Gua Gomantong Cantik Tapi Penuh Kecoak Tertarik Berkunjung?

Apa yg traveler cari saat memilih liburan ke gua? Ekspektasi pertama yang mereka inginkan merupakan mendapatkan pemandangan perpaduan batuan yang latif. Tapi bagaimana bila estetika tadi berbalut ribuan kecoak yang melekat pada dinding gua? Pemandangan inilah yg akan traveler dapatkan kala berkunjung ke Gua Gomantong pada Sabah, Malaysia.

Kecoak adalah hewan yang populer kotor & menjijikkan. Tapi traveler akan berjumpa menggunakan binatang ini dalam jumlah yg sangat poly, bukan ratusan akan tetapi ribuan kecoak mampu ditemukan di dalam Gua Gomantong. Dilongok Travelingyuk berdasarkan halaman resmi pariwisata Sabah, gua ini berada di Bukit Gomantong, kurang lebih 100 km dari Kota Sandakan, Sabah, Malaysia.

Instagram

Gua Gomantong bukan tujuan wisata yang direkomendasikan bagi orang-orang yang jijik menggunakan kecoak. Pasalnya hampir diseluruh bagian dinding dan lantai gua ini diselimuti oleh kerumunan hewan ini. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung, orang nir bisa menghitungnya menggunakan jari karena saking banyaknya. Mungkin saja jumlah mereka lebih menurut ribuan ekor yg menempel & menutupi dinding gua.

Instagram

Ruangan gua ini sendiri terbagi sebagai 2 bagian, yaitu Simud Hitam yang gampang diakses traveler lantaran berada di dekat pintu masuk & Simud Putih yang letaknya berada di dalam. Sudah semenjak usang ruangan gua ini menjadi tempat budidaya burung walet sehingga pemandangan burung produsen sarang dari ludah berharga selangit ini mudah dijumpai di dalamnya.

Selain burung walet, terdapat jua kelelawar yg menjadi penghuni tetap gua. Jumlahnya pula sangat poly & menghasilkan kotoran berbau menyengat. Kotoran burung inilah yg menciptakan serangga misalnya kecoak betah tinggal dan berkembang biak di sana. Anehnya, gua ini nir pernah sepi pengunjung. Banyak traveler yang tetap berani masuk ke dalam gua karena pemandangan gua ini juga latif.

Instagram

Untuk masuk ke pada gua, setiap traveler dibebankan porto sebanyak 5 Ringgit atau lebih kurang Rp. 16 ribu untuk mereka yg berumur pada bawah 18 tahun & 30 Ringgit atau sekitar Rp. 98 ribu bila sudah berusia pada atasnya. Bagi mereka yang masuk membawa kamera dikenakan porto tambahan sebesar 10 Ringgit. Gua Gomantong buka setiap hari mulai dari pukul 08.00-18.00 waktu setempat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter