6 Pantai Dengan Landmark Paling Ikonik di Pacitan

Adanya landmark atau tengara dalam suatu obyek wisata akan menaruh rona tersendiri bagi loka tersebut. Selain itu eksistensi landmark jua sebagai karakteristik khas yg membedakannya menggunakan loka lain sehingga saat traveler foto menggunakan tengara tersebut orang lain nir perlu lagi bertanya dimana tempat itu, karena orang-orang telah memahami menurut ikon yg ditampilkan.

Seperti halnya pantai-pantai di Kabupaten Pacitan, banyak pantai disana yg mempunyai landmark unik. Umumnya tengara tersebut berbentuk sebuah batu karang atau pulau kecil pada tengah laut dengan bentuk yg unik. Keberadaan ikon-ikon ini selain mempercantik pemandangan lebih kurang pantai pula sebagai kekhasan yg menciptakan poly traveler tertarik buat berkunjung. Dikumpulkan sang Travelingyuk, ini dia 6 pantai dengan landmark paling ikonik pada kabupaten Pacitan.

1. Pantai Klayar – Terkenal Dengan Batu Spinx dan Seruling Samudera

Belum absah ke Pacitan bila belum berkunjung ke Pantai Klayar. Ungkapan yg jamak kita dengar yg menyiratkan betapa terkenalnya pantai ini pada kabupaten pada ujung barat provinsi Jawa Timur ini. Memang benar Pantai Klayar adalah galat satu andalan wisata yang paling terkenal pada Pacitan, sehingga rugi banget jika traveler nir mengunjungi pantai berpasir putih ini.

Pantai Klayar terletak pada desa Sendang, kecamatan Donorojo. Lokasinya berjarak sekitar 35 pada sebelah barat kota Pacitan. Jika traveler melakukan start menurut alun-alun kota, maka pantai ini bisa dituju dengan mengambil rute yang sama menuju ke Gua Gong. Pantai ini mempunyai landmark alam yg begitu terkenal dan menjadi karakteristik spesial yaitu berupa tebing batu Spinx dan Seruling Samudera.

instagram

Kalau engkau berada di pantai Klayar, berjalanlah menuju ke ujung timur. Disanalah kamu akan menemukan tengara yang dimaksud. Sebuah tebing batu yg keliru satunya mirip menggunakan Patung Spinx yg ada di Mesir. Sedangkan bila engkau berjalan ke balik tebing tersebut maka ikon lain menurut Pantai Klayar akan terlihat yaitu Seruling Samudera. Sebuah fenomena alam berupa semburan air bahari dari celah batu karang dampak tekanan gelombang laut.

2. Pantai Banyu Tibo – Pantai Unik Dengan Air Terjun Langsung Jatuh ke Pantai

Pantai dengan landmark ikonik lainnya bisa engkau temukan tidak jauh menurut Pantai Klayar. Pantai ini bernama Pantai Banyu Tibo & berlokasi di desa Widoro, kecamatan Donorojo. Rutenya, jika kamu pergi ke Klayar engkau akan berjumpa menggunakan Pasar Kalak, di pasar ini terdapat pertigaan, jalan kearah kanan itulah yang akan membawamu ke pantai keren berikutnya.

Pantai Banyu Tibo, @ardhaniaji/ Travelingyuk
Pantai Banyu Tibo, @ardhaniaji/ Travelingyuk

Pantai Banyu Tibo diberikan lantaran di tepi pantai ini masih ada air terjun yg jatuh langsung ke pesisir pantai dan airnya mengalir ke bahari. Air terjun inilah yang kemudian menjadi landmark menurut Pantai Banyu Tibo. Pasir pantainya sangat sempit & berada pada bawah bukit sebagai akibatnya untuk bermain ke pantai traveler wajib menuruni bukit & tangga yang disediakan pengelola. Dari pantainya traveler mampu bermain pada bawah guyuran air terjun yg begitu jernih. Tetapi dalam ketika-ketika tertentu khususnya saat pasang naik, pihak pengelola melarang traveler turun ke pantai karena sangat berbahaya.

3. Pantai Buyutan – Batu Narada di Tengah Laut Mempercantik Panorama Sekitar

Masih berada pada desa Widoro, kecamatan Donorojo, masih ada satu pantai lagi yang punya landmark ikonik yaitu Pantai Buyutan. Jalan menuju ke pantai ini mampu engkau temukan sekitar 1 km sebelum pantai Banyu Tibo. Aksesnya tidak mengecewakan gampang, nyatanya mobil mampu hingga di pinggir pantai. Namun kondisi jalannya pada beberapa bagian masih banyak yg rusak sebagai akibatnya skill sopir sangat krusial disini.

Sejauh penelusuran Travelingyuk pada pantai-pantai Pacitan, Pantai Buyutan adalah satu-satunya pantai dengan pasir putih terpanjang di kabupaten ini. Pantai ini berada tepat pada bawah tebing yang menjulang sehingga apabila dibandingkan pantai Buyutan ini misalnya Pantai Pandawa milik Pulau Dewata. Satu tengara yang membuat pantai ini begitu khas adalah eksistensi batu karang pada tengah laut yg menyerupai topi atau mahkota.

instagram

Nama batu karang yang sebagai ikon Pantai Buyutan ini merupakan Batu Narada. Penamaan ini ada kisahnya lho. Jadi dari cerita warga , batu tadi adalah jelmaan berdasarkan mahkota berdasarkan yang kuasa Narada, keliru satu tokoh pewayangan. Tatkala beliau terbang melintasi tempat itu, mahkotanya terjatuh sampai akhirnya berubah menjadi batu karang yg sekarang diklaim Batu Narada.

4. Pantai Pangasan – Bukit Menjulang yang Bikin Suasana Seperti pada Bali

Mungkin belum poly traveler yg memahami apabila Pacitan punya pantai yg sangat indah pada desa Kalipelus, kecamatan Kebonagung, sebuah kecamatan pada sisi timur kabupaten ini. Adalah Pantai Pangasan, sebuah pantai yang dari Travelingyuk merupakan pantai dengan view paling latif di Kota 1001 Gua ini. Hanya saja akses menuju ke pantai ini belum digarap maksimal sebagai akibatnya butuh sedikit bisnis ekstra untuk mencapainya. Beruntung sekarang pemerintah desa sedikit-demi sedikit sudah membentuk akses menuju pantainya.

instagram

Pantai Pangasan memiliki landmark berupa bukit batu yang menjulang tinggi pada sisi barat. Adanya bukit ini membuat panorama di sekitar pantai Pangasan berubah sebagai nir seperti di Pacitan akan tetapi lebih seperti misalnya pada Bali atau beberapa travel blogger menyamakannya menggunakan Pantai Papuma di Jember. Kamu yang bertanya-tanya silahkan datang langsung ke lokasi. Jalurnya bisa lewat Jalur Lintas Selatan (JLS), nanti kamu akan menemukan jembatan di atas JLS, nah lewati jembatan itu dan ikuti petunjuk jalan menuju desa Kalipelus.

lima. Pantai Bakung – Ada Pulau Berbentuk Ikan Paus pada Tengah Laut

Masih pada Kecamatan Kebonagung, kamu bisa berpetualang ke Pantai Bakung. Ini merupakan keliru satu pantai yg masih sepi pengunjung pada Pacitan, tetapi jangan tanya soal keindahannya. Pantai Bakung secara administratif terletak pada desa Karangnongko, sekitar 20 kilometer dari sentra kota yg sanggup engkau tempuh selama 30 mnt berkendara motor.

instagram

Pantai ini punya landmark berupa pulau batu cadas pada tengah bahari yg berbentuk misalnya Ikan Paus. Fotonya mampu kamu lihat pada atas, lumayan seperti kan? Di sekitar pantai ini pula terdapat gua yg mampu traveler jumpai di sisi sebelah timur. Yang tak kalah menakjubkan menurut pantai ini adalah pemandangan sepanjang jalan menuju ke pantai dimana traveler akan disuguhi hamparan sawah terasiring yg misalnya di Ubud Bali. Keren!

6. Watu Bale – Pulau Kapal Selam yg Menakjubkan

Pantai terakhir terletak pada Desa Jetak, kecamatan Tulakan, sebuah kecamatan pada sisi timur Pacitan & mampu dituju melalui Jalur Lintas Selatan. Tidak sulit menemukan pantai ini karena di pertigaan menuju ke pantai telah terdapat papan nama yang mengarahkan wisatawan. Sekitar 1 km menuju ke pantai, syarat jalannya masih berupa tanah yg sulit dilalui mobil, jadi gunakan saja motor apabila mau ke pantai ini.

instagram

Adalah Watu Bale, sebenarnya ini bukanlah pantai lantaran tidak mempunyai pasir & lokasinya pun berada di atas bukit. Dari atas bukit ini engkau akan melihat tengara yang begitu ikonik yaitu Watu Bale itu sendiri. Jadi Watu Bale itu merupakan nama berdasarkan pulau batu yg berada pada tengah bahari. Kalau Travelingyuk sendiri melihatnya mirip menggunakan kapal selam sehingga ketika pertama kali ke sana kita menyebutnya sebagai Pulau Kapal Selam. Kalau traveler datang saat pasang maka akan menyaksikan kenyataan yang luar biasa dimana gelombang bahari akan menghantam batu tersebut dan membuat dentuman kencang serta semburan air yang sangat tinggi.

Selain keenam pantai tadi sebenarnya masih poly pantai pada Pacitan yg punya tengara unik. Sebut saja pantai Watukarung yang punya pulau kecil misalnya puteri berambut panjang, ada pula pantai Sruni dimana banyak perpaduan pulau di tengah laut bak Raja Ampat, dan masih poly lagi. So, yuk kunjungi Pacitan guys!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter