NGERI! Di Kampung Pulo Ada Pemakaman Keramat

Membaca nama Kampung Pulo niscaya yang pertama keluar pada benak Anda merupakan sebuah kampung di tempat Jakarta yang rawan banjir dan baru saja ditertibkan. Tapi Kampung Pulo yg ini tidak selaras, ini adalah kampung wisata yang ada pada wilayah Garut, Jawa Barat. Kampung ini sangat unik karena sejak abad ke-17 jumlah ketua keluarga yang tinggal pada sana selalu 6, nir kurang & nir lebih.

Jika Kampung Pulo yang terdapat di Jakarta berada pada bantaran sungai Ciliwung maka lain halnya menggunakan yang pada Garut ini. Kampung Pulo ini merupakan pulau mini yg ada di tengah danau di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles. Setiap traveler yang ingin berkunjung ke sana membutuhkan rakit buat menyeberang.

source]
Di dalam kampung kecil ini tinggal keturunan Embah Dalem Arif Muhammad dari Mataram, yg mengembangkan Islam pada Cangkuang dan sekitarnya. Dilansir Travelingyuk menurut detikTravel, kampung tersebut memiliki aturan unik yakni jumlah kepala famili pada Kampung Pulo harus selalu 6. Oleh karena itu selama berabad-abad jumlah kepala keluarga pada sana hanya 6 tadi. Kampungnya pun hanya berisi 1 masjid & 6 tempat tinggal .

Kampung Pulo jua menjadi daerah yang mendeskripsikan kerukunan umat beragama. Hal ini terlihat dari adanya bangunan candi Hindu di dekat makam Embah Dalem Arif Muhammad. Uniknya makam-makam pada kampung ini memiliki batu nisan yang berbeda dari nisan makam dalam umumnya. Seperti terlihat dalam foto pada bawah, batu nisan menurut makam-makam tadi mempunyai posisi merunduk ke tengah.

source]
Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Batu nisan dibentuk merunduk dengan sengaja lantaran memiliki filosofi yang terkandung di dalamnya. Seperti ilmu padi yang semakin berisi semakin merunduk, itulah kenapa batu nisan di makam-makam keramat pada sana dibentuk merunduk. Traveler yang ingin melihatnya mampu tiba ke area pemakaman yang berada pada atas bukit.

source]
Traveler yg datang selain sanggup berinteraksi menggunakan penduduk Kampung Pulo juga mampu melakukan ziarah ke makam-makam tadi. Makam Embah Dalem Arif Muhammad & makam keramat pada sekitarnya dibuka setiap hari buat keperluan ziarah kecuali pada hari Rabu. So, bagi traveler yang ingin berziarah usahakan tiba pada hari lain selain hari tersebut.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter