Cahaya Surga Di Gua Suci Yang Menenteramkan Hati

Selain Pacitan, wilayah di Jawa Timur yg identik menggunakan gua adalah Kabupaten Tuban. Kabupaten ini mempunyai slogan wisata yang seperti-mirip dengan Kota Seribu Satu Gua milik Pacitan yakni Kota Seribu Gua. Pastinya ini bukan semacam pepesan kosong saja sebab pada wilayahnya memang banyak tersebar gua-gua baik yg terbentuk secara alami maupun buatan manusia.

Dari sekian poly gua yang bisa dikunjungi wisatawan, terselip satu nama yg mencuri perhatian traveler yaitu Gua Suci. Gua ini begitu unik dibanding dengan Gua Akbar & Gua Ngerong yg jua terdapat di wilayah Tuban. Traveler langsung bisa menebak letak keunikan tadi sesaat setelah masuk ke pada ruangannya atau hanya dengan melihat fotonya yg sudah banyak tersebar di dunia maya.

Instagram

Gua Suci merupakan gua buatan insan, tapi bukan insan terbaru seperti Arosbaya yg ada di Madura melainkan telah terdapat sejak zaman kerajaan Majapahit. Hal ini diperkuat menggunakan temuan angka jawa antik yg berada pada kurang lebih pahatan yg terdapat di gua tadi. Tulisan Jawa tersebut merujuk pada nomor 1026 yang menerangkan tahun pembuatan gua.

Instagram

Kisah yg mengiringi keberadaan gua ini tak kalah menariknya ketimbang pahatan-pahatan yg menghiasi dinding gua. Dikisahkan bahwa gua Suci tak jarang dipakai menjadi tempat bersemedi oleh orang-orang berdasarkan berbagai daerah menggunakan tujuan untuk menerima kenyamanan pikiran sampai mendalami ilmu kebatinan.

Gua dengan kedalaman 14 meter ini juga mempunyai fenomena alam unik yang sering traveler sebut menggunakan Cahaya Surga, yaitu sebuah cahaya matahari yg menembus lubang di ekspresi gua misalnya yg terdapat di Gua Jomblang, Gunungkidul. Di loka inilah kebanyakan traveler merogoh gambar menggunakan kamera yg mereka bawa.

Instagram

Untuk mendapatkan foto-foto seperti pada atas, traveler harus tiba pada ketika yg sempurna. Cahaya surga akan mulai nampak dalam pagi hari lebih kurang jam 9 hingga 12 siang. Saat itulah banyak traveler yg rela mengantre buat foto di bawah guyuran sinar surya yg masuk ke dalam gua. Bagi yg kepingin mengunjungi gua ini bisa tiba ke Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Lokasinya berjarak 12 km berdasarkan sentra kota yang bisa kamu tempuh kurang berdasarkan 1 jam perjalanan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter