Sambal Ganja Menu Asli Aceh yang Lezat dan Kontroversial

Ganja ternyata sebagai sajian khas Aceh, tidak percaya? Datang saja ke warung makan Aceh di sana selalu terdapat hidangan yg satu ini. Di loka ini juga orang-orang bebas mengkonsumsi ganja tanpa takut berurusan dengan aturan. Eits tetapi jangan galat sangka dulu, ganja di sini adalah kuliner khas Aceh bernama Sambal Ganja.

Mendengar nama sambal ganja tentu yg pertama kali muncul pada benak Anda adalah daun ganja sayur yg suka dicampurkan dalam menu masakan atau malah ganja flora terlarang itu. Sambal ganja Aceh bukanlah kuliner haram, ini hanya kasus penamaan saja yang unik tetapi komposisi sambal ini mengandalkan cita rasa spesial belimbing wuluh dan udang.

food.Dtk.Com

Sambal Aceh ini beda berdasarkan sambal-sambal lain seperti sambal tomat atau sambal terasi. Rasa asam lebih mendominasi sambal ini & itulah letak kekhasan dari sambal Serambi Mekah. Belimbing wuluh digunakan sebagai pemicu rasa asam sedangkan udang kali dipakai sebagai penonjol rasa gurih. Semua itu dicampur dengan bumbu rempah sehingga membuat rasa sambal yg mantap.

Pemakaian belimbing wuluh pada pembuatan sambal ini disebabkan wilayah Aceh yg kaya akan flora jenis ini. Satu lagi yang pasti selalu disajikan pada sambal ganja Aceh ini yaitu rasa pedas yang meledak pada ekspresi. Masakan dari wilayah pada ujung barat Indonesia ini memang selalu identik dengan rasa yg pedas sehingga sangat cocok buat dinikmati para pecinta masakan pedas.

www.Tribunnews.Com

Sambal ganja ini sangat pas buat sebagai pelengkap aneka kuliner spesial Aceh semisal ayam tangkap. Ayam tangkap merupakan ikon masakan di provinsi tadi & telah sangat terkenal pada Indonesia. Ciri spesial makanan ini adalah daging ayam kampung yang dipotong mini -mini & dibumbui dengan banyak sekali rempah kemudian digoreng hingga kemarau. Tak lupa juga ditambahkan dedaunan misalnya daun pandan, daun kari dan cabe hijau yg diaduk jadi satu sebagai akibatnya terlihat membres.

www.Dessey.Me

Pada saat tsunami menerjang aceh pada tahun 2004 silam, hidangan ayam tangkap ini sempat dijuluki dengan nama lain yaitu nasi tsunami hal ini merujuk dalam penyajian makanan yg awut-awutan seperti keadaan Aceh yg porak-poranda kala itu. Penasaran ingin mencoba?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter