Mengunjungi Goa Sigolo-Golo Bak Muncak di Machu Picchu Peru

Lazimnya sebuah goa memiliki lanskap menarik di dalam ruangannya menjadi magnet untuk menarik wisatawan berkunjung & mengagumi keindahan stalaktit dan stalakmit yang menyusun goa tadi. Misalnya saja Goa Maharani yg ada di Lamongan, pada bagian dalamnya nampak dinding batu yg berwarna-warni karena cahaya lampu. Begitu juga dengan Goa Gong pada Pacitan yg menyuguhkan estetika laksanan negeri pelangi lantaran lorong-lorongnya jua jelas menggunakan berbagai rona.

Tapi tidak buat goa Sigolo-golo yg jadi andalan objek wisata Jombang, kebanyakan traveler yang tiba ke sana mengincar pemandangan alam sekitarnya ketimbang masuk ke dalam. Termasuk jua para belia-mudi yang menikmati kebersamaan sembari memandang hijaunya alam. Kenapa demikian?

Nama Goa Sigolo-golo memang nir sepopuler Goa Gong di Pacitan atau Goa Maharani pada Lamongan. Objek wisata satu ini ini berada di Jombang, sebuah kabupaten yg terletak pada tengah-tengah provinsi Jawa Timur. Tapi objek wisata alam ini relatif terkenal pada kalangan masyarakat Jombang dan sekitarnya karena mempunyai pemandangan latif dan cerita mistis yang menaunginya.

Bagian Luar Sigolo-Golo
Bagian Luar Sigolo-Golo [via]
Pemandangan latif yang dimaksud pada sini bukan lorong-lorong goa penuh gugusan batuan berwarna-warni atau sungai bawah tanah misalnya di goa lain tapi pemandangan alam yg terlihat menurut depan verbal objek wisata Jombang ini. Ya, sahih kebanyakan traveler yang datang memilih untuk menghabiskan ketika di luarnya buat menikmati keindahan alam pada sana dan sesekali memfotonya.

Tapi jikalau mau masuk ke dalam goa jua mampu, ukuran objek wisata Jombang ini tidak terlalu besar & hanya berupa lorong yg nir terlalu pada. Ketimbang keindahannya, goa ini malah lebih tenar menggunakan cerita mistis yang menaunginya. Konon tempat wisata alam yang berada pada lereng Gunung Welirang ini pernah dipakai buat semedi ayah Damar Wulan berdasarkan kerajaan Majapahit & populer menakutkan. Warga percaya bila orang bersemedi di sana mampu menerima kesaktian.

Instagram

Goa Sigolo-golo mampu traveler temukan di dusun Kraten, desa Panglungan, kecamatan Wonosalam. Jalur menuju ke obyek wisata alam ini relatif gampang setidaknya sampai ke loka parkir tunggangan. Setelah itu barulah traveler akan dihadapkan pada trek yang menguras tenaga jadi siapkan fisik terlebih dahulu apabila tetapkan buat datang ke sana.

Instagram

Pertama traveler harus menyusuri sungai boro sebelum akhirnya membawamu ke sisi sebuah bukit. Nah di atas bukit inilah lokasi goa itu yg ialah kamu masih wajib melakukan trekking memanjat tebing. Untungnya traveler dibantu menggunakan eksistensi akar pohon yg sudah berusia ratusan tahun yang jadi tangga alami akan tetapi tetap saja butuh energi buat menaikinya, barulah lalu sampai pada depan lisan goa.

Informasi Lokasi

Nama: Goa Sigolo Golo

Alamat: Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Dengan adanya  Goa Sigolo-golo ini, tempat wisata Jombang jadi lebih lengkap. Selain itu, loka ini termasuk dalam kumpulan destinasi murah lantaran tiket masuknya hanya dihargai sekitar lima ribu rupiah saja. Puas menikmati pemandangan berdasarkan ketinggian, engkau sanggup mencicipi kesejukan air sungai Boro. Jadi bertanya-tanya kan buat pergi ke sana?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter