Danau Kelimutu Memiliki Mitos yang Menyeramkan!

Dibalik keindahan danau kawahnya yg berwarna-warni dan dapat berubah rona sendiri, Danau Kelimutu ternyata menyimpan mitos yg bikin traveler bergidik. Konon, bila kedua danau yang saling berdekatan tadi tercampur maka dunia diyakini akan segera berakhir alias kiamat. Seram!

Traveling ke Flores cita rasanya nir lengkap jika melewatkan kunjungan ke Danau Kelimutu yang merupakan danau kawah pada zenit gunung yg memiliki nama sama menggunakan danau tersebut. Danau kaldera ini sangat populer karena mempunyai ciri yang unik. Ada 3 danau yg masing-masing memiliki nama dan rona air yg tidak sinkron.

source]
Dua diantaranya berada pada posisi yang berdekatan dan hanya terpisah oleh dinding tebing. Danau tadi bernama Tiwu Nuwa Muri Ko’ofai & Tiwu Ata Polo. Menurut fakta pemandu lokal yang dilansir Travelingyuk dari Detik Travel, syahdan jika ke 2 danau ini tercampur maka dunia akan kiamat.

Tanpa ada embel-embel mitos ini saja danau ini sudah memiliki cerita mistis pada mana rakyat setempat percaya jika danau tersebut adalah loka bersemayamnya arwah orang yang sudah meninggal. Danau Tiwu Nuwa Muri Ko’ofai yang berwarna biru belia diyakini sebagai loka arwah pemuda dan pemudi sedangkan danau Tiwu Ata Polo yg berwarna hijau toska diyakini loka bersemayamnya arwah para tukang tenung yang jahat.

Masyarakat sekitar pula mulai gundah karena dinding tebing yg menjadi sekat kedua danau kawah tersebut terus terkikis & kini kondisinya sudah tidak setebal dulu lagi. Apabila suatu hari dinding tebing tadi ambruk & kedua air kaldera ini bercampur maka mereka yakin bahwa global juga akan berakhir.

source]
Kadang kehadiran berbagai mitos pada suatu destinasi wisata misalnya inilah yang membuat nama kawasan tadi kian melambung. Terlepas dari benar tidaknya mitos yg dianut rakyat kurang lebih, danau Kelimutu memang sangat cantik & menarik buat dikunjungi. Tak heran apabila banyak wisatawan lokal maupun mancanegara tiba ke Ende hanya buat melihat estetika danau Kelimutu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter