Matayangu Keindahan Air Terjun yang Bikin Termangu

Nusa Tenggara Timur nir hanya berisi padang savana & pulau komodo serta bahari-laut yang keren saja. Jauh di pada hutannya tersimpan permata tersembunyi berbentuk air terjun nan cantik. Inilah Air Terjun Matayangu dengan keindahannya yang bikin semua traveler termangu. Penasaran misalnya apa indahnya air terjun ini? Ikuti ulasan Travelingyuk berikut adalah.

Kalau lagi traveling pada NTT, cobalah buat menjelajahi kawasan di desa Waimanu, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah. Ada sebuah air terjun manis yg berada di pada Taman Nasional Manupe yaitu Air Terjun Matayangu. Taman Nasional ini sendiri merupakan daerah asal asli dari 57 spesies kupu-kupu dengan tujuh diantaranya endemik Pulau Sumba.

instagram

Ada 2 air terjun yg berada pada lokasi tersebut, pertama air terjun berketinggian 75 meter yang airnya berasal berdasarkan sungai pada dalam gua. Saat animo hujan ada satu air terjun lain yang berasal menurut sungai yang ada di atasnya setinggi 130 meter. Waktu terbaik mengunjungi air terjun ini merupakan pada demam isu hujan atau pada bulan-bulan Maret hingga Juni & Oktober sampai Desember.

instagram

Matayangu sendiri bagi warga setempat merupakan tempat yg dikeramatkan. Tempat ini acapkali digunakan warga Merapu buat beribadah. Mereka percaya bahwa air terjun ini adalah loka bersemayamnya arwah-arwah leluhur Merapu. Tepat di bawah air terjun terdapat kolam kecil menggunakan air berwarna biru dagi yang dipakai sebagai pemandian.

Air Terjun Matayangu pula nir lepas menurut cerita mistis. Konon pada pada gua yang menjadi sumber datangnya debit air masih ada makam kuno yang menyimpan barang-barang bersejarah. Saat debit air sedang akbar gua ini nir begitu terlihat tetapi ketika ekspresi dominan kering debit air yg keluar tidak mengecewakan mini , waktu itulah mulut gua akan terlihat kentara.

instagram

Tertarik berkunjung ke Air Terjun Matayangu? Kamu mampu mengikuti rute ini dia, pertama engkau harus melakukan bepergian udara menurut Kupang menuju Waingapu yg memakan waktu satu jam. Selanjutnya melakukan bepergian darat selama 2 jam dari Waingapu menuju Waikabubak. Dari desa terakhir ini masih butuh tiga jam buat sampai pada Taman Nasional Manupe yang sebagai lokasi keberadaan air terjun. Siapkan fisik yang prima ya!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter