Curug Sijeglong Devils Pool di Kabupaten Batang yang Menantang

Traveler, kalian sudah tahu Air Terjun Victoria di negara Zambia, Afrika? Pada waktu-ketika eksklusif, sungai pada puncak tebing air terjun terbesar pada dunia ini mampu digunakan menjadi kolam renang dimana poly traveler yg berenang di sana. Kolam tadi dikenal menggunakan nama devils Pool lantaran posisinya berada di bibir air terjun dengan tinggi 108 meter. Tapi kita tidak akan membahas kolam ini, melainkan kolam sejenis yang berada pada Indonesia, namanya curug Sijeglong.

Yap kamu tidak salah membaca jika Indonesia jua punya Devils Pool dalam bentuk Curug Sijeglong. Curug atau air terjun ini terletak di Batang, keliru satu kabupaten pada Jawa Tengah yang berbatasan menggunakan kabupaten Pekalongan, Kendal, Banjarnegara & Wonosobo. Lebih spesifik, curug Sijeglong ini berada di wilayah desa Desa Margosono, Kecamatan Tersono meski bagian atas air terjun telah masuk daerah kabupaten Kendal.

instagram

Menilik namanya yang unik, Curug Sijeglong asal berdasarkan penampakan air terjun itu sendiri. Dalam bahasa setempat jeglong memiliki arti cerukan atau kedung. Kedung ini terisi air berdasarkan genre sungai Lampir & berada tepat diujung jurang atau terjunan. Curug Sijeglong ini punya empat tingkat dimana masing-masing taraf punya satu jeglongan atau kolam.

Alih-alih menikmati air pada bawah air terjun, traveler yang berkunjung ke Curug Sijeglong lebih tertarik buat berenang di kolam tadi. Air pada kolam ini umumnya berwarna hijau atau biru yg jernih tergantung menggunakan cahaya surya yg masuk dan kedalaman kolam. Di kolam inilah para traveler bersenang-senang buat sekedar foto mau pun berendam dan berenang.

instagram

Sementara Curug Sijeglong ini masih dikelola sang desa setempat. Beberapa fasilitas sederhana mulai dibangun buat memudahkan akses menuju ke lokasi misalnya pambangunan tangga, pemberian tambang pengaman & jua jembatan bambu. Hal ini sangat krusial mengingat lokasi air terjun ini berada pada perbukitan yg curam.

instagram

Untuk hingga pada lokasi dari tempat parkir saja traveler harus berjalan kaki sejauh dua km. Medan yg dilewati cukup menantang berupa jalan setapak menurut tanah yang terjal dan licin buat hingga pada bagian bawah air terjun. Kalau mau lebih seru lagi kamu wajib naik menuju kolam-kolam tersebut. Tenang saja rasa lelahmu akan terbayar dengan pemandangan latif plus segarnya air Curug Sijeglong. Tertarik buat menemukan permata tersembunyi pada Batang ini traveler?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter