Di Inggris Ditemukan Stonehenge yang Kedua?

Stonehenge, situs tumpukan batu purbakala yg menjadi landmark terkemuka pada Inggris memang menyimpan sejuta misteri yang belum semuanya terkuak. Saking tenarnya bahkan monumen ini memiliki replika di Amerika dalam bentuk Carhenge maupun Foamhenge. Belum pula identitasnya terpecahkan, sekarang kabarnya telah ditemukan lagi Stonehenge II tak jauh dari situs pertama.

Penemuan ini tengah ramai diberitakan banyak sekali media, salah satunya merupakan halaman Daily Mail. Dalam pemberitaannya, monumen batu yg baru ditemukan ini hanya berjarak sekitar 1,6 kilometer dari situs Stonehenge. Posisinya dalam keadaan terkubur di pada tanah sedalam 1 meter sehingga diharapkan penggalian.

source]
Penggalian sendiri dilakukan sang Ludwig Blotzmann Institute beserta sejumlah universitas Inggris & pemerintah. Dalam misi tadi ditemukan tak kurang dari 90 monumen batu yg diperkirakan berumur 4.500 tahun. Para peneliti juga sempat terkejut atas inovasi ini mengingat Stonehenge telah lama diteliti dan ternyata terdapat lagi monumen baru yang terkubur di kawasan tadi.

Monumen batu yg ditemukan ini berukuran tinggi homogen-homogen 4,lima meter. Berbeda menggunakan Stonehenge yang berbentuk lingkaran, situs yg baru ditemukan ini memiliki pola yg belum jelas. Kehadirannya menciptakan poly ilmuwan mulai berspekulasi bahkan beberapa diataranya membuyarkan hasil penelitian situs Stonehenge dan kembali pada titik nol.

source]
Ada sejumlah ahli yg berpendapat bahwa monumen batu yang baru ditemukan tersebut merupakan bagian dari komplek Stonehenge pada masa kemudian. Ada juga yg menganggap bahwa itu adalah monumen terpisah yang sahih-sahih baru. Spekulasi lain menganggap apabila Stonehenge merupakan arena atau huma buat ritual keagamaan.

Seorang peneliti dari National Trust Archaeologist buat Stonehenge mengatakan bahwa lanskap Stonehenge telah dipelajari selama ratusan tahun, akan tetapi output penelitian yg baru-baru ini ditemukan balik memunculkan banyak sekali spekulasi kisah usang. Akankah rahasia Stonehenge terkuak menggunakan ditemukannya “Stonehenge II” ini?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter