Kisah Batu Semar Raksasa yang Misterius di Alun-alun Bojonegoro

Kabupaten Bojonegoro kini memiliki prasasti alami berupa batu raksasa yang dinamakan dengan Batu Semar pada alun-alun kota. Akan namun keberadaan batu ini tidak lepas berdasarkan kisah-kisah misterius yang menjadi perbincangan hangat masyarakat kota tersebut. Beberapa orang berkata bila batu ini sangat keramat.

Baca Juga : Padang Punya Air Terjun Yang Mengalir Dari Puncak “Piramida”

Batu akbar berbobot lebih kurang 80 ton yg kini duduk cantik pada taman alun-alun kota ini menjadi objek foto bagi warga yg datang ke sana. Banyak yg percaya apabila batu berukuran panjang & lebar 4 meter serta tinggi 3 meter tadi merupakan material muntahan gunung Pandan yang meletus jutaan tahun silam.

source]
Sebelumnya Batu Semar bersemayam dipersembunyiannya yaitu di dalam hutan yg terdapat di daerah Dusun Bendotan, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Bojonegoro. Kemudian Bupati Suyoto memboyongnya ke alun-alun menggunakan alasan tersendiri yaitu dipakai menjadi prasasti yang menyimbolkan “Tekad buat terus berkarya.”

source]
Dalam prosesnya melibatkan aneka macam indera berat buat mengusung batu menurut lokasi semula menuju alun-alun. Menurut rakyat sekitar bentuk batu yang menyerupai tokoh wayang “Semar” itulah yg menjadi alasan penamaan batu tadi. Konon Batu Semar mempunyai interaksi spiritual dengan penguasa Gunung Pandan yg bernama Eyang Gendro Sari.

Sebelumnya setiap malam 1 Suro, atau malam 1 Muharam batu tersebut digunakan buat melakukan ritual. Bahkan kebanyakan pelaku ritual asal dari luar kota Bojonegoro. Dengan adanya agama ini, dalam waktu pemindahan batu jua dilaksanakan aneka macam ritual menjadi bentuk permintaan biar dalam roh ghaib yang berada di pada batu.

source]
Kini menggunakan hadirnya Batu Semar di alun-alun kota membuahkan taman tadi makin terlihat manis. Banyak warga & jua traveler yg datang ke sana buat mengambil gambar menurut batu yang bertuah tadi. Mungkin Anda pula bertanya-tanya ingin berfoto pada sana?

Baca Juga :  Pelangi Ini Bisa Kalian Temukan di Permukaan Bumi

Related Posts

Subscribe Our Newsletter