Keren Jembatan Kayu di Tengah Laut Australia Membentang Hampir 2 Km!

Adanya jembatan kayu pada pantai memang mampu mempercantik pemandangan lebih kurang apalagi apabila foto-foto dari atas jembatan tadi. Tapi kebanyakan jembatan ini hanya dibangun sepanjang puluhan sampai ratusan meter ke tengah bahari. Lain cerita jika kita mengungkapkan jembatan kayu pada Australia, panjangnya saja hampir 2 Km!

Busselton Jetty, begitulah jembatan ini dikenal. Jembatan yang sebenarnya merupakan dermaga kayu kuno yg dibangun dalam tahun 1865 silam ini terletak di Kota Busselton, Australia yang sanggup ditempuh traveler menurut Perth selama 2,lima jam perjalanan. Jembatan tadi diyakini menjadi keliru satu jembatan kayu pada tengah laut terpanjang pada global atau yg paling panjang di belahan bumi selatan.

instagram

Tercatat Busselton Jetty memiliki berukuran 1.841 meter memanjang sampai ke lepas pantai Teluk Geographe. Ukuran ini sudah mengalami peningkatan mengingat dalam awal pembangunannya hanya dibuat sepanjang 161 meter saja. Butuh saat bertahun-tahun buat memperpanjang ukuran jembatan ini hingga seperti yg sekarang.

Dilansir Travelingyuk berdasarkan banyak sekali sumber, jembatan ini berfungsi menggunakan baik sebagai dermaga. Dimana selama lebih dari satu abad telah melayani banyak kapal buat bersandar pada sana. Hingga akhirnya dermaga ditutup dalam tahun 1973 & biaya perawatan dari pemerintah pun turut tidak boleh.

instagram

Keadaan ini memancing sebuah komunitas bernama Busselton Jetty Environment and Conservation Association (BJECA) buat menggalang dana demi menghidupkan balik loka tersebut, bukan lagi menjadi dermaga kapal namun sebuah destinasi wisata. Pada rentang tahun 1987 sampai 2003 komunitas tersebut berhasil mengumpulkan dana buat pemugaran jembatan.

Dana yg mereka dapatkan ditambah berdasarkan dana donasi pemerintah pada tahun 2011 berhasil merubah wajah Busselton Jetty menjadi lebih segar. Mereka menambahkan rel kereta dan underwater observatory pada ujung jembatan kayu. Hasilnya sekarang mampu dinikmati para traveler yang berkunjung kesana. Mereka sanggup jalan-jalan hingga ke tengah laut atau naik kereta yg disediakan.

instagram

Kawasan Busselton Jetty memang sangat fotogenik sehingga poly traveler yg melakukan foto-foto di atas jembatan tadi. Tak sedikit pula menurut mereka yg menumpang kereta buat hingga pada ujung jembatan dan masuk ke underwater observatory buat melihat indahnya alam bawah laut Australia. Tertarik berkunjung ke tempat ini guys?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter