Gua Terawang yang Manis dan Eksotis

Wisata gua bisa dinikmati menggunakan beberapa cara, pertama mengagumi keindahan formasi batuan stalagtit dan stalagmitnya, ke 2 dengan melakukan aktivitas cave tubing jika gua tadi memiliki sistem sungai bawah tanah & yg ketiga dengan berburu cahaya nirwana yg dihasilkan berdasarkan sinar mentari yang menerobos masuk ke dalam gua lewat lubang yg umumnya terdapat di atap gua. Pilihan terakhir tersebut sanggup kamu dapati saat berkunjung ke Gua Terawang di Blora.

Untuk menikmati atraksi alam yg cantik ini langkah pertama yg musti traveler lakukan adalah mencari keberadaan gua tersebut. Gua Terawang terletak di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, atau berada pada Km 35 sebelah barat kota Blora. Jadi jika traveler asumsikan start dari pusat kota maka butuh ketika kurang lebih 1/2 jam untuk mencapai ke lokasi.

instagram

Gua ini berada pada area seluas 13 hektar yang sebagai wilayah menurut tempat hutan RPH Kedungwungu dibawah Perhutani Jawa Tengah. Daerah tersebut terdiri dari perbukitan kapur yg memungkinkan terbentuknya formasi gua seperti Gua Terawang ini. Panjang holistik lorong gua ini mencapai 180 meter menggunakan kedalaman sekitar 11-50 meter berdasarkan permukaan tanah.

instagram

Berbeda dari gua kebanyakan yg gelap & pengap, Gua Terawang tetap sejuk meski pengunjung berada di pada ruangannya sebab gua ini memiliki celah atau lubang-lubang akbar di atapnya. Dari lubang itu pula sinar mentari bisa menerobos masuk & memberi pencahayaan alami sehingga pengelola nir perlu repot memasang lampu penjelasan begitu pula pengunjung yang tidak perlu membawa senter.

Keberadaan celah-celah gua yg dapat ditembus cahaya mentari ini juga yg lalu menjadi daya tarik primer traveler yg berkunjung. Kalian masih ingat fenomena cahaya surga pada pada gua Jomblang di Gunung Kidul? Nah, pemandangan misalnya itulah yg akan traveler dapatkan di pada Gua Terawang ini. Menariknya, pengunjung nir usah trekking menggunakan alat-alat keselamatan untuk masuk ke dalamnya.

instagram

Gua Terawang ini sendiri sebenarnya merupakan kompleks berdasarkan enam gua yg berada pada satu kawasan dengan satu gua induk, satu sendang & lima gua kecil. Warga sekitar percaya apabila gua ini telah ada sejak zaman kerajaan dan telah sebagai tempat bertapa bagi raja-raja Jawa. Terlepas dari itu semua, gua ini memiliki pemandangan yang sungguh anggun & eksotis. Kamu wajib mengunjunginya, dengan catatannya tetap menjaga keindahan menggunakan nir melakukan aksi destruksi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter