7 Video Detik-Detik Gerhana Matahari Total yang Bikin Merinding

Gerhana matahari total (GMT) merupakan suatu kenyataan alam yang sangat langka. Butuh saat puluhan sampai ratusan tahun agar daerah yang sama mengalami fenomena serupa. Oleh karena itu waktu gerhana matahari menyambangi suatu daerah, banyak ilmuwan sampai wisatawan yg berbondong-bondong tiba buat menjadi saksi hayati suatu insiden alam yg khas tersebut.

Secara teori gerhana matahari total terjadi lantaran cahaya matahari terhalang oleh bulan dimana ketiga benda langit tadi berada dalam posisi yang sejajar. Di era terbaru seperti kini , fenomena gerhana matahari total dijadikan wahana buat memperkenalkan potensi wisata pada wilayah yang dilewati umbra atau bayangan gelap Sehingga kemudian poly wisata eklips yang ditawarkan. Tapi tahukah engkau selain Indonesia dalam tanggal 9 Maret nanti, gerhana mentari total juga telah pernah terjadi di negara lain? Berikut Travelingyuk rangkum 7 video eklips mentari total pada berbagai negara yg bikin takjub.

1. Gerhana Matahari Total Tahun 2015

Fenomena gerhana mentari total (GMT) terdekat yg pernah terjadi sebelum nanti di Indonesia tanggal 9 Meret 2016 merupakan GMT dalam lepas 20 Maret 2015. Sayangnya pada ketika itu insiden langka tadi tidak terjadi di Indonesia. GMT hanya mampu dinikmati di daerah-daerah seperti laut Atlantik Utara, laut Norwegia, Laut Arktik, Kepulauan Faroe dan Svalbard. Mereka yang berburu GMT di wilayah-wilayah tersebut khususnya Svalbard bukan hanya menjadi saksi terjadinya eklips yang langka tetapi jua disuguhi pemandangan indah aurora.

GMT tanggal 20 Maret 2015 cukup khas sebab ada paket tur yang memperlihatkan wisata gerhana dengan naik pesawat terbang pada atas Laut Atlantik Utara. Hal ini bertujuan supaya wisatawan & ilmuwan dapat menyaksikan kenyataan tanpa terhalang sang awan. Seperti halnya dalam tayangan video berdurasi 6 mnt di atas, terlihat bagaimana dtk-detik matahari mulai tertutup oleh bulan yang sangat menakjubkan.

dua. Gerhana Matahari Total Tahun 2012

Mundur kurang lebih 3 tahun pernah terjadi juga GMT pada kawasan Taman Nasional Ganak Garig pada area bagian utara lebih kurang 250 km pada timur kota Darwin, Australia. Sedangkan gerhana matahari sebagian mampu dinikmati oleh masyarakat yg tinggal di Indonesia bagian timur khususnya Papua. GMT yg terjadi pada daerah Darwin dalam tahun 2012 itu dianggap-sebut yang pertama terjadi semenjak 1.300 tahun yg kemudian.

Pada tanggal itu banyak sekali wisatawan & warga lokal yg tiba ke pantai pada wilayah Cairns. Kalian mampu melihat bagaimana antusiasme para pemburu GMT pada Australia ketika itu lewat tayangan video pada atas. GMT pada Negeri Kanguru itu merupakan keliru satu yang paling spesial karena posisi mentari berada pada ufuk timur sempurna di atas Samudera Pasifik pada bagian selatan.

tiga. Gerhana Matahari Cincin Tahun 2010

Awal tahun 2010 lalu poly sekali fenomena alam yg terjadi mulai dari gerhana bulan sebagian yang berlangsung sempurna 30 mnt selesainya pergantian tahun yang hampir sanggup disaksikan di seluruh daerah Indonesia. Selang 1/2 bulan tepatnya 15 Januari 2010 terjadi lagi fenomena spektakuler yaitu eklips surya cincin. Sayang peristiwa ini nir mampu dilihat di negeri kita.

Gerhana surya cincin pada waktu itu terjadi di kawasan India. Semua masyarakat & wisatawan termasuk ilmuwan memenuhi kawasan pantai pada wilayah Varanasi, India. Bagaimana membludaknya pengunjung & dtk-dtk mentari tertutup bulan & membangun sebuah fenomena cincin mentari sanggup kamu lihat dalam tayangan video pada atas.

4. Gerhana Matahari Total Tahun 2006 di Turki

Video berdurasi 3 mnt 8 dtk pada bawah ini memberitahuakn dtk-dtk terjadinya eklips matahari total dalam tanggal 29 Maret 2006 yg direkam dari daerah Anatalya, Turki. Terlihat bagaimana banyak ilmuwan menyiapkan alat-alat berupa teropong dan alat-alat lainnya guna menangkap penampakan GMT.

Saat itu di sebuah tempat perbukitan nampak jua banyak wisatawan yg bergabung buat menyaksikan hal serupa. Mereka dibekali dengan kacamata spesifik buat menyaksikan GMT secara kondusif. Detik demi dtk saat mentari mulai tertutup dan bumi sebagai gelap dalam beberapa mnt benar-benar menakjubkan, misalnya itulah yg akan terjadi pada Indonesia nanti.

5. Gerhana Matahari Total Tahun 2006 pada Libya

Gerhana matahari total dalam tanggal 29 Maret 2006 bukan hanya melintasi tempat Turki saja tetapi juga melebar sampai negara Libya, malah negara ini digadang-gadang menjadi pusat pengamatan dalam ketika itu. Menempati kawasan gurun tandus di wilayah Jalu, Libya poly ilmuwan yg bahkan mendirikan tenda sebagai basecamp pengamatan mereka.

Bagaimana dtk-detik kawasan kurang lebih yang mulai gelap lantaran cahaya mentari tertutupi sang bayangan bulan bikin kita merinding melihatnya. Video berdurasi 7 mnt ini menampilkan proses gerhana mulai berdasarkan awal sampai akhir atau tepatnya 3 mnt sebelum GMT terjadi hingga ke titik puncak dimana mentari tertutup sepenuhnya sang bulan.

6. Gerhana Matahari Total Tahun 1999

Gerhana surya total pernah terekam pada tanggal 11 Agustus 1999. Daerah yg beruntung mengalami kenyataan alam paling langka ini adalah sebagian kawasan pada Eropa. Momen tadi sangat spesial mengingat GMT yg terjadi di tahun 1999 tercatat sebagai yg pertama terlihat pada langit Eropa sejak lepas 22 Juli 1990.

Negara yg paling mencicipi keistimewaan GMT tahun 1999 merupakan daerah Inggris Raya. Sebab GMT tersebut baru dinikmati sang masyarakat Inggris setelah menanti selama 72 tahun atau tepatnya kali terakhir terjadi fenomena serupa pada negeri Ratu Elizabeth dalam tanggal 29 Juni 1927.

7. Gerhana Matahari Total Tahun 2016

Tahun 2016 merupakan tahunnya Indonesia, mengapa? Lantaran dalam tanggal 9 Maret atau terhitung 2 hari menurut sekarang fenomena eklips mentari total akan melintasi Indonesia, ya hanya Indonesia. Setidaknya GMT mampu dipandang di 11 provinsi menggunakan rekomendasi kota-kota sentra pengamatan bisa traveler saksikan lewat tayangan video promosi menurut situs pariwisata Indonesia yang keren pada bawah ini.

Gerhana surya total sebenarnya bukan hal yang asing dicermati rakyat negara Indonesia sebab negara ini tercatat sudah beberapa kali mengalami fenomena serupa terakhir dalam tahun 1995 silam. Namun tahun ini terasa spesial karena masyarakat telah paham bagaimana langkanya fenomena ini sebagai akibatnya sayang bila dilewatkan seperti beberapa puluh tahun kemudian dimana pemerintah melarang rakyat buat keluar rumah waktu eklips terjadi. Sudah memesan tiket ke kota-kota yang dilewati GMT guys?

Keren-keren kan rekaman dtk-dtk gerhana mentari total terjadi di aneka macam belahan global. Mungkin video tersebut sanggup menginspirasimu buat mengabadikan fenomena serupa yang bakal terjadi di negeri kita pada 2 hari mendatang .

Related Posts

Subscribe Our Newsletter