Inikah Kembaran Ranu Kumbolo di Jawa Tengah?

Siapa sih yg nir memahami Ranu Kumbolo, telaga cantik di rute pendakian Gunung Semeru dan menjadi loka kamping yang jamak disinggahi para pendaki. Nyatanya danau dengan estetika serupa juga terdapat di Jawa Tengah, tepatnya di kabupaten Batang. Telaga tersebut dikenal masyarakat dengan nama Telaga Sidringo. Intip yuk estetika telaga ini.

Telaga Sidringo, begitulah masyarakat menyebut daerah telaga di desa Mojotengah, kecamatan Reban. Secara geografis telaga ini terletak di perbatasan antara kabupaten Banjarnegara & Batang. Namun secara administratif daerahnya masih masuk di pada Kota Alas Roban, julukan bagi kabupaten Batang.

Telaga Sidringo [image source]
Telaga ini memang belum dibuka buat kepentingan wisata. Hanya para petualang saja yang sesekali datang buat kamping di sana. Padahal melihat panorama alam yang disuguhkan pada sana, tempat ini memiliki potensi yang akbar untuk dikembangkan menjadi area outbond atau wisata alam lainnya. Kawasan perbukitan yg mengelilingi Telaga Sidringo ini jua strategis buat dibuatkan menara pandang.

Telaga Sidringo [image source]
Meski lokasinya berada di desa Mojotengah,tetapi rute terdekat buat sampai pada lokasi adalah dengan melewati desa Wono Priyo. Dari sana kendaraan mampu dibawa sampai di pinggir telaga dengan catatan engkau memakai motor yang handal bukan matic. Umumnya traveler muda yang suka dengan petualangan akan datang ke lokasi pada sore atau malam hari buat kamping.

Telaga Sidringo [image source]
Kebetulan bila cuaca cerah kamping di telaga ini akan sangat menyenangkan. Kamu akan disuguhi oleh langit penuh taburan bintang. Jangan lupa membawa kamera yang indah buat mengabadikan estetika milkyway yang terdapat di hadapanmu. Kejutan tidak berhenti sampai pada situ. Cobalah buat bangun sebelum mentari terbit karena akan terdapat pemandangan latif yang sayang banget apabila terlewatkan.

Telaga Sidringo [image source]
Sunrise pada telaga ini sangat latif. Matahari akan terbit tepat di sela-sela perbukitan dan perlahan akan menyinari air pada telaga dan lingkungan sekitarnya. Menurut cerita traveler yg telah pernah kemping & melihat sunrise berdasarkan Telaga Sidringo, pemandangan menurut telaga ini sangat seperti menggunakan Ranu Kumbolo.

Selain menikmati keindahan alam yg terdapat di sini, banyak aktivitas selain kamping yang mampu dilakukan. Bagi yg suka memancing, bawalah perlengkapannya. Telaga yg sebagai ikon wisata Jawa Tengah ini cukup mempunyai banyak ikan. Lumayan kan mampu bakar ikan di malam hari.

Aktivitas selanjutnya yg bisa dilakukan merupakan bermain air meski tidak disarankan buat berenang. Terakhir, kamu jua sanggup berburu foto sampai puas. Banyak sudut pandang foto cantik yang menunggu buat engkau abadikan.

Sedikit foto-foto traveler pada atas mungkin akan memberimu gambaran seberapa seperti antara Telaga Sidringo menggunakan Ranu Kumbolo. Kalau belum puas engkau bisa membuktikannya sendiri dengan tiba pribadi ke lokasi. Sedikit saran berdasarkan para traveler yg sudah pernah ke sana, usahakan sebelum kamping engkau biar dulu menggunakan kepala desa setempat buat memberitahu kegiatan serta menjaga keselamatanmu.

Nama Tempat : Telaga Dringo

Lokasi : Jl. Pekasiran, Pekasiran, Batur, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Related Posts

Subscribe Our Newsletter