Potret Keindahan Alam di Perbatasan Ponorogo-Wonogiri Lewat Bukit Cumbri

Ponorogo & Wonogiri, apa yg pertama terdapat di benakmu saat membaca 2 nama kabupaten yang saling bertetanggaan namun berbeda provinsi ini? Sebagian besar dari kita akan mengaitkan Ponorogo dengan Reog sedangkan Wonogiri sempat populer menggunakan batu akik Fire Opalnya. Tapi bagi traveler yang suka blusukan akan menyampaikan kedua kota ini memiliki bukit keren bernama Cumbri.

Bukit Cumbri, begitulah nama berdasarkan sebuah bukit yg berada pada perbatasan dua kabupaten sekaligus 2 provinsi, yakni Ponorogo di Jawa Timur dan Wonogiri pada Jawa Tengah. Secara geografis wilayah bukit ini berada di Desa Kepyar, Purwantoro, Wonogiri dan pula sebagian yg lain berada di Desa Pager Ukir, Sampung, Ponorogo. Keadaan disekitar bukit cukup gersang hanya terdapat pohon jambu monyet saja yang tumbuh disana.

Instagram

Tapi penekanan kita bukan pada area sekitar bukit melainkan keindahan alam yg terlihat dari puncak bukit setinggi 638 mdpl ini. Dari zenit Bukit Cumbri, engkau mampu menikmati sunrise maupun sunset yang kece apabila cuaca mendukung. Selain itu view alam yang ditampilkan berdasarkan puncak bukit ini luar biasa mempengaruhi saking indahnya. Jajaran perbukitan yg ditumbuhi pepohonan hijau membuat mata balik segar terlebih jika engkau habis tiba menurut perkotaan yg penuh dengan gedung.

Untuk menuju ke puncak bukit satu-satunya cara yg bisa kamu lakukan merupakan menggunakan trekking selama 1 jam dalam kondisi santai. Rutenya tidak sulit sehingga traveler cewek sekalipun tidak akan mengeluh bila mendaki bukit ini dengan syarat mereka tidak menggunakan high heels. Sebelumnya kamu bisa menitipkan kendaraan pada kebun masyarakat karena belum ada tempat parkir spesifik tunggangan pasalnya loka ini memang belum dikomersilkan buat wisata.

Pemandangan keren pada zenit Cumbri seakan mampu melunasi segala usaha yang engkau lakukan pada mencapainya. Bahkan letih yg engkau rasakan nir sebanding dengan suguhan alam yang mempesona pada puncaknya. Jika engkau mau foto-foto seperti pada gambar di bawah ini selain harus punya nyali kamu pula musti berhati-hati, utamakan keamanan dan keselamatan diri ya.

Instagram

Meski masih jarang dikunjungi traveler namun sayang beberapa yang berkunjung ke sana melakukan ulah jahil dengan corat-coret pada papan & batu. Kalau kamu ke sana jangan bergaya jadi seniman kaligrafi terus sok-sokan mengukir namamu di batu atau pohon kurang lebih situ. Ingat jangan mengambil apapun kecuali foto dan jangan juga meninggalkan apapun kecuali jejak kaki.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter