“Bukit Pasir Hidup” Memakan Apa Saja yang Ada di Hadapannya

Selama ini orang-orang hanya tahu eksistensi mengenai lumpur hayati yg sanggup menyedot orang yg terjebak pada dalamnya ke dalam bumi. Lain halnya orang-orang di Prancis, mereka lebih mengenal adanya “bukit pasir hidup” yang bisa “memakan” apa saja yg terdapat di dekatnya.

Kejadian ini bukanlah dongeng semata, sebab di kota Bordeaux terdapat sebuah gunungan pasir bernama The Great Dune of Pyla yang menjulang setinggi 107 meter & bervolume 60 juta meter kubik pasir. Bukit pasir super besar ini benar-sahih hidup & beranjak setidaknya sejauh 4,9 meter per tahun.

source]
The Great Dune of Pyla tak jarang dianggap pula menggunakan nama “Gurun Sahara”-nya Prancis. Dengan panjang tiga kilometer & lebar 500 meter, bukit pasir ini tercatat telah menenggelamkan beberapa properti rumah & villa di sekitarnya. Pun demikian kejadian ini nir membuat takut traveler, mereka malah mengakibatkan bukit pasir ini menjadi keliru satu destinasi favorit. Tak ayal apabila jutaan wisatawan datang ke bukit pasir tersebut.

Selama kurun ketika 57 tahun gurun pasir kecil ini telah berkiprah sejauh 280 meter, tentu menggunakan meninggalkan korban berupa runah & properti lain yg termakan bukit ini. Pergerakan bukit ini nir sanggup dipastikan arahnya karena hal ini tergantung menggunakan arah angin & kondisi iklim pada sana.

source]
Tentu tenaga utama yg menciptakan bukit ini berkiprah adalah faktor angin. Dengan tenaga angin maka butiran-butiran pasir akan terbang terbawa kearah angin beranjak. Kecepatan angin juga sebagai faktor penentu seberapa jauh bukit pasir ini bisa berkiprah dan bukit ini dipastikan akan selalu bergerak karena lokasinya yang berada pada Teluk Archacon membuatnya mendapatkan pasokan angin sepanjang tahun.

source]
Meski bukit ini terlihat gersang namun pemandangan pada kurang lebih bukit pasir ini sangat asri dengan pepohonan hijaunya. Tak cuma itu saja dari bukit pasir ini traveler pula mampu menikmati pemandangan bahari Mediterania yg eksotis serta pemandangan menakjubkan berdasarkan Pegunungan Pyreness.

Pasirnya yg berlimpah mejadikannya arena sand boarding yg menantang. Traveler tinggal menentukan mau menikmati pemandangan di lebih kurang bukit atau bermain pasir pada bukitnya. Yang jelas semuanya sangat menyenangkan. Traveler sanggup juga menghabiskan senja di bukit ini menggunakan menikmati estetika mentari terbenam pada Teluk Archocon.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter