Ranto Canyon Kembaran Green Canyon Pangandaran di Brebes

Kawasan pegunungan pada Brebes bagian selatan ternyata mempunyai permata tersembunyi yang menyaingi keindahan Green Canyon Pangandaran berupa Ranto Canyon. Keduanya sama-sama “mencatut” nama “canyon” lantaran dipercaya mempunyai wajah alam yg seperti menggunakan Grand Canyon pada Colorado, Amerika Serikat.

Wilayah pegunungan pada Brebes yang hanya mampu ditemukan pada bagian selatan nampaknya nir mengurangi jumlah wisata alam keren pada dalamnya. Di kawasan ini masih ada obyek wisata alam yg lengkap menurut gua, kebun teh, curug hingga tempat sungai bertebing yang dikenal menggunakan nama Ranto Canyon.

Air Terjun di Ranto Canyon, via instagram
Air Terjun pada Ranto Canyon, via instagram

Ranto Canyon terletak pada Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes & butuh ketika 2 setengah jam mengendarai kendaraan dari pusat kota buat hingga di lokasi parkir obyek wisata. Setelah itu traveler trekking sejauh 200 meter melewati jalan setapak & sisi tebing yang terjal. Traveler akan dibantu menggunakan tali buat turun ke dasar sungai.

Jauh sebelum dikenal para traveler, daerah sungai di desa Winduasri itu dikenal masyarakat dengan nama Leuwih Ranto. Barulah sesudah menjadi jujugan traveling, daerah ini mendapatkan sebutan baru yaitu Ranto Canyon. Nama yg merujuk dalam lanskap alam yang menyerupai Grand Canyon yaitu berupa sungai yang diapit sang dinding tebing setinggi 15-20 meter.

Trek menuju Ranto Canyon, via instagram
Trek menuju Ranto Canyon, via instagram

Konsep wisata di Ranto canyon mirip menggunakan Green Canyon Pangandaran. Setiap traveler akan menikmati indahnya suasana sungai dan alam lebih kurang yang masih asri. Kegiatan yang sanggup dilakukan antara lain berenang, cliff diving & pula bodyrafting menggunakan trek sepanjang 750 meter. Bagaimana keseruan traveler ketika liburan pada Ranto Canyon sanggup engkau tonton dalam video di bawah ini.

Saat ini Ranto Canyon masih dikelola oleh swadaya warga peduli wisata Desa Winduasri. Tapi ke depan destinasi ini akan dikelola secara profesional sang pemerintah kabupaten Brebes lewat Dinas Pariwisata-nya. Traveler yg berkunjung relatif membayar pemandu Rp. 30 ribu & akan mendapatkan fasilitas pelampung dan helm keselamatan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter