di Pacitan Kamu Bisa Berjemur Ala Pantai Private di Amerika!

Menyusuri pantai-pantai di Pacitan seakan nir ada habisnya. Ada puluhan pantai tersembunyi pada kota kelahiran SBY yang belum dijamahi traveler atau setidaknya memang masih disembunyikan buat menjaga kelestariannya. Satu pantai tersembunyi yg disambangi Travelingyuk selama jelajah Pacitan yaitu Pantai Pandan Anom.

Pantai Pandan Anom masih sangat perawan & belum terjamah wisatawan. Lokasinya benar-benar tersembunyi dan membutuhkan trekking menuruni bukit terjal buat sampai ke lokasi. Tidak ada petunjuk arah yang kentara untuk menuju ke pantai ini yang Travelingyuk tahu pantai ini berada di Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung.

Pandan Anom, Pantai Perawan di Pacitan, Foto by Ardhaniaji
Pandan Anom, Pantai Perawan di Pacitan, Foto by Ardhaniaji

Kala itu kami ditemani komunitas My Trip My Adventure Pacitan untuk menyambangi pantai ini. Butuh berkendara motor selama 40 menit menurut pusat kota untuk sampai ke lokasi parkir. Sebelumnya kami dihadapkan pada jalanan berliku yang sempit pada bentuk beton atau rabat dan dilanjutkan jalanan setapak yang masih bisa dijangkau tunggangan roda dua saja.

Lokasi loka parkir sangat jauh menurut pemukiman warga sebab letaknya berada di tengah hutan. Awalnya kami resah untuk menentukan arah yang sempurna karena nir ada rakyat yang mampu kita tanyai. Akhirnya kami pun mengikuti jalan setapak sampai bertemu dengan daerah persawahan. Untung di sana terdapat beberapa warga yang sedang menggarap sawah, kami pun tanya pada mereka arah menuju pantai.

Pantai Pandan Anom, Foto by Ardhaniaji
Pantai Pandan Anom, Foto by Ardhaniaji

Ternyata kami masih wajib berjalan menuruni bukit lebih kurang dua km lagi untuk hingga ke Pantai Pandan Anom. Namun usaha itu nir akan sia-sia kog, pasalnya pantai ini mempunyai panorama anggun meski tidak begitu luas. Yang paling membuat terkesan yaitu adanya kenyataan water blow atau muncratan ombak laut yang menghantam dinding tebing misalnya pada spot Water Blow, Bali.

Gaharnya Ombak di Pantai Pandan Anom, Foto by Ardhaniaji
Gaharnya Ombak di Pantai Pandan Anom, Foto by Ardhaniaji

Tetapi intensitas semburan ombak yang besar relatif sporadis terjadi. Kami harus menunggu sampai beberapa waktu buat memperoleh hempasan yang dahsyat hingga menciptakan baju kami basah kuyup. Sungguh pengalaman yang menyenangkan berada pada pantai ini, suasananya masih sepi serasa pantai sendiri.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter