Ada Kembaran Stonehenge di Skotlandia

Monumen batu yang juga dikenal menjadi situs megalitikum pada Inggris bernama Stonehenge memang sudah dikenal luas oleh global. Ternyata situs serupa jua ditemukan pada Skotlandia menggunakan nama yang tidak selaras. Situs ini dianggap menggunakan Ring of Brodgar. Monumen batu berumur ribuan tahun menggunakan sejarah yang sama-sama masih menjadi misteri.

Melihat foto-foto dari Ring of Brodgar di bawah ini pasti akan mengingatkan memorimu dalam situs homogen bernama Stonehenge. Monumen batu yang disusun secara misterius membentuk pola melingkar. Tapi ini merupakan situs yang tidak selaras, tempatnya jua bukan pada Inggris melainkan Skotlandia. Ring of Brodgar berada di Kepulauan Oarkney yg memang dikenal memiliki banyak peninggalan zaman batu.

instagram

Seperti fakta yang dilansir Travelingyuk dari page resmi Visit Scotland, situs kuno ini diketahui pertama kali oleh seorang menurut abad ke-16 bernama Jo Ben. Sosok penemu ini pun jua misterius lantaran hingga sekarang bukti diri orang ini belum diketahui secara pasti apakah beliau seorang arkeolog atau bukan. Namun pada catatannya, beliau menuliskan bahwa situs itu totalnya mempunyai 60 batu yg berdiri tegak seperti tombak dan berbentuk melingkar.

Meski catatan tentang situs ini sudah terdapat sejak abad ke-16 tetapi barulah tahun 1906 dilakukan revitalisasi. Batu-batu yang tadinya roboh mulai pada pasang balik dalam pondasi aslinya meskipun tidak semuanya sanggup dipulihkan. Hingga saat ini hanya ada 27 batu yang masih tegak berdiri.

instagram

Secara generik para peneliti menyimpulkan bila monumen batu tadi telah dibangun antara 2000 sampai 2500 tahun sebelum masehi. Dengan begitu eksistensi Ring of Brodgar memang nir kalah antik dibanding menggunakan Stonehenge. Menilik dalam ukuran situs, Ring of Brodgar ini punya luas 104 meter persegi yg tersusun berdasarkan batu-batu antik ukuran tinggi antara 2,1 meter sampai 4,7 meter.

instagram

Situs kuno yg terdapat di Skotlandia ini sudah tercatat menjadi Situs Warisan Dunia dalam Desember 1999 sang UNESCO. Keberadaannya menambah koleksi situs neolitik yang terdapat di Pulau Oarkney. Melihat dari bentuknya para peneliti meyakini apabila dahulu situs batu tadi dipakai sebagai tempat buat melangsungkan ritual keagamaan. Nah jikalau engkau traveling ke Skotlandia, sempatkan buat berkunjung ke situs ini.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter