Deretan Nama Tempat dan Desa di Indonesia yang LUCU dan Bikin NGAKAK

Indonesia yg terdiri menurut poly suku dan budaya menelurkan majemuk disparitas dan keunikan termasuk dalam hal penamaan suatu daerah maupun loka wisata. Tanpa kita sadari nama-nama unik dan terkesan lucu terdapat di sekitar kita. Kali ini Travelingyuk mencoba buat mendaftar satu-persatu loka-loka pada negeri ini yg punya nama unik & bikin ngakak.

Pernah mendengar nama Desa Tutup, atau Pantai Kutang? Nama-nama tadi bukanlah output bercandaan saja melainkan ada di dunia konkret. Ternyata masih poly lagi nama-nama lucu yang terdapat di negeri kita. Dikumpulkan Travelingyuk berdasarkan berbagai sumber inilah nama-nama tempat pada Indonesia yg bikin ngakak.

1. Candi Asu yg Tidak Mirip Dengan Anjing

Traveler mungkin akan geleng-geleng kepala ketika mendatangi situs sejarah berupa candi Hindu ini. Namanya lain dari pada yang lain, alih-alih menggunakan nama Jawa yang keren candi ini malah diberi nama Candi Asu. Asu berasal dari bahasa Jawa yg apabila diartikan ke pada bahasa Indonesia artinya merupakan Anjing. Usut punya usut, penamaan ini merujuk pada banyaknya anjing yang terdapat disekitar lokasi candi pada saat penemuannya.

instagram

Bukan hanya nama candinya saja yang unik akan tetapi juga daerah ditemukannya. Candi Asu berada pada Desa Candi Pos, Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Jika candi diberi nama Asu lantaran banyak anjing pada sana, bagaimana menyebutkan penamaan Kecamatan Dukun di sana? Mungkinkah lantaran di daerah ini banyak masih ada dukun? Silahkan tebak-tebak sendiri atau cari surat keterangan kemudian ceritakan kepada Travelingyuk dengan mengisi kolom komentar pada bawah.

2. Dusun Koplak Tapi Isinya Orang-Orang Waras

Sebelum membahas nama desa yg unik ini akan kita jelaskan dahulu arti kata koplak. Koplak pada bahasa Jawa acapkali diartikan kurang pandai, konyol atau gila. Di Desa Umbul Martani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ada sebuah desa yang dinamai Dusun Koplak akan tetapi penduduknya tidak bodoh, nir konyol & nir pula gila. Mereka semua merupakan orang normal misalnya kita.

instagram

Suatu wilayah dikatakan unik bukan hanya lantaran mempunyai alam yg menarik atau punya budaya khas. Kadang keunikan tadi dari dari namanya misalnya Dudun Koplak ini. Travelingyuk sempat menjelajahi berbagai situs namun nir satupun yang menjelaskan tentang sejarah penamaan dusun pada wilayah Kaliurang ini. Sejarah penamaannya boleh misterius akan tetapi sumberdaya yang terdapat disana telah terekspos. Dusun ini memiliki suasana perkampungan yang asri sebagai akibatnya cocok buat dijadikan tempat rekreasi ditambah poly warung yg menjajakan kuliner spesial untuk traveler yang hobi berkuliner.

3. Desa Siluman, Mungkinkah Banyak Siluman yg Tinggal pada Desa Ini?

Baru membaca judulnya saja sudah membawa kita pergi ke dunia fantasi menggunakan bumbu-bumbu misteri. Kalian penasaran bagaimana bisa daerah di Kabupaten Subang ini mendapatkan nama yang begitu aneh ini? Jangan berekspektasi terlalu tinggi dulu sebab Travelingyuk pastikan bawa nama ini nir ada kaitannya menggunakan kisah-kisah insan jadi-jadian atau segala hal yang herbi global klenik.

source]
Jadi Desa Siluman ini berada pada Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Desanya sendiri tercatat mulai berdiri dari tahun 1908 M. Namanya diambil berdasarkan nama sebuah sungai yang mengalir di desa tadi yaitu Cisiluman. Pada masa penjajahan Belanda, sungai mini ini tak jarang dipakai untuk bersembunyi pejuang desa dalam melawan penjajah. Untuk mengenang sejarah lalu dijadikanlah nama sungai ini sebagai nama desa mereka yaitu Desa Siluman.

Desa Siluman terbagi menjadi 8 dusun dengan salah satu dusunnya juga mempunyai nama unik dan bikin ngakak yakni Dusun Siluman Girang. Sebagian besar warga yg tinggal pada desa ini berprofesi menjadi petani & beberapa lainnya memiliki usaha mebel. Untuk lebih jelasnya kalian mampu berkunjung ke desa ini pribadi & temukan poly keunikan pada dalamnya.

4. Desa Pocong yang Memang Sering Ada Penampakan Pocong

Mau uji nyali? Datang saja ke Desa Pocong. Desa ini berada pada Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Khusus buat tempat yg satu ini terdapat kaitannya dengan hal-hal mistis. Menurut asal Pembakuan Nama Rupa Bumi Kabupaten Bangkalan Tahun 2012, dahulu desa ini belum memiliki nama pun jua warganya masih sedikit menggunakan lebih banyak didominasi daerahnya berupa hutan dan semak belukar.

instagram

Hingga pada suatu hari terdapat anggota warga yang meninggal dunia. Kemudian masyarakat lainnya merawat jenazah sesuai adat norma yg berlaku disana. Cerita misteripun dimulai, selama 40 hari pasca meninggalnya masyarakat tersebut poly masyarakat yg dihantui oleh penampakan pocong yang senang berkeliaran di tengah hutan. Kejadian ini terus terjadi tiap kali ada warga yang tewas global. Akhirnya wargapun putusan bulat buat membabat hutan & menciptakan desa pada sana menggunakan nama Desa Pocong.

5. Pantai Kutang, Konon Dahulu di Pantai Ini Sering Ditemukan Pakaian Dalam Wanita

Seringnya nama daerah di Indonesia diambil menurut aneka macam hal atau kejadian yg pernah berlangsung pada lokasi itu. Dari Lamongan kita mengenal adanya pantai Kutang. Dalam bahasa Jawa kutang berarti Bra, BH, atau pakaian pada wanita. Bukan lantaran pantainya berbentuk misalnya kutang tetapi ada cerita lucu yg melatar belakangi hadiah nama ini.

instagram

Jadi pantai berpasir putih yg dikelilingi pepohonan rimbun nan eksotis ini punya sejarah yang relatif aneh. Menurut penuturan masyarakat yg tinggal pada kurang lebih pantai, dahulu poly pasangan belia mudi yg berkunjung ke pantai tersebut. Anehnya saat pulang mereka meninggalkan sandang dalamnya termasuk kutang itu tersebut sehingga warga yang tiba ke pantai ini seringkali menemukan kutang berserakan. Jangan berimajinasi ngeres mengapa mereka melepaskan kutang dan meninggalkannya di pantai. Intinya merupakan berdasarkan situlah dari penamaan Pantai Kutang ini.

6. Alamak Desa Ini Bernama Cawet a.K.A Celana Dalam

Bagi traveler niscaya melongo sambil tertawa waktu masuk ke desa ini atau melewati depan kantor desa yg bertuliskan Kantor Kepala Desa Cawet. Wajar bila pikiran langsung terseting otomatis dalam gambaran sebuah sandang pada.

source]
Tetapi percayalah pemilihan nama ini nir ada kaitannya menggunakan pikiran cabul atau ngeres dari sang pendiri desa. Desa Cawet, begitulah nama sebuah wilayah di kecamatan Watukumpul, Pemalang, Jawa Tengah. Cawet disini bukanlah celana dalam melainkan berasal berdasarkan kata “Cawitali” yang adalah leluhur sekaligus orang pertama yg mendirikan desa ini.

7. Desa Tutup, Meski Buka Akan Selalu Tutup

Traveler pasti galau jika mau mengurus berkas ke tempat kerja desa satu ini. Kantor desa ini nir pernah buka alias selalu tutup, yaiyalah lantaran namanya adalah desa Tutup. Desa unik ini terletak pada Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Desa ini berada dekat menggunakan pusat kota kabupaten.

source]
Desa ini menjadi pusat produksi tempe sebagai akibatnya pada gapura masuk ke desa juga masih ada goresan pena Desa Tutup Centra Tempe. Yang menarik adalah tempe produksi desa Tutup ini dibungkus menggunakan daun jati. Bila jalan-jalan ke desa Tutup ingat beli tempe tapi belinya di warung yang buka bukan yg tutup ya.

8. Desa Kebocoran, Desa Paling Tidak Aman Saat Hujan

Kalian tahu desa yg paling nir aman saat hujan? Namanya desa Kebocoran, dicermati dari namanya saja telah terbayang bagaimana desa ini tidak memberi keteduhan. Eits akan tetapi jangan berfikir misalnya itu ya, karena desa di kecamatan Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah ini sama kog menggunakan desa lainnya, hanya namanya saja yang aneh.

source]
Tapi pendapat bahwa desa ini tidak kondusif waktu hujan tidak semuanya galat lho. Beberapa sumber menjelaskan bahwa hadiah nama Kebocoran lantaran desanya yg selalu tergenang air hujan alias banjir saat hujan turun. Ada-ada saja ya!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter