Jangan Main-Main Ini Masjid Bukan Taman Bermain

Masjid adalah rumah ibadah bagi umat muslim. Sebagai bangunan yg disucikan kebanyakan masjid dibangun dengan warna yg seragam pada semua dunia yaitu berwarna putih menjadi simbol kesucian. Tetapi tak sporadis juga masjid yang memiliki warna lain misalnya hijau, pink, atau bahkan rona-warni yg nyentrik. Seperti masjid di Sri Lanka ini misalnya, masjid di Kota Colombo ini berwarna merah putih seperti permen blaster.

Jangan tertipu dengan penampilan luar bangunan nyentrik ini. Sepintas memang terlihat seperti taman bermain anak akan tetapi bangunan ini sebenarnya merupakan sebuah masjid. Red Masjid namanya, tempat tinggal ibadah umat muslim di Kota Colombo yang mempunyai gaya arsitektur unik menggunakan cat merah putih seperti bendera negara kita.

source]
Melongok laman resmi masjid, penerapan warna merah putih yang ngejreng ini tidak memiliki arti spesifik. Warna tadi nir lebih hanya sebagai ornamen penghias masjid agar terlihat manis. Dengan konsep unik ini Red Masjid bermetamorfosis tidak hanya sekedar menjadi rumah ibadah saja namun pula berkembang sebagai tujuan wisata religius yg poly dikunjungi traveler berdasarkan pada & luar negeri.

Nampaknya keunikan arsitektur khas kastil Inggris menggunakan cat seperti permen ini memberikan laba tersendiri sebagai daya tarik wisatawan. Meski menurut luar lebih nampak misalnya taman bermain ketimbang masjid namun tidak mengurangi aroma religius di dalamnya. Tengok saja bagian pada masjid yg terlihat sunyi dan khidmat membuat jamaah sanggup beribadah menggunakan khusuk.

Selain memiliki bentuk dan rona yg nyeleneh, masjid ini memiliki keunikan lain. Red Masjid yg dibangun tahun 1908 & berkapasitas lima.000 orang ini dikenal dengan banyak nama. Nama asli masjid ini sendiri merupakan Masjid Jamiul Alfar. Tetapi masjid ini pula dikenal dengan nama Samman Kottu Palli dan Rathu Palliya yg masing-masing asal dari 2 bahasa berdasarkan dua etnis lebih banyak didominasi pada Sri Lanka yaitu Tamil & Sinhala.

source]
Nah, buat yg masih galau menentukan tujuan wisata religi pada negeri orang, bisa tuh memasukkan Red Masjid sebagai keliru satu destinasi wisata religi selama bulan Ramadan. Masjid ini bisa Anda temukan di alamat Second Cross Street No.228, Kolombo, Sri Lanka. Traveling ke sana mari!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter