Ini dia Destinasi Wisata di Wonosobo Negeri di Atas Awan

Selain Magelang menggunakan Candi Borobudurnya, Provinsi Jawa Tengah juga mempunyai andalan wisata lainnya yg berada pada Kabupaten Wonosobo. Kabupaten yang diapit 2 gunung keren, Sindoro dan Sumbing ini memang dikenal mempunyai topografi wilayah berupa pegunungan, sehingga wisata alam pada daerah ini sangat poly.

Satu kawasan yang paling dikenal traveler se-Indonesia yaitu Dataran Tinggi Dieng yang jua dikenal menjadi negeri atas awan sampai negerinya para ilahi ini memang memiliki lanskap alam yg luar biasa indahnya. Bahkan mayoritas potensi wisata di Wonosobo berada pada daerah ini, meski nir dipungkiri jua apabila Dieng sendiri sebagian akbar wilayahnya berada di kabupaten Banjarnegara. Mari Travelingyuk ajak engkau berkeliling ke loka-tempat keren dan wajib kunjung di Kabupaten Wonosobo.

1. Puncak Sikunir, Tempat yg Membawamu Berasa Seperti pada Negeri Atas Awan

Puncak Sikunir [image source]
Satu lagi loka yg istimewa untuk menyaksikan golden sunrise pada Dieng yaitu Puncak Sikunir. Ini adalah tempat perbukitan yang terletak di Desa Sembungan. Kita sudah mengenal desa ini menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa, sedangkan bukit di desa ini makin melengkapi sensasi misalnya berada pada atas awan sungguhan.

Puncak Sikunir [image source]
Dieng Plateau dikenal menjadi Negeri Atas Awan, julukan tadi diberikan bukan tanpa alasan. Coba engkau datang ke puncak Bukit Sikunir sebelum fajar menyingsing. Kawasan di lembah bukit ini akan tertutup kabut putih yg membuatmu berasa sedang berada di atas awan. Belum lagi surya terbitnya yang super latif, hingga dijuluki menjadi surya terbit emas atau golden sunrise lantaran sinarnya yg memancarkan cahaya keemasan.

Lokasi : Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

2. Menyaksikan Keajaiban Danau yg Berubah Warna Lewat Telaga Warna

Telaga Warna [image source]
Kamu nir perlu jauh-jauh ke Nusa Tenggara Timur buat melihat danau yang sanggup berubah rona. Cukup datang ke Dieng dan sambangi Telaga Warna. Telaga ini memang ajaib, karena air danaunya sanggup berubah rona bahkan kadang rona danau ini memiliki gradasi tersendiri yg menciptakan banyak traveler terkagum-kagum.

Telaga Warna [image source]
Telaga Warna ini berada berdampingan dengan telaga lainnya bernama Pengilon. Kedua telaga tadi hanya terpisah oleh sejengkal rumput dan pepohonan saja. Bedanya Telaga Pengilon ini mempunyai air yang sebening kaca. Sehingga traveler yg berada di dekatnya sanggup melihat refleksi dirinya dengan sangat kentara pada bagian atas airnya. Baik Telaga Warna & Telaga Ngilon sanggup dipandang dengan kentara menurut atas bukit yang bernama Batu Ratapan Angin. Bukit ini berada nir jauh menurut 2 telaga keren tadi.

Lokasi : , Kejajar, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

tiga. Ada Telaga Menjer, Telaga Terluas pada Wonosobo Sekaligus Punya Pemandangan yg Keren buat Difoto

Telaga Manjer [image source]
Telaga Warna boleh sebagai yang paling terkenal pada Dieng atau Wonosobo secara generik.Tapi bila membahas tentang telaga terluas pada kabupaten ini, maka ada nama lain yang mengisinya yaitu Telaga Menjer. Telaga ini cukup gampang ditemukan karena letaknya tidak jauh berdasarkan gerbang masuk Dieng Palteau.

Telaga Manjer [image source]
Telaga Menjer berada di desa Maron, kecamatan Garung, kabupaten Wonosobo. Jaraknya hanya 12 kilometer menurut pusat kota, sehingga buat menuju ke tempat ini tidak membutuhkan saat yang usang. Danau terluas di Wonosobo ini selain digunakan sebagai keliru satu destinasi wisata pula memiliki fungsi lain menjadi pembangkit listrik. Posisinya yg dikepung pegunungan membuat pemandangan di kurang lebih telaga pula manis buat difoto.

Lokasi : Maron, Garung, Wonosobo, Jawa Tengah

4. Kawah Sikidang, Bukti Sahih jika Dieng adalah tempat Vulkanik yang Aktif

Kawah Sikidang [image source]
Dieng adalah tempat vulkanik dan ini terbukti dengan banyak ditemukannya kaldera aktif di sekitar wilayahnya. Salah satu kawah yang paling populer & banyak dikunjungi merupakan kaldera Sikidang. Kawah ini terletak pada Dieng zona satu dan memiliki pesona berupa keluarnya gas secara pindah-pindah misalnya kijang yang melompat-lompat.

Kawah Sikidang [image source]
Kawah Sikidang dikenal pula menggunakan area spa lumpur kawah yg sebagai favorit traveler. Konon lumpur kawah ini dianggap dapat menyehatkan badan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Selain Sikidang, masih poly kaldera lain yang bisa kamu temukan di Dieng seperti Kawah Sileri, Sibanteng, Candradimuka & lain sebagainya. Banyaknya jumlah kawah di Dieng menjadi bukti sahih bila tempat tadi memang adalah gunung api raksasa yang masih aktif.

Lokasi :Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara,

lima. Kompleks Candi Dieng, Candi di Dataran Tinggi Indonesia

Candi Dieng [image source]
Kompleks candi yg ditemukan pada Dieng merupakan candi Hindu yang tertua pada Pulau Jawa. Candi-candi tadi diperkirakan mulai dibangun pada awal abad ke-9. Keberadaan candi ini semakin melengkapi estetika wisata Dieng yg tidak sekedar menawarkan estetika alamnya saja, tetapi juga sarat menggunakan nilai sejarah.

Candi Dieng [image source]
Kompleks candi Dieng dibagi sebagai 3 kelompok, mereka adalah Kelompok Candi Arjuna, Gatot Kaca & Dwarawati. Nama-nama candi pada masing-masing komplek ini pun diberi nama yg unik sinkron nama tokoh pewayangan dari Pandawa Lima, hingga tokoh Punokawan misalnya Semar, Gareng, Petruk dan lain sebagainya.

Lokasi :  Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

6. Jalan-Jalan di Kebun Teh Tambi yang Berada pada Kaki Gunung Sindoro Wajib Kamu Cicipi

Kebun teh Tambi [image source]
Liburan pada pegunungan nampaknya kurang lengkap apabila nir menyambangi kebun teh. Kebetulan pada tempat Dieng terdapat kebun teh bernama Tambi. Kebun teh ini berjarak lebih kurang 18 km dari sentra kota Wonosobo, atau tepatnya terletak di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar.

Kebun teh Tambi [image source]
Kebun teh seluas 800 hektar di kaki gunung Sindoro ini selain menyuguhkan suasana pegunungan yg dingin juga memberikan aktivitas tea walking. Dengan didampingi pemandu traveler, anda mampu berjalan-jalan berkeliling perkebunan teh & menyaksikan proses pemetikan daun teh sampai pengolahannya secara eksklusif.

Lokasi : Sedayu, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

7. Air Terjun Sikarim, Unik dan Tersembunyi pada Balik Bukit Sikunir

Air Terjun Sikarim [image source]
Air Terjun Sikarim adalah spot tersembunyi yg terdapat di kembali Bukit Sikunir. Air terjun setinggi 70 meter ini memiliki bentuk yg unik. Air terjun ini berbentuk seperti air yang mengalir melewati bukit batu dari puncaknya. Hanya saja buat berjumpa menggunakan air terjun ini diharapkan bisnis ekstra.

Air Terjun Sikarim [image source]
Air Terjun Sikarim terletak pada Desa Mlandi, kecamatan Garung, kabupaten Wonosobo. Jaraknya kurang lebih 20 km dari pusat kota dan bisa ditempuh menggunakan bepergian kurang berdasarkan satu jam. Untuk menuju ke sana traveler bisa mengambil jalan menuju arah Dieng. Dari loka parkir kamu masih wajib trekking melewati semak belukar & jalan setapak menggunakan jurang pada sebelahmu. Hati-hati bila ingin melihat air terjun indah ini.

LOkasi : Sembungan, Kejajar, Wonosobo

8. Curug Winong, Keindahannya Bisa Memanjakan Mata

Curug Winong [image source]
Kalau mau menikmati keindahan & kesegaran air terjun menggunakan akses yang gampang, kamu bisa memilih untuk tiba ke Curug Winong. Akses jalan menuju ke air terjun yg berada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo ini relatif mudah. Pun demikian suasana pada sana masih alami & sepi.

Curug Winong [image source]
Jalan setapak menuju ke air terjun pun sudah mulus dan mudah untuk dilalui. Untuk urusan fasilitas, di lebih kurang air terjun ini sudah masih ada warung makan dan toilet yg bersih. Dari pusat kota traveler bisa berkendara selama 45 menit untuk hingga ke Curug Winong.

Lokasi : Winongsari, Kaliwiro, Wonosobo

9. Mau Merasakan Sensasi Tinggal pada Daerah Dingin? Obyek Wisata Dieng Wajib Kamu Kunjungi

Dieng [image source]
Dataran Tinggi Dieng dengan nama gaulnya Dieng Plateau merupakan daerah vulkanik yg berada pada dua wilayah yaitu Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan ini berada di ketinggian lebih dari dua.000 meter pada atas permukaan bahari. Meski lokasinya sangat tinggi, tetapi poly perkampungan hingga resort glamor dibangun pada sana. Inilah tempat yang tepat buat engkau yg bertanya-tanya mencicipi tinggal di wilayah yg dingin.

Dieng [image source]
Setiap harinya suhu di Dieng homogen-rata berada di bawah 20 derajat Celcius. Salah satu desa yg wajib engkau sambangi merupakan Desa Sembungan. Desa ini berada pada ketinggian dua.200 mdpl & sebagai desa tertinggi pada Pulau Jawa. Rasakan sensasi dingin yg menggigit pada desa ini sambil membaur dengan kehidupan masyarakatnya yang ramah. Jangan lupa bawa sandang hangat yang tebal jika liburan di Dieng.

Lokasi : Wonosobo, Jawa Tengah

10. Kemping di Gunung Prau dan Menanti Terbitnya Matahari Emas pada Ufuk Timur

Gunung Prau [image source]
Di kawasan Dieng ada dua loka istimewa buat menyaksikan keagungan alam ciptaan Tuhan yaitu Puncak Gunung Prau dan Bukit Sikunir. Gunung Prau sendiri adalah loka yang sudah nir asing buat traveler yang hobi kemping. Pasalnya gunung ini memiliki rute pendakian yang pendek tetapi treknya tetap menantang, cocok buat para pendaki pemula.

instagram

Untuk hingga pada puncaknya yg berupa tanah lapang yang luas, traveler hanya butuh waktu 3 jam dengan merogoh rute Desa Patak Banteng, Dieng. Sepanjang rute bepergian kamu akan disuguhkan panorama alam yg sangat indah. Sesampainya di zenit terdapat satu pesona alam yang akan membuat matamu terpana, matahari terbit berwarna keemasan akan menyambut pagimu menggunakan penuh kekaguman. Kalau ingin menikmati pemandangan ini secara tertentu usahakan menghindari tiba pada akhir pekan dan hari libur.

Lokasi : Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Beberapa destinasi yg ada pada kawasan Dieng berbatasan pribadi menggunakan kabupaten Banjarnegara, sehingga selain Wonosobo kemungkinan akbar traveler pula akan menemukan loka yg sama dipromosikan pada wisata Banjarnegara. Daripada resah dengan polemik lokasi Dieng yang sesungguhnya, mending kita rasakan saja keindahannya yg penting masih satu Indonesia. Masih ada loka keren yang luput berdasarkan daftar Travelingyuk? Kamu bisa melengkapinya menggunakan mengisi kolom komentar yg sudah kami sediakan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter