Patung Raksasa Pemimpin China Jadi Obyek Wisata

Membuat patung dari seorang tokoh yang dianggap mempunyai jasa besar dalam negara adalah salah satu cara buat menghargai sekaligus mengingat jasa tokoh tersebut. Itu pula yang sedang dilakukan pada Kota Tongxu, China. Kota ini sebentar lagi akan mempunyai landmark baru berupa patung Mao Zedong berukuran raksasa.

Tongxu, merupakan kota mini di provinsi Henan, China. Namanya memang nir populer misalnya Shanghai atau Beijing, karena kota ini bukanlah sentra pariwisata pada Negeri Tirai Bambu. Akan namun dalam beberapa bulan terakhir kota mini ini tengah sebagai pemberitaan berbagai media lantaran adanya proyek pembangunan sebuah patung super besar di tengah daerah tandus.

source]
Patung yg sedianya nanti akan menjadi landmark pujian rakyat Tongxu ini bukanlah patung biasa. Kota ini merogoh figur dari tokoh pemimpin partai Komunis China yang jua pernah memimpin negara tadi selama 30 tahun, Mao Zedong. Tokoh ini dianggap berhasil membawa poly perubahan yang pesat bagi negara berwilayah terluas pada bumi ini.

Patung Mao Zedong ini memiliki berukuran yg luar biasa. Tingginya saja mencapai 36 meter lebih terbuat berdasarkan beton dan dicat rona emas yang begitu mencolok. Keberadaan patung ini terlihat sangat kontras dengan kondisi sekitarnya yg berupa huma pertanian kosong yg terkesan gersang.

source]
Bukan ukuran patung saja yg mencengangkan. Dana yg dihabiskan buat pembangunan patung ini saja mencapai 3 juta Yuan atau bila dirupiahkan setara menggunakan Rp. 3,6 miliar. Dana tersebut diperoleh menurut iuran pengusaha lokal dan sumbangan para masyarakat tanpa menggunakan dana menurut pemerintah. Warga pun nir keberatan turut menyumbangkan uangnya demi patung berdasarkan tokoh yg sangat mereka banggakan itu.

source]
Penasaran ingin melihat patung raksasa ini? Kamu mampu datang ke Kota Tongxu. Kota ini berjarak 124 km menurut kota Zhengzhou yg bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan darat. Meski sebenarnya tahap pembangunannya belum rampung seutuhnya namun sudah poly traveler yang tiba ke lokasi karena rasa penasaran.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter