Bosan ke Lamongan? Yuk Eksplor Wisata Tuban yang Variatif!

Tuban, kabupaten yg terletak pada pesisir Pantura dan merupakan wilayah paling barat di ujung utara provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan eksklusif menggunakan Jawa Tengah tepatnya Kabupaten Rembang. Menilik kota ini berdasarkan sisi pariwisata sebenarnya banyak sekali potensi yg bisa digali buat menjadi destinasi yg terkenal diseluruh dunia. Hanya saja waktu ini gaungnya belum sebanyak Malang, Banyuwangi atau Pacitan.

Pun demikian, kota yg punya poly julukan ini nir sanggup diremehkan begitu saja. Ada sejuta alasan buat traveler mampir & menjelajah wilayahnya yang diisi sang segudang tempat wisata keren mulai menurut wisata religi sampai wisata alam. Mungkin tidak cukup satu hari buat menjelajahi semua wisata di Kota Seribu Gua ini, tapi setidaknya pastikan engkau datang ke 9 tempat berikut ini.

1. Awali Jelajah Tuban menggunakan Berziarah ke Makam Sunan Bonang

Kabupaten Tuban dikenal juga dengan julukan menjadi Bumi Wali karena dalam zaman dahulu wilayah ini menjadi keliru satu sentra penyebaran agama Islam oleh Wali Songo, dan pada wilayahnya juga dimakamkan seorang wali bernama Sunan Bonang. Tapi jangan kaget apabila menerima kabar makam serupa di wilayah lain pasalnya sampai kini diketahui ada lebih satu makam Sunan Bonang, selain pada Tuban terdapat juga pada Rembang bahkan terdapat yang percaya bila makamnya pula ditemukan pada Pulau Bawean.

Tetapi menurut setiap makam yang disebut sebagai makam orisinil Sunan Bonang, suasana khidmad & hening selalu dirasakan sang peziarah yg berkunjung. Mungkin sebagian dari kita nir tahu sahih tentang silsilah dan kisah hayati salah satu wali yang dianggap menjadi keturunan Nabi Muhammad ini, tetapi kita sering mendengarkan karyanya yaitu pada nyanyian yg berjudul Tombo Ati, itu merupakan karya Sunan Bonang yang digunakan untuk membuatkan kepercayaan Islam.

2. Sebagai Bumi Wali Tuban Punya Banyak Pesantren dan Ada Satu Yang Paling Spesial Untuk Dikunjungi Yaitu Ponpes Perut Bumi Al-Maghribi

Wisata religi jua bisa engkau lakukan menggunakan mendatangi keliru satu pondok pesantren unik yg ada pada perut bumi, namanya merupakan Ponpes Perut Bumi Al-Maghribi. Ya hanya di Kabupaten Tuban saja traveler bisa menemukan sebuah pondok pesantren yang berada pada dalam gua lengkap menggunakan masjidnya jua. Arsitektur bangunan di pada gua ini nir asal-asalan lho, masuk ke dalamnya engkau akan dibentuk kagum dengan paduan arsitektur terbaru di dalam gua alami yg latif.

Instagram

Ponpes Perut Bumi Al-Maghribi akan memberimu poly pengalaman yang tidak terlupakan. Kamu masih bisa melihat stalaktit & stalakmit gua yg bersinergi dengan bangunan terkini pondok pesantren. Pondok pesantren yang unik ini dapat engkau jumpai di Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding. Di sana engkau mampu turut menyumbang untuk kelanjutan pembangunan ponpes.

tiga. Jalan-Jalan di Tuban Bisa Serasa pada China Kalau Kamu Berkunjung ke Kelenteng Kwan Sing Bio

Keberadaan sebuah kampung China atau setidaknya bangunan kelenteng selalu memberikan kesan seperti misalnya di negaranya asli. Hal itu pula bisa engkau dapati bila lagi pada Tuban. Tepatnya berada di tepi jalan raya primer jalur Pantai Utara Jawa atau Jalan Raya M.E Martadinata terdapat sebuah kelenteng bernama Kelenteng Kwan Sing Bio.

Instagram

Seperti tempat-loka ibadah orang Tionghoa lainnya, kelenteng ini jua didominasi menggunakan warna merah & hiasan patung naga pada sekelilingnya. Patung kepiting yang berada di pintu gerbang akan menyambut traveler yang tiba ke sana. Ini jua yg sebagai keunikannya karena hanya kelenteng ini saja yg menggunakan patung kepiting pada sebuah kelenteng. Banyak hal yg bisa kamu pelajari di sana, atau bagi mereka yang hanya ingin sekedar foto-foto jua boleh masuk ke dalam daerah kelenteng.

4. Punya Julukan Sebagai Kota Seribu Gua Pasti Banyak Gua pada Wilayahnya, Pertama Kamu Bisa Singgah ke Gua Akbar di Bawah Pasar Baru Tuban

Di awal sudah disinggung bahwa Tuban punya julukan menjadi Kota Seribu Gua. Maka perjalananmu menyusuri tempat kota ini nir akan lengkap bila nir menyambangi obyek wisata yang menjadi ikon dari kota ini. Gua pertama yang harus engkau datangi merupakan gua Akbar. Kamu akan diajak berkeliling gua menggunakan cara yg tidak selaras di sana.

Instagram

Isi pada pada gua sama seperti gua-gua lainnya di global cuma lokasinya yg membuat gua Akbar menjadi khas. Gua ini nir berada di pegunungan atau pada tengah hutan akan tetapi berada di pusat keramaian. Yap, gua Akbar terletak pada bawah Pasar Baru Tuban. Konon gua ini dulu adalah loka tinggal Sunan Kalijogo yg kemudian diberitahukan ke dalam Sunan Bonang. Kini gua ini dikelola pemerintah menggunakan baik dengan ditambahkan banyak sekali fasilitas pada dalamnya termasuk musala. Keren!

5. Berburu Cahaya Surga di Gua Suci

Sebagai wilayah yang mendapat julukan menjadi Kota Seribu Gua tentu tidak cuma punya satu gua saja di wilayahnya. Sebagai bukti sekaligus jadi surat keterangan traveler terdapat gua lain yg bernama Gua Suci. Tapi kalian jangan galat sangka dulu, meski namanya Suci tapi gua ini bukan tempat keramat yang disucikan akan tetapi lebih karena lokasinya yang berada pada Dusun Suci, Kelurahan Wangun, Kecamatan Palang.

Instagram

Traveler yg ingin berkunjung ke sana cukup mengendarai kendaraan bermotor menurut pusat kota sejauh 20 km. Keistimewaan berdasarkan gua Suci adalah adanya fenomena Cahaya Surga yang seperti kita lihat di Gua Jomblang, buat menangkan keindahannya kamu harus datang sebelum jam 9 pagi. Tak hanya itu saja daya pikat gua ini, konon ruangan-ruangan di dalamnya dibentuk sang manusia zaman dahulu. Hal ini nampak terlihat menurut struktur batuan kapur yang terpahat menggunakan rapi di pada ruangannya.

6. Lengkapi Liburanmu pada Tuban Dengan Bermain Air di Pelabuhan Kuno Pantai Boom

Selain menjadi sentra penyebaran kepercayaan Islam pada pesisir pantai utara Jawa, Tuban jua pernah sebagai pusat pelabuhan menurut kerajaan Majapahit. Dari pelabuhan ini poly kapal dagang berlabuh serta menjadi pintu gerbang para wali buat menjelajahi nusantara sebagai bentuk dakwah. Nah, bekas pelabuhan kuno tersebut bisa kamu saksikan pada Pantai Boom.

Instagram

Pantai Boom menjadi saksi bisu betapa kawasan tadi dulu pernah menjadi sentra pelabuhan yg sangat ramai. Kinipun keadaannya nir tidak selaras jauh alias permanen ramai dikunjungi traveler karena pantai ini menjadi galat satu obyek wisata populer di kota ini. Pada gerbang masuk kawasan pantai terdapat relief-relief unik yang menceritakan sejarah singkat mengenai Tuban. Pantai ini tidak sulit ditemukan karena hanya berjarak 200 meter dari alun-alun kota.

7. Pantai Sowan, Pantai di Utara Jawa yg Berpasir Putih nan Menawan

Umumnya pantai-pantai pada utara Jawa memiliki gelombang yang damai sebagai nilai plusnya, akan tetapi di sisi lain hampir semuanya berupa pantai pasir hitam yang bagi sebagian traveler dianggap tidak menawan. Tapi Tuban punya pantai utara berpasir putih, nir percaya? Datang saja kalian ke Pantai Sowan pada Desa Bogorejo , Kecamatan Bancar.

Instagram

Pantai ini sanggup kamu temukan menggunakan berkendara sejauh 35 km ke arah barat berdasarkan sentra kota. Obyek wisata ini adalah adonan dari daerah hutan wisata yang dikelola Perhutani & pantai. Pemandangan pada pantai begitu latif, sayang apabila kalian jauh-jauh ke Tuban akan tetapi nir sempat mampir ke pantai yg masih nisbi sepi ini.

8. Pantai Pasir Putih Remen, Pantai nan Elok Yang Bikin Kamu Selalu Kangen

Kalau telah berkunjung ke Pantai Sowan engkau bisa sekalian menyambangi tetangganya yang jua punya pasir putih, namanya Pantai Pasir Putih Remen. Lokasinya memang masih agar tersembunyi dan baru saja dibuka secara resmi menjadi salah satu destinasi berlibur di Tuban.

Instagram

Pantai ini terletak pada Desa Remen, Kecamatan Jenu. Di sana traveler sanggup melakukan banyak aktivitas seru menurut memancing, berenang, atau terapi menggunakan menguburkan diri ke pada pasir. Pantai yang latif ini akan membuatmu selalu kangen buat pulang lagi ke sana. Inilah pantai pada Tuban yang akan membarui pandanganmu terhadap image pantai utara yg gitu-gitu aja.

9. Air Terjun Nglirip, Satu-Satunya Air Terjun di Tuban Bisa Kamu Jumpai pada Desa Mulyoagung

Tuban pula punya obyek wisata air terjun yaitu Air Terjun Nglirip. Meski hanya sebagai satu-satunya air terjun yg dipunya, akan tetapi pesonanya tidak terdapat duanya. Coba saja buktikan menggunakan berkunjung ke desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan.

Instagram

Air terjun yg lebih akrab diklaim dengan Grojogan Nglirip ini mempunyai ketinggian lebih kurang 30 meter & lebar 28 meter. Airnya berwarna relatif kehijauan dan bisa engkau lihat dengan jelas berdasarkan kolam alami yg terbentuk pada bawahnya. Pemandangan misalnya ini sangat sayang bila nir diabadikan pada bingkai foto.

Terbukti kan bila Bumi Wali ini punya banyak alasan untuk kamu jadikan tujuan liburan. Itu belum semuanya, masih ada tempat-loka keren lain yang belum disebutkan Travelingyuk. Kamu mampu membantu melengkapi dengan mengisi kolom komentar.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter