Kamu Harus Memenuhi Syarat Ini Sebelum Masuk ke Gua Jomblang

Gunungkidul menggunakan karakternya menjadi pegunungan karst tentu menyimpan poly gua yg keren. Satu diantaranya merupakan Gua Jomblang yang populer menjadi gua vertikal dengan hutan purba di dalamnya. Posisi pintu masuknya yang tegak lurus menciptakan gua ini lebih dikenal menggunakan sebutan luweng. Tidak seluruh orang mampu masuk ke dalam gua ini, terdapat syarat yang wajib dipenuhi. Apa saja syaratnya?

Sebelum menetapkan caving di Gua Jomblang kamu harus memahami resikonya lebih dahulu. Ini adalah galat satu kegiatan traveling paling beresiko. Untuk dapat mencapai dasar gua traveler harus turun memakai tali yg diklaim menggunakan hauling. Oleh karenanya diharapkan fisik yang prima buat melakukannya.

source]
Pemilik Jomblang Resort, Cahyo Alkantana misalnya diberitakan Kompas Travel menaruh satu syarat utama jika mau menjelajah Gua Jomblang yakni wajib kuat berjalan kaki keliling lapangan bola dua kali non-stop. Sebab usaha tidak akan selesai begitu saja setelah sampai di dasar gua, traveler masih harus menjelajah lorong berisi hutan purba dengan kondisi trek yang lumayan berat.

Petualangan dimulai menggunakan mengenakan alat-alat khusus sesuai baku keamanan buat jelajah gua vertikal. Setelah itu, dengan didampingi pemandu wisata, traveler akan turun ke dasar gua sedalam 70 meter menggunakan teknik hauling atau teknik tali tunggal selama 30 dtk. Saat sampai di pada gua, mata akan terpana melihat vegetasi hutan purba yg tumbuh subur di dalamnya.

Gua ini terbentuk setelah terjadi tanah ambles yang menenggelamkan seluruh vegetasi di atasnya. Ajaibnya tumbuh-tumbuhan ini nir meninggal namun terus tumbuh hingga waktu ini. Setelah puas melihat hutan purba, traveler diajak trekking menyusuri lorong gua sepanjang 300 meter. Di lorong ini masih ada aneka ornamen gua yang manis. Di ujung lorong akan ditemukan ruangan luas yang mana adalah spot buat menyaksikan “cahaya nirwana” berupa sinar surya yang masuk ke pada gua melalui lubang diatas gua.

source]
Waktu terbaik buat menyaksikan cahaya nirwana ini adalah dalam pukul 10.00 sampai 12.00. Pada satu ketika hanya diijinkan wisatawan sebesar 25 orang buat masuk ke pada gua, hal ini buat menjaga stabilitas ekosistem pada dalamnya. Untuk tarif masuk satu orang dikenakan porto Rp. 450 ribu. So, Anda yg berminat sanggup melakukan janji terlebih dahulu menggunakan pemilik Jomblang resort, Cahyo Alkantana via telepon (+62 811 117 010).

Related Posts

Subscribe Our Newsletter