Monggo Jelajahi Kulon Progo 12 Destinasi Terbaiknya Siap Memanjakan Perjalananmu

Punya planning liburan pada kabupaten paling barat dari Provinsi Daerah Yogyakarta? Berlibur pada Kulon Progo merupakan pilihan yang tepat buat engkau yg suka menggunakan jenis wisata alam. Di daerah ini kamu akan disuguhkan menggunakan poly wisata alam yang beberapa diantaranya masih perawan.

Kabupaten yg memiliki jargon wisata Jewel of Java ini punya pantai-pantai cantik yg cocok buat memancing, terdapat juga beragam air terjun yg masih alami sampai daerah wisata Kalibiru yg tengah hits di media umum. Semuanya destinasi ini siap untuk menyambut dan memanjakan perjalananmu selama di Kulon Progo. Inilah 12 destinasi terbaik yg harus engkau kunjungi.

1. Pantai Glagah, Ikon Wisata Paling Terkenal pada Kulon Progo

Pantai Glagah merupakan pantai yg paling populer di Kulon Progo. Sebagai ikon wisata yang terkenal harus hukumnya engkau berkunjung ke sana meskipun loka ini dibilang mainstream. Di pantai ini traveler ditawari menggunakan aneka aktivitas menarik mulai dari memancing, bersepeda, naik cano mengelilingi laguna, bermotorcross, atau sekedar duduk kalem pada dermaga menggunakan jajaran tetrapod yang selalu setia memecah ombak pada bibir pantai. Terlebih jikalau datang di sore hari, sunset di pantai Glagah begitu indah.

instagram

Pantai Glagah berada di kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Pantai ini begitu terkenal disana sampai setiap akhir pekan atau hari libur nasional banyak wisatawan yg berlibur kesana. Meski banyak sekali pilihan aktivitas yg sanggup dilakukan di Pantai Glagah, namun terdapat dua atraksi yg paling disukai traveler yaitu foto-foto pada tetrapod pemecah ombak ketika suasana senja dan lagunanya yang sanggup digunakan buat berkeliling menggunakan sampan atau cano.

2. Blusukan ke Air Terjun Kembang Soka yg Punya Lanskap Warna-Warni

Beralih ke Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulonprogo, Yogyakarta. Blusukan ke desa ini kamu akan menjumpai air terjun anggun yang baru saja dibuka buat wisata pada Desember 2 tahun kemudian. Air Terjun Kembang Soka begitulah sebutannya dimana nama ini diambil berdasarkan mata air yang pula bernama Kembang Soka.

instagram

Dari tengah kota menuju ke loka parkir Air Terjun Kembang Soka tidaklah sulit. Banyak petunjuk arah yang sudah dibentuk buat memudahkan traveler. Kondisi jalan pun tidak mengecewakan mudah dilewati khususnya buat roda dua. Hanya saja perjuanganmu baru akan dimulai waktu hingga di loka parkir menuju ke spot primer air terjun. Butuh trekking jalan kaki menuruni lembah untuk berjumpa dengan si cantik ini. Air Terjun Kembang Soka mengalir melewati bebatuan yg berwarna-warni setiap tingkatannya. Ada batuan kekuning-kuningan hingga tebing berwarna merah maron. Di lebih kurang air terjun pula banyak masih ada kolam alami berwarna hijau tosca dengan air yang sangat segar.

tiga. Traveler yang Hobi Petualangan, Air Terjun Kedung Pedut Bisa Kamu Jelajahi Seharian

Air Terjun Kedung Pedut sanggup jadi alternatif wisata yg menarik pada Kulon Progo. Sebelum tetapkan buat menyambangi tempat ini pastikan dulu kamu punya stamina yg prima sebab air terjun ini berada di dasar lembah yg diapit oleh 2 tebing tinggi dari Pegunungan Menoreh Kulon Progo.

instagram

Menjadi galat satu air terjun anggun yg dimiliki kabupaten Kulon Progo sekaligus Jogja, Air Terjun Kedung Pedut mulai ramai dikunjungi traveler yg suka petualangan. Air terjun ini terletak pada dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Keindahan air terjun ini terletak dalam airnya yg memancarkan dua warna yaitu putih jernih dan hijau tosca sesudah masuk ke dalam kolam alaminya. Tak heran apabila traveler yg datang selalu nir sabar buat nyebur ke kolamnya.

4. Pemandangan Indah dari Gunung Kendil Membuatmu Rela Untuk Mendaki ke Puncaknya

Ada dua zenit paling populer di Kulon Progo buat menyaksikan estetika lanskap alam dan perkotaan yaitu puncak Gunung Suroloyo & Gunung Kendil. Gunung Kendil sendiri adalah bagian dari Pegunungan Menoreh yg berada pada Pedukuhan Nglambur. Puncak gunung ini merupakan loka terbaik buat melihat indahnya alam ciptaan Tuhan.

instagram

Puncak Gunung Kedil lebih tinggi ketimbang Suroloyo sehingga menurut sini traveler nir hanya mampu melihat lanskap kota Kulon Progo namun jua Magelang. Saat cuaca cerah sayup-sayup pemandangan Candi Borobudur juga terlihat menurut puncak ini. Saat malam Puncak Gunung Kendil adalah spot paling keren buat menyaksikan kerlap-kerlip lampu kota.

lima. Curug Sidoharjo, Tempat Wisata dengan Keindahan Mempesona

Curug Sidoharjo adalah air terjun dengan tinggi 75 meter yang berada di desa Sidoharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo. Akses jalan menuju ke lokasi cukup menantang dengan jalan berkelok lengkap dengan tikungan dan tanjakan tajam. Siapkan kendaraan yang andal apabila mau melihat keindahan air terjun ini.

instagram

Traveler wajib trekking berdasarkan tempat penitipan sepeda untuk menemukan Curug Sidoharjo. Jalan setapak menembus hutan merupakan rute wajib yang harus dilalui.Kalau beruntung, sesekali kamu akan bertemu menggunakan kera ekor panjang yg masih hayati liar di pada hutan. Curug Sidoharjo bak nirwana yg tersembunyi yang masih perawan menurut jamahan traveler. Suasana alami begitu terasa sesampainya di lokasi.

6. Embung Mini Kleco, Waduk Mini Dengan Pemandangan Maksi

Embung Kleco adalah waduk buatan berukuran kecil yang berfungsi menjadi loka tampungan air. Meski ukurannya nir sebesar Waduk Sermo namun pemandangan alam yg disuguhkan menurut daerah ini tidak kalah indah. Oleh sebab itu dalam hari libur kawasan Waduk Kleco relatif ramai dikunjungi oleh traveler menurut wilayah sekitar.

instagram

Waduk Kleco terletak di dusun Ngesong, desa Giripurwo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Waktu terbaik tiba ke waduk ini adalah pagi hari, ketika kawasan di bawah waduk ini masih diselimuti kabut tipis dengan langit biru & penampakan Gunung Merapi pada kejauhan. Jangan lupa buat membawa bekal sebab pada kurang lebih lokasi belum terdapat yg berjualan kuliner. Tapi sampahnya bawa pergi pulang ya!

7. Waduk Sermo Kulon Progo, Salah Satu Yang Paling Bagus se-Indonesia

Digadang-gadang sebagai galat satu bendungan dengan waduk terbaik di Indonesia, Waduk Sermo memang mempunyai segalanya yg dibutuhkan buat sebagai yg nomor satu. Waduk ini selain menjadi tempat tampungan air juga mempunyai kualitas air yang sangat indah menggunakan sedimentasi yg sangat rendah.

instagram

Segala kelebihan yg dimiliki Waduk Sermo ini tidak lain lantaran ditunjang oleh keadaan hutan di sekitarnya yang masih terjaga dengan baik. Bahkan buat mengambarkan bahwa air yang ada pada waduk tersebut memang mengagumkan sudah dilakukan beberapa kali studi kelayakan yang dilakukan mulai berdasarkan Mac.Donald, PT Indra Karya & Electroconsult. Waduk seluas 21,3 kilometer persegi ini pula bisa dipandang dari obyek wisata Kalibiru.

8. Tujuan Wisata yg Lagi Hits Sepanjang Tahun 2015 Wisata Alam Kalibiru

Sepanjang tahun kemudian nama Wisata Alam Kalibiru memang tengah meroket. Foto-foto traveler yang berpose pada gardu pandang atau tempat tinggal pohon yg menghadap Waduk Sermo membanjiri media umum menciptakan traveler lain berbondong-bondong tiba buat melakukan pose yang sama.

instagram

Wisata Alam Kalibiru ini berada di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo pada ketinggian 450 meter di atas bagian atas bahari atau tepatnya di Desa Wisata Kalibiru, Sermo, Hargowilis. Banyak fasilitas seru yang sanggup dipakai untuk rekreasi seperti area outbond, loka makan, masjid, loka menginap dan lain sebagainya.

9. Curug Siluwok, Air Terjun yang Masih Perawan Kulon Progo

Kembali lagi ke kecamatan Samigaluh tepatnya di desa Keweron. Sebuah air terjun yg masih alami bernama Curug Siluwok siap memanjakanmu yg rindu dengan suasana natural. Untuk berjumpa dengan curug yg dijuluki sebagai kembaran kini berdasarkan Curug Sidoharjo ini traveler wajib trekking selama 15-20 mnt melewati jalan setapak & perkebunan warga .

instagram

Beruntung waktu ini masyarakat desa setempat telah menciptakan & sedikit melebarkan jalan menuju ke lokasi & menciptakan jalan beton. Dengan begitu traveler tidak akan kesulitan buat mengakses ke Curug Siluwok. Air terjun ini punya kolam alami pada bawahnya, saat musim kering air ini begitu jernih tetapi apabila demam isu hujan seperti sekarang airnya berwarna cokelat keruh.

10. Mainlah ke Puncaknya Kulon Progo di Kebun Teh Nglinggo

Kulon Progo punya daerah pegunungan menggunakan hamparan kebun teh seperti pada Puncak Bogor, namanya adalah Kebuan Teh Nglinggo. Kebun teh nan manis ini bisa engkau temukan di dusun Nglinggo, desa Pagerharjo yang masih pada wilayah administratif dari kecamatan Samigaluh.

instagram

Perkebunan Teh Nglinggo berada di ketinggian 800 mdpl yang memiliki suasana sejuk & alam yang hijau memanjakan mata. Tempat ini mampu kamu jadikan cara lain buat menikmati wisata alam yang begitu damai khas wilayah pegunungan. Di tempat ini pula traveler jua akan menemukan obyek wisata alam lainnya berupa air terjun yg bernama Grojogan Watu Jonggol.

11. Pantai Congot, Tempat rekreasi Sekaligus Beli Oleh-Oleh Ikan Segar Kulon Progo

Tempat asyik dan menarik buat liburan sekaligus membeli oleh-oleh ikan segar yang baru ditangkap nelayan di Kulon Progo adalah Pantai Congot. Pantai pada Desa Jangkaran, Kecamatan Temon ini memang spot memancing sekaligus pusat aktivitas nelayan mencari ikan sehingga banyak sekali bahtera motor yg berlabuh di pantai ini.

instagram

Pulang dari Pantai Congot tidak lengkap jika nir membeli oleh-sang ikan segar yang baru saja ditangkap para nelayan. Kamu relatif tiba ke pelelangan ikan yang ada di tepi pantai. Di sana poly nelayan yang sibuk membersihkan ikan sekaligus menunjukkan hasil tangkapannya pada pembeli. Lumayan kan apabila beli di nelayannya langsung kemungkinan kamu sanggup bisa harga yg lebih murah.

12. Wisata Rafting pada Sungai Progo Yang Penuh Tantangan

Kulon Progo memiliki satu atraksi wisata menguji nyali berupa arung jeram. Kegiatan ekstrim ini dilakukan di Sungai Progo. Yap, ini merupakan sungai yg sama yg digunakan untuk spot Progo Rafting pada Magelang. Sungai Progo yang mengalir melewati kabupaten Kulon Progo, Jogja ini punya ciri jeram berdasarkan level pemula hingga profesional.

instagram

Buat engkau yg telah tidak sabar ingin bertualang mampu berkunjung ke base camp Arus Progo yg terletak di daerah Kreo, Kisik, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya hanya berjarak 17 kilometer berdasarkan sentra kota Jogja. Arung jeram di Sungai Progo yg terdapat pada Jogja ini dikenal menggunakan rute arung jeram sungai Progo bawah. Para traveler yang berminat masih akan ditawarkan lagi 3 jenis pilihan rute berdasarkan long trip, medium & regular trip menggunakan level yg bhineka. Ingat waktu mau mulai berarung jeram utamakan keselamatan dan patuhi segala arahan guide.

Tempat ngetrip favoritmu di Kulon Progo belum disebutkan Travelingyuk? Silahkan tulis pada kolom komentar biar traveler lain bisa ikut menikmati keindahan kotamu. Buat traveler semuanya saja, permanen jaga kelestarian alam, jangan sekali-kali merusaknya!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter