Hujan di Desa Mawsynram Bisa Bikin Patung Yesus di Brazil Tenggelam!

Kita sepakat bila Bogor mendapat predikat menjadi kota hujan akan tetapi sebatas di Indonesia saja. Sebab dibandingkan dengan desa Mawsynram pada India, intensitas hujan pada Bogor belum seberapa. Di desa ini bila ekspresi dominan hujan sudah tiba, jangan harap penduduknya sanggup melihat langit cerah dan jalanan yg kemarau walau hanya sesaat.

Daerah yang paling populer pada India nir jauh-jauh menurut ibukota New Delhi serta kota-kota lain seperti Kashmir & jua Agra. Tidak poly traveler yg tahu dengan wilayah yang bernama Mawsynram. Wajar saja karena ini adalah desa mini yang ada di daerah East Khasi Hills, Meghalaya tidak jauh berdasarkan perbatasan Bangladesh.

Instagram

Tetapi terdapat yg unik pada sana, desa Mawsynram ternyata memegang rekor dunia dari Guinness World of Records sebagai loka paling seringkali turun hujan di Bumi. Rekor ini mengalahkan sesama wilayah pada India yang bernama Cherrapunji dan jua Tutendo di Kolombia. Dalam kitab catatan rekor global, jumlah curah hujan yang ada di desa ini mencapai homogen-homogen 11.871 mm.

Menurut situs traveling BBC, jika digambarkan dengan perumpamaan, ibarat air hujan yang turun di desa Mawsynram pada satu tahun relatif buat menciptakan banjir yang merendam lutut menurut patung Yesus Penebus Dosa dengan tinggi 30 meter yang ada pada Kota Rio de Janeiro, Brasil. Sedangkan musim hujan pada daerah tadi terjadi pada bulan Juni hingga September.

Instagram

Ahli meteorologi mengatakan seringnya hujan yang turun pada desa tadi dipengaruhi oleh letak desa yg berada di dekat Bangladesh dan Teluk Benggala. Air yang menguap menurut teluk tersebut akan eksklusif mengguyur desa ini yg menyebabkan demam isu hujan yg lebih panjang dibanding daerah lainnya. Apabila animo hujan datang, setiap hari desa tadi akan selalu turun hujan. Akan sangat tidak mungkin bagi penduduk melihat langit tanpa mendung atau pun jalanan yg mengering.

Instagram

Pun demikian, desa Mawsynram mempunyai alam yang sangat asri dengan hutan yang menghijau menyejukkan mata. Di sana pula masih ada air terjun Nohkalikai setinggi 340 meter dan menjadi galat satu yg tertinggi pada India. Beberapa operator wisata bahkan menunjukkan paket berlibur di desa tersebut. Tertarik berlibur pada daerah paling tak jarang turun hujan pada muka bumi guys?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter