Liburan ke Banyuwangi Kemana Saja? Ini 6 Tempat yang Wajib Dikunjungi

Dalam beberapa tahun terakhir nama Banyuwangi sebagai sorotan global karena sektor wisatanya yg sedang naik daun. Seakan tidak mau kalah menggunakan tetangga dekatnya yg telah tenar lebih dulu yaitu Bali, kota ini dengan cepat membuatkan potensi wisata yang dimilikinya. Banyuwangi fokus pada pengembangan ekowisata berbasis alam sehingga pilihan wisata di kota ini nir jauh-jauh menurut pantai, Taman Nasional & lain sebagainya.

Saking banyaknya tempat wisata di Banyuwangi, para traveler terkadang galau mau menjelajahi yg mana sebab semuanya mengagumkan-mengagumkan. Nah, buat mengatasi masalah itu kami mencoba merangkum destinasi utama yg mampu mewakili Banyuwangi. Berikut 5 tempat pada Banyuwangi yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Pulau Merah

Pulau Merah [image source]
Pantai Pulau Merah adalah salah satu objek wisata pantai andalan Banyuwangi. Pantai yang awalnya masih perawan ini sekarang mulai ramai dikunjungi para turis dan banyak sekali infrastruktur jua mulai nampak di pantai yg terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Pulau Merah [image source]
Penamaan pantai Pulau Merah merujuk dalam sebuah pulau keci yang ada di tengah pantai. Pulau mini nan hijau ini mempunyai tanah berwarna merah. Traveler mampu berjemur seharian pada pinggir pantai atau duduk-duduk santai pada bawah payung-payung merah dan bangku yang disediakan. Pantai ini jua spot menarik buat melakukan kegiatan air misalnya surfing.

Lokasi : Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

dua. Kawah Ijen

Kawah Ijen [image source]
Spot lain yang populer di Banyuwangi merupakan Gunung Ijen yang mempunyai kawah bernama sama denga gunungnya. Kawah Ijen sebagai tenar di global karena fenomena alam langka yg terjadi pada sana berupa barah biru yang hanya terdapat dua pada global. Fenomena barah biru ini hanya bisa dicermati dalam malam hari.

Kawah Ijen [image source]
Para turis yang tiba ke kawah Ijen umumnya mengincar fenomena barah biru ini. Maka nir mengherankan bila kegiatan mendaki gunung Ijen dilakukan pada dini hari sebelum subuh atau bahkan malam hari dan melakukan kemping pada puncaknya.

Saat menjelang subuh para traveler akan disuguhkan pemandangan manis barah biru dan sehabis itu surya terbit sebagai menu sarapan yg menarik ditambah pemandangan kawah berwarna hijau toska yang bikin siapa saja jatuh cinta.

Loasi : Tamansari, Licin, Banyuwangi

3. Pantai G-Land

Pantai G-Land [image source]
Jika ke Banyuwangi jangan hingga melewatkan pantai Plengkung atau lebih tenar dengan nama G-Land. Pantai ini berada pada daerah Taman Nasional Alas Purwo dan namanya sudah menggaung hingga luar negeri. Ketenaran pantai ini nir tanggal berdasarkan ombaknya yang akbar sehingga sebagai destinasi menarik buat peselancar.

Pantai G-Land [image source]
Ombak pantai Plengkung dianggap-sebut lebih baik ketimbang ombak pantai di Hawaii. Dengan segala kelebihan ini tak mengherankan jika pantai Plengkung sudah menjadi tuan rumah ajang surfing internasional sebesar 3 kali. Selain atraksi ombaknya, pantai ini pula terkenal degan pasir pantainya yang putih menggunakan suasana alam yg masih alami. Traveler bisa bersantai dengan nyaman di pantai ini.

Lokasi : Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi

4. Taman Nasional Alas Purwo

Alas Purwo [image source]
Tak lengkap cita rasanya apabila telah ke pantai Plengkung namun nir masuk ke dalam hutan tropis Alas Purwo lantaran dua loka ini berada dalam satu naungan yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Alas Purwo merupakan Taman Nasional berupa hamparan hutan tropis tertua di Pulau Jawa. Bahkan hutan di sana diklaim sebagai yang paling alami pada Indonesia bahkan Asia.

Indonesia Travel

Di Taman Nasional Alas Purwo traveler mampu melihat aneka satwa seperti banteng jawa, burung merak, babi hutan, rusa, serigala hutan, ular pyton, & hewan lainnya termasuk macan tutul & harimau jawa. Alas Purwo pula terkenal dengan kemistisannya sebab telah semenjak usang hutan ini sebagai tempat buat mencari kesaktian. Di pada hutannya terdapat gua-gua loka bersemedi misalnya Gua Istana, Gua Putri, Gua Padepokan & Gua Macan.

Lokasi : Kebalenan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

lima. Pantai Teluk Hijau

teluk hijau [image source]
Namanya mungkin belum setenar pantai Plengkung tetapi pantai Teluk Hijau relatif menarik buat dikunjungi. Lanskap pantainya tidak sinkron menurut pantai-pantai lain di Banyuwangi yg terlihat biru menurut kejauhan, pantai Teluk Hijau akan terlihat hijau jika di lihat berdasarkan kejauhan. Hal ini ditimbulkan karena daerah perairan dangkalnya masih ada alga yg memantulkan warna hijau.

teluk hijau [image source]
Pantai Teluk Hijau mempunyai pasir berwarna putih dan air terjun manis setinggi 8 meter serta pemandangan karang yg indah. Pantai ini berada pada Desa Sarongan dan masuk dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri sebagai akibatnya kealamian pantai ini masih sangat terjaga. Ini adalah cara lain tujuan wisata yang menarik waktu mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri selain berkunjung ke Pantai Sukamade.

Lokasi : Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi,

6. Pulau Tabuhan

PUlau Tabuhan [image source]
Pulau tabuhan masuk pada daftar loka wisata Banyuwangi paling keren lantaran memiliki perairan jernih & udara pantai yg segar. Dengan berdiri menghadap samudera saja, kamu telah sanggup merasakan angin semilir yang membawa aroma khas berdasarkan samudra.  Para wisatawan poly yang tidak mampu move on setelah menginjakkan kaki d Tabuhan, kapan saja punya kesempatan pasti berniat ingin pulang liburan. Lokasinya berada di Selat Bali & mampu ditempuh dengan tunggangan laut yang disediakan di pelabuhan.

PUlau Tabuhan [image source]
Bisa jua berangkat dari Watu Dodol, Bangsring, atau Kampe. Yang paling dekat adalah lewat Bangsring karena perjalanannya hanya butuh ketika kurang lebih 15 mnt. Dengan biaya sewa kapal mencapai Rp. 500 ribu. Namun bisa menampung sampai sepuluh orang penumpang. Kamu mampu mencoba melakukan poly kegiatan misalnya snorkelibng atau scuba diving. Meski tidak berpenghuni, tetapi Pulau Tabuhan tergolong aman dengan luas wilayah lebih kurang lima hektare.  Di bagian tepi pantai terhampair pasir yang lembut.

Lokasi : Bengkak, Wongsorejo, Banyuwangi

Sudah tahukan ada poly objek wisata Banyuwangi yg keren khususnya pantai. Jadi tunggu apa lagi akhir pekan yg panjang bisa Anda gunakan buat menjelajahi Banyuwangi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter