Berani Traveling ke Dasht-e Lut? Tempat PALING PANAS di Bumi

Baru saja global digemparkan dengan kenyataan gelombang panas yg menerpa kawasan pada Timur Tengah. Fenomena tadi membuat suhu pada tempat yang terdampak sebagai semakin tinggi hingga 40-50 derajat Celcius. Tetapi ternyata ada kawasan pada bumi yang jauh lebih panas menggunakan suhu bagian atas mencapai 70 derajat Celcius!

Baca Juga : 10 Gunung Tertinggi pada Indonesia yang Membuatmu Lebih Tinggi Dari Pada Awan

NASA merilis data yg menerangkan loka terpanas di muka bumi, letaknya terdapat di negara Iran. Sebuah daerah gurun pasir bernama Dasht-e Lut disebut-sebut menjadi tempat yang paling panas di dunia yang mempunyai suhu terpanas mencapai 70,7 derajat Celcius tercatat sang satelit pada tahun 2005.

source]
Dilongok Travelingyuk dari BBC, gurun pasir Dasht-e Lut mempunyai berukuran panjang 480 km menggunakan lebar 320 km yg menempatkannya menjadi gurun pasir terluas ke-25 pada global. Kawasan terlihat gelap saat dipantau dari satelit dan wilayah gelap itulah yang sebagai tempat terpanas pada global.

Pemindaian suhu permukaan bumi ini dilakukan sang instrumen NASA yang dipasang Thermal Infrared Sensor pada satelit Landsat-8. Kawasan gurun ini selain memiliki suhu yg sedemkian tinggi jua sebagai tempat yg paling kemarau di global. Tidak terdapat tumbuhan yang hidup pada sana bahkan tanaman kaktus yg umumnya mampu bertahan di syarat ekstrim jua tidak nampak pada daerah itu. Kering & panasnya daerah gurun ini bisa Anda lihat pada tayangan video pada bawah ini.

Titik paling panas berdasarkan gurun pasir Dasht-e Lut berada pada Gandom Beryan. Areanya tertutup lava hitam yg memiliki poly legenda. Salah satu legenda menceritakan bahwa lava hitam tadi asal dari gandum yg terbakar. Dahulu ada tunggangan pembawa terigu yang terguling di sana. Saking panasnya area itu, terigu dengan judah terbakar dan akhirnya menyisakan lava hitam yg terlihat seperti sekarang ini.

Baca Juga : 10 Air Terjun Terindah di Dunia

Meskipun tercatat sebagai loka terpanas di muka bumi bukan berarti nir ada traveler yang berminat berkunjung ke sana. Beberapa yang bertanya-tanya menggunakan suhu di gurun tadi nekad datang dan mencicipi eksklusif panasnya permukaan gurun pasir. Anda penasaran buat membuktikannya pula?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter