Wow Museum Ini Menyimpan Fosil Gajah Purba Berukuran Raksasa

Ingin melihat residu-residu kehidupan purba di Kabupaten Kudus? Datang saja ke Museum Purbakala Patiayam. Museum ini menyimpan banyak fosil flora dan fauna yang pernah hayati di Kudus dalam rentang saat 10.000-1 juta tahun kemudian termasuk manusia purba Homo Erectus. Inilah tempat yang sempurna buat kamu yang ingin berekreasi sambil memperluas wawasan.

Bernama lengkap Rumah Fosil Situs Patiayam, terletak pada Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Bangunannya memang nir semegah museum Sangiran namun apa yang tersimpan pada dalamnya melebihi ekspektasi kebanyakan traveler. Situs ini menyimpan fosil-fosil kehidupan menurut zaman plestosen yang kira-kira berlangsung antara 10 ribu hingga satu juta tahun kemudian.

instagram

Fosil-fosil tadi ditaruh dalam lemari kaca menjadi media displaynya. Beberapa fosil yang dapat dipandang pengunjung diantaranya fosil moluska, kerang-kerangan, rahang kudanil, ketua kerbau, sampai badak purba. Tetapi yg menjadi primadona pada situs tersebut adalah eksistensi gading gajah super besar dengan nama latin Stegodon trigonocephalus yang panjangnya hampir 4 meter.

instagram

Selain dapat melihat fosil gadingnya yg orisinil, pengunjung juga dapat berfoto menggunakan replika gajahnya yang juga ukuran jumbo. Di lokasi yang sama setiap traveler mampu melihat fosil insan purba terkini yg dikenal menggunakan nama Homo Erectus. Memang fosil yg ditemukan tidak utuh semua tubuh, tercatat hanya gigi geraham, tempurung kepala serta peralatan berburu seperti kapak genggam.

instagram

Tidak semua fosil di situs Patiayam ditampilkan pada publik. Banyak fosil-fosil yg disimpan di gudang karena masih dalam tahap penelitian. Bukan hanya itu saja, traveler pula bisa tuh melihat lokasi penggalian fosil yg terletak di sebuah bukit yg berada nir jauh menurut lokasi museum. Pokoknya banyak sekali yg sanggup traveler pelajari apabila berkunjung ke Situs Patiayam ini.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter