Aksi Lincah Manusia Laba-Laba dalam Pertunjukan Kesenian Lais Dari Garut

Aksi lincah seorang pada memanjat pohon bambu lalu dilanjutkan dengan bergelantungan pada tali tanpa pengaman yang dikaitkan antara dua bambu setinggi belasan meter, itulah beberapa aksi akrobatik yg akan Anda lihat waktu menonton kesenian tradisional berdasarkan Garut bernama Lais.

Kabupaten Garut mempunyai kesenian tradisional yg telah sangat langka bernama Lais. Ini merupakan pertunjukan akrobatik keseimbangan tali yg bermula menurut sebuah cerita yang berasal berdasarkan zaman Belanda. Alkisah, semenjak zaman kolonial Kabupaten Garut memang sudah populer sebagai wilayah perkebunan kelapa.

source]
Saat itu ada seorang pria yg amat populer lihai dalam memanjat pohon kelapa, beliau bernama Laisan yg kesehariannya dipanggil Pak Lais. Ia tinggal pada Kampung Nangka Pait, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut. Berbeda dengan pemanjat pohon kelapa lainnya, Pak Lais nir perlu naik turun bila mau memetik kelapa dri satu pohon ke pohon lainnya. Ia relatif berayun menggunakan pelepah daun kelapa menuju pohon berikutnya.

Keahliannya membuat dia acapkali dimintai tolong untuk memetik kelapa & orang-orang kampung juga ramai menonton aksinya sembari membunyikan tetabuhan berdasarkan peralatan masak & bersorak. Dari situlah kesenian Lais ini berkembang & dilestarikan sampai ketika ini.

Pada atraksinya, pemain Lais akan memanjat pohon bambu dengan tinggi 12-13 meter dengan cepat. Kemudian ia akan berjalan diatas tali yg terentang antara dua bambu. Sesekali pemain Lais akan terlihat bermalas-malasan dengan pose tiduran di atas tali lalu kemudian melakukan berbagai mobilitas akrobatik. Ia tidak memakai alat pengaman selama pertunjukan dan terlihat nyaman menggunakan tali tadi seperti insan keuntungan-keuntungan bergelantungan di talinya.

source]
Lebih ekstrim lagi saat pertunjukan usai, pemain Lais akan turun berdasarkan puncak bambu menggunakan posisi terbalik. Ia akan meluncur menggunakan posisi ketua pada bawah. Butuh keahlian khusus buat memainkan kesenian tradisional ini. Bagaimana dengan daerahmu, punya kesenian tradisional apa?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter