Karanggongso Pantai Selatan Jawa yang Bikin Traveler Keranjingan Berenang

Umumnya traveler wajib berfikir dua kali untuk berenang di laut selatan Jawa. Pasalnya pantai-pantai yang berada pada pesisir selatan populer memiliki ombak yang ganas sebagai akibatnya berbahaya buat direnangi. Tapi lain ceritanya dengan Pantai Karanggongso di Kabupaten Trenggalek, traveler yg berkunjung malah keranjingan buat segera masuk ke pada air laut dan berenang sampai ke tengah.

Pantai Karanggongso, namanya tengah terkenal di jajaran pariwisata Trenggalek khususnya dan Jawa Timur pada umumnya. Pantai ini hanya terpisah oleh sebuah bukit dari Pantai Prigi yang menjadi pusat pelabuhan ikan yg sangat besar . Secara administratif, pantai berpasir putih ini terletak di Dusun Karanggongso, Desa Desa Tasik Madu, Kecamatan Watu Limo. Dari pusat kota hanya berjarak 40 km ke arah selatan.

Karanggongso memiliki pantai dengan pasir berwarna putih, foto by Alfri
Karanggongso mempunyai pantai menggunakan pasir berwarna putih, foto by Alfri

Pantai Karanggongso mempunyai keunikan sendiri dibanding pantai-pantai lain yg terletak di kabupaten yang sama. Adalah pasir pantainya yang berwarna putih higienis menggunakan ombak yang relatif hening. Yap, pantai ini sebagai satu-satunya pantai berpasir putih pada Trenggalek oleh karena itu pantai ini mempunyai julukan lain sebagai Pantai Pasir Putih.

Menurut pengamatan Travelingyuk saat berkunjung ke sana, kebanyakan traveler yang berkunjung asal dari daerah di kurang lebih Trenggalek misalnya Kediri, Blitar, Tulungagung, Jombang dan Mojokerto. Mereka datang bersama rombongan pada bus akbar. Itulah kelebihan lain menurut pantai ini, akses jalan menuju lokasi sudah sangat nyaman & mulus sehingga bus-bus ukuran jumbo mampu hingga di pinggir pantai.

Pantai Karanggongso saat surut, @ardhaniaji
Pantai Karanggongso waktu surut, @ardhaniaji

Pada akhir pekan pantai ini akan dipenuhi sang samudera manusia. Banyak pilihan kegiatan yang tersedia pada pantai ini, mulai berdasarkan bermain pasir, berenang, naik banana boat, berkeliling bahari menggunakan kapal, hingga mencoba menaiki speed boat. Bagi traveler yg menentukan berkeliling menggunakan bahtera, traveler dibebani tarif sebanyak Rp. 150 ribu menggunakan kapasitas perahu hingga 15 penumpang. Makin banyak rombongan mampu sharing cost lebih murah.

Bagi traveler yang lain berenang di pantai ini merupakan kegiatan yg paling menyenangkan. Ombak pantainya yang hening menggunakan laut yang tidak terlalu pada menciptakan kegiatan ini cukup aman buat dilakukan meski sampai ke tengah. Sayang, saat Travelingyuk mencoba buat berenang kita mendapati dasar bahari yg kotor penuh sampah.

Instagram

Setali 3 uang dengan syarat pesisir pantainya, banyak sampah bekas kuliner ringan pengunjung yang dibuang begitu saja sehingga mengotori pantai. Padahal ketika itu kami melihat pihak pengelola telah menyediakan loka sampah yang cukup banyak pada pinggir pantai. Hal ini tentu pertanda bahwa konduite masyarakat kita perlu dibenahi. Percuma kita menyediakan poly tempat sampah apabila norma warga tidak diperbaiki. Secara holistik, pantai ini memang cocok untuk rekreasi keluarga.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter