sedang membuat knalpot. Lantas para traveler akan bertanya dalam diri sendiri, ini benar Purbalingga kan yang populer sebagai Kota Seribu Curug? Lantas kenapa landmark kotanya patung knalpot?

instagram

Patung knalpot pada Purbalingga punya kisah yang bertuah. Jadi begini ceritanya, patung keren tadi dibuat sebagai bentuk apresiasi pada pengrajin knalpot yang jumlahnya sangat poly di Purbalingga. Meskipun bukan produksi dari perusahaan besar atau pabrikan populer tetapi kualitasnya boleh diadu hingga akhirnya knalpot Purbalingga pun menembus pasar internasional.

Dari berbagai sumber yg dilansir Travelingyuk, awal mula Purbalingga sebagai penghasil knalpot terbesar di Indonesia ini adalah output kerja keras berdasarkan seorang laki-laki bernama Hasan Yusuf. Sebelumnya dia hanyalah pengusaha dandang berbahan kuningan tetapi usahanya mengalami kebangkrutan. Kemudian beliau melakukan manuver dengan menciptakan knalpot dan menitipkannya di toko onderdil di Jakarta pada tahun 1970-an.

instagram

Tak menyangka knalpot buatannya laku keras sampai dia pun berhasil menciptakan pabrik knalpot yang akbar pada daerah Jakarta. Singkat cerita ia menarik banyak orang pada kampungnya buat dijadikan karyawan dan mengajari cara menciptakan knalpot. Dari sanalah awal mula poly pengrajin knalpot pada Purbalingga.

Kini kabupaten Purbalingga mengklaim menjadi penghasil knalpot terbesar di Indonesia. Yang semakin membanggakan baik untuk rakyat Purbalingga juga Indonesia adalah bahwa knalpot produksi anak negeri ini mampu bersaing dengan produk luar negeri baik berdasarkan sisi kualitas maupun harga. Tak heran apabila pemasaran knalpot dari kabupaten ini menembus pasar internasional. Dari sanalah lalu patung knalpot dibuat sebagai galat satu bentuk apresiasi.

instagram

So, jika main ke Purbalingga jangan cuma mengunjungi destinasi wisata alamnya saja. Kamu pun mampu belanja knalpot buat keperluan kendaraanmu. Baik knalpot mobil, motor, aneka racing sampai variasi lainnya bisa traveler temukan disini. Nah, engkau yang ngaku hobi otomotif niscaya tidak sabar tiba ke Purbalingga kan?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter