Inikah Jejak Sungai Purba di Blora?

Disebut dengan Dinding Kalinanas, ini tidak lain adalah dinding tebing sisi sungai yang membangun goresan alam yang unik dampak kikisan aliran sungai. Keunikan tersebut yg lalu mengundang traveler buat datang atas dasar rasa bertanya-tanya. Sontak dalam waktu singkat daerah ini sanggup menyedot kunjungan wisatawan karena memang manis buat difoto.

Tempat yg unik di wilayah yg tidak kalah unik, mungkin itulah yg mampu sedikit mendeskripsikan obyek wisata baru pada Kabupaten Blora ini. Sebelum menyinggung tentang pelukisan destinasinya secara khusus, Travelingyuk akan mencoba lebih dahulu memperkenalkan kepada sobat traveler tentang wilayah dimana loka unik ini berada.

instagram

Adalah Desa Kalinanas, cukup menarik bukan namanya? Dilansir Travelingyuk dari berbagai sumber, hadiah nama desa ini tidak tanggal berdasarkan kisah oleh pendirinya yaitu Ki Woko. Warga percaya bahwa beliau adalah orang pertama yang tinggal pada wilayah yang kini bernama Desa Kalinanas tadi. Ki Woko membuka tempat tadi yang sebelumnya masih berupa hutan lebat tak berpenghuni. Kemudian beliau pakai huma itu buat bercocok tanam hingga akhirnya poly masyarakat lain yang mengikuti jejaknya.

Makin lama wilayah baru tadi makin banyak penghuni & jadilah sebuah desa tetapi belum memiliki nama. Tak jauh menurut pemukiman tadi terdapat kali/sungai yg sepanjang tepinya ditumbuhi sang pohon nanas liar. Dari sanalah lalu desa tersebut diberi nama Kalinanas. Kalinanas sendiri merupakan sungai yang sampai kini mengalir di desa itu.

instagram

Kali Nanas pada Desa Kalinanas ini benar-benar unik karena memiliki dinding sungai yang membangun goresan-gesekan alam. Ukiran-goresan itu terbentuk tidak dalam saat yang singkat, proses kikisan aliran sungai selama ratusan hingga jutaan tahun dalam tebing kapurlah yg menghasilkan formasi misalnya itu. Sangat mungkin apabila ini merupakan jejak sungai purba yang ada di Kabupaten Blora.

instagram

Seperti ditengok Travelingyuk berdasarkan akun [email protected], loka unik tersebut bak sebuah nirwana yang tersembunyi. Kemudian disebutlah destinasi wisata baru itu dengan nama Dinding Kalinanas. Bagi traveler yg bertanya-tanya bisa datang pribadi ke daerah Hutan wilayah KPH Mantingan, BKPH Kalinanas, kecamatan Japah, kabupaten Blora. Akses jalan menuju ke lokasinya pun telah gampang sebagai akibatnya loka ini mampu sebagai jujukan loka wisata baru di kabupaten ini.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter