9 Tempat Keren di Tulungagung Menantimu Untuk Segera Berkunjung

Kabupaten yang dikenal sebagai salah satu wilayah produsen batu marmer terbesar pada Indonesia yaitu Tulungagug mulai berkibar namanya, dampak berdasarkan pariwisata yg mulai berkembang. Dari daerah yg berbatasan dengan Kediri, Blitar & Trenggalek muncul poly destinasi wisata Tulungagung yg memiliki pemandangan latif & menjadi buruan para traveler dari banyak sekali wilayah di sekitarnya. Kali ini Travelingyuk mengajak engkau untuk menjelajahi tempat-tempat keren pada kabupaten ini.

1. Menyambangi Pantai Paling Terkenal di Tulungagung, Pantai Popoh

Pantai Popoh [image source]
Pantai Popoh hadir sebagai ikon wisata pantai di Tulungagung yang namanya sudah terkenal kemana-mana. Kamu bisa menemukan pantai ini dengan mengendarai kendaraan menuju Desa Besole, Kecamatan Besuki yang berjarak lebih kurang 30 km ke arah selatan menurut sentra kota. Panorama pantai Popoh memang indah dengan bentuk teluknya yang dagi & jajaran perahu nelayan di tengah bahari yang makin mempercantik keadaan.

Pantai Popoh [image source]
Pemandangan apik lainnya mampu traveler dapati bila mau trekking ke atas bukit. Dengan sedikit berkeringat, engkau akan melihat pemandangan horisontal Pantai Popoh yg luar biasa terlebih datang menjelang senja, sunset di sana sangat cantik. Untuk menyambangi pantai ini traveler tidak akan menerima kesulitan dengan kondisi jalan, semua rute ke sana sudah mulus sehingga nyaman buat dilewati.

Lokasi : Jalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung

dua. Pantai Coro, Pasir Putihnya Mantab Bro!

Pantai Coro [image source]
Masih pada Kecamatan Besuki & berada nir jauh menurut Pantai Popoh terdapat Pantai Coro. Keindahan pantai ini tak kalah manis menggunakan tetangganya itu. Pasirnya berwarna putih menggunakan bahari yang biru menyatu menggunakan langit. Hanya saja untuk menginjakkan kaki pada pantai ini diperlukan usaha ekstra.

Pantai Coro [image source]
Lokasi pantai ini masih tersembunyi di pulang perbukitan berisi hutan jati. Pertama kamu terlebih dahulu musti menuju Desa Gerbo, pada sana akan dijumpai hutan jati milik Perhutani. Susuri jalan setapak dan engkau akan berjumpa menggunakan bidadari Pantai Coro yang menarik hati. Bagaimana tidak pantai ini masih sepi pengunjung, engkau bisa mencumbuinya menggunakan puas.

Lokasi : Reco Sewu, Besole, Besuki, Tulungagung

tiga. Ingin Trekking & Bersenang-Senang? Ini Dia Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang [image source]
Pantai Pathok Gebang adalah destinasi berikutnya yang perlu kamu kunjungi pada Tulungagung. Tapi perlu diketahui bahwa pantai ini mempunyai akses yg cukup sulit. Kamu musti melewati jalanan sempit yg terjal. Tetapi udaha tadi nir akan sia-sia karena pantai pasir putih sudah menunggu di hadapanmu dengan air lautnya yg biru.

Pantai Pathok Gebang [image source]
Kamu tidak hanya sanggup bermain air pada pantai ini, jika engkau sedikit trekking ke tebing-tebing di sana kamu bakal mendapatkan pemandangan yg lebih manis. Saat ombak laut menghempas batuan karang akan tercipta semburan ombak menuju udara hingga puluhan meter. Apabila momennya sempurna kamu pun bisa merogoh gambar dengan background semburan ombak ini. Hasilnya cakep abis!

Lokasi : Jengglungharjo, Tanggung Gunung

4. Pantai Molang, Manis Eksotis

Pantai Molang [image source]
Terletak pada Desa Pucanglaban masih ada pantai perawan bernama Pantai Molang. Pantai ini terbilang masih cukup sepi dibanding tetangganya yang sudah populer yaitu pantai Kedung Tumpang. Kamu akan mendapatkan privasi penuh di pantai ini saat bersantai menikmati angin pantai yang semilir.

Pantai Molang [image source]
Pantai Molang memiliki karakter ombak yg akbar sama seperti pantai-pantai yang berhadapan pribadi menggunakan Samudera Hindia pada pesisir selatan Jawa. Sehingga kamu perlu membatasi kegiatan di air demi keselamatan. Untuk menjamahnya engkau wajib banyak bertanya dalam warga lebih kurang karena lokasi pantai ini masih tersembunyi & minim petunjuk.

Lokasi : Pucang Laban, Tulungagung Regency

lima. Pantai Kedung Tumpang, Ada Laguna Alami Untuk Berenang

Kedung Tumpang [image source]
Laguna alami terbentuk dari cerukan pada permukaan tebing yang menghadap ke bahari, yap kita lagi membahas Kedung Tumpang. Penyebutan pantai untuk kawasan ini sedikit absurd memang mengingat tidak terdapat pasir pantai pada sana menjadi gantinya ini adalah tebing karang yang berada persis pada pinggir bahari.

Kedung Tumpang [image source]
Kedung Tumpang berada pada Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung. Lokasi pantai ini berada tidak jauh dari pantai Molang yg telah kita bahas sebelumnya. Cerukan-cerukan pada bagian atas karang ini terisi air bahari saat gelombang sedang tinggi membuat kolam alami yang banyak direnangi traveler saat berkunjung ke sana.

Lokasi : Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung

6. Menikmati Kesegaran Air Terjun Lawean di Lereng Gunung Wilis

Air Terjun Lawean [image source]
Menjelajahi pantai di Tulungagung nir akan ada habisnya, setidaknya 5 pantai diatas cukup mewakili pantai-pantai eksotis pada sana. Kini saatnya Travelingyuk mengajak engkau buat blusukan ke dalam hutan & sampailah kita pada Air Terjun Lawean. Perlu trekking buat menemukan air terjun yg berada pada ketinggian 1.200 mdpl dan berada pada lereng Gunung Wilis.

 

Air Terjun Lawean [image source]
Dalam perjalanan setidaknya kamu akan menyeberangi 9 sungai dan menerjang perbukitan hijau. Tapi air terjun yang cantik siap mengobati lelah selama perjalanan. Air terjun menggunakan total ketinggian mencapai 100 meter ini mempunyai air yang dingin menyegarkan dan alam kurang lebih yg masih terjaga kealamiannya.

Lokasi : Geger, Sendang, Tulungagung

7. Waduk Wonorejo, Pilihan Wisata Air Bersama Keluarga

Waduk Wonorejo [image source]
Beralih ke Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo telah menunggu satu lagi destinasi wisata non pantai yaitu Waduk Wonorejo. Waduk yg dibangun pada tahun 1992 ini memiliki luas tiga,85 juta meter persegi yg menjadikannya sebagai salah satu waduk terbesar di tempat Asia Tenggara. Fungsi dari pembangunan waduk ini awalnya menjadi pusat irigasi, pemasok air higienis & perikanan tetapi seiring makin terkenalnya waduk manfaatnya pun juga bertambah yakni menjadi destinasi wisata.

Waduk Wonorejo [image source]
Waduk ini terletak lebih kurang 12 km menurut sentra kota Tulungagung. Tiap akhir pekan banyak belia mudi yg tiba ke sana buat bersantai dengan pasangan. Tak sedikit pula mobil-kendaraan beroda empat langsung yg berkeliling waduk buat melihat estetika lanskapnya. Beberapa fasilitas menarik yang bisa ditemukan di sana antara lain cottage, sarana permainan air, area pamancingan, kolam renang dan lain sebagainya.

Lokasi : Jalan Raya Waduk Wonorejo, Pagerwojo, Tulungagung

8. Candi Dadi, Saksi Bisu Akhir Masa Kejayaan Kerajaan Hindu-Budha

Candi Dadi [image source]
Jauh di pada wilayahnya, Tulungagung menyimpan bukti sejarah dtk-dtk berakhirnya kerajaan Hindu-Budha di masa kekuasaan Hayam Wuruk berupa candi Dadi. Candi ini berada pada ketinggian 360 mdpl berupa candi tunggal berbentuk bujur kandang. Konon candi ini asal dari akhir abad XIV hingga XV yang dibangun oleh penganut Hindu-Budha yg menjauhkan diri menurut keramaian dampak kedatangan agama Islam.

Candi Dadi [image source]
Candi Dadi terletak di Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu. Di kawasan ini selain banyak ditemukan situs candi pula ditemukan fosil manusia purba. Lokasinya yg berada pada zenit bukit menciptakan traveler yang datang menggunakan gampang menikmati suguhan pemandangan kota Tulungagung menurut ketinggian disamping melihat candi Dadi.

Lokasi : Desa Sanggrahan, Boyolangu, Tulungagung

9. Gunung Budheg, Tempat Menyepi & Menyaksikan Keagungan Tuhan dari Puncak Tertinggi

Gunung Budheg [image source]
Perjalanan di Tulungagung akan terasa lengkap menggunakan menutupnya di Gunung Budheg. Ini adalah zenit tertinggi di kawasan Tulungagung tengah. Tinggi gunung ini mencapai 600 mdpl yang dapat kamu daki selama 2 jam perjalanan santai menurut pos pendakian.

Gunung Budheg [image source]
Nama Gunung Budheg sejatinya tidak asing bagi rakyat setempat sebab tempat zenit gunung ini sering digunakan buat upacara kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Cuma, menjadi booming selesainya digunakan buat lokasi syuting My Trip My Adventure sebagai akibatnya sekarang setiap akhir pekan banyak anak muda yg kemping di sana.

Lokasi : Tanggung, Campur Darat, Kabupaten Tulungagung

Itulah beberapa tempat manis yang ada pada Tulungagung. Buat kamu traveler orisinil kota ini yang ingin menyebarkan tempat-tempat menarik pada kotamu silahkan mengisi kolom komentar.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter