Serba-Serbi Wisata Kota Batu Destinasinya Lengkap Punya!

Traveler yg punya planning traveling pada tempat Jawa Timur tentu tidak boleh melewatkan Kota Batu menjadi galat satu destinasinya. Daerah yang secara resmi menjadi kota otonom lepas menurut Kabupaten Malang per tanggal 17 Oktober 2001 ini memiliki segudang destinasi yg patut buat kalian sambangi.

Layak memang apabila Kota Batu menerima julukan De Kleine Zwitserland atau Swiss kecil pada tanah Jawa. Hampir semua wilayahnya memancarkan aura yang keren sekalipun alun-alun kota. Lantas apa saja destinasi yg harus dikunjungi pada Kota Batu? Berikut Travelingyuk rangkum 15 loka di Batu yg wajib traveler buru.

1. Sebelum Menjelajahi Kota Batu Singah Dulu ke Songgoriti Buat Men-Charge Energi

Ada baiknya mengumpulkan tenaga sebelum menjelajahi keberagaman destinasi wisata pada Kota Batu yang bakal menguras tenaga. Salah satu loka yg pas buat dikunjungi adalah Wisata Songgoriti Batu yang terletak pada Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, tepat berada di kaki Gunung Banyak.

instagram

Tempat ini memperlihatkan suasana pegunungan yang sejuk, kolam renang, outbond, pemandian air panas, taman- taman mempesona, danau air panas dan Pasar Wisata Songgoriti Batu yg menjual beberapa kerajinan tangan/souvenir yg dibuat sendiri sang penduduk tempat Songgoriti. Jam operasional obyek wisata ini antara pukul 07.00 – 17.00 WIB.

dua. Mampir ke Alun-Alun Kota Batu yang Paling Keren se-Indonesia

Obyek wisata di Kota Batu memang poly dan cantik-indah. Buktinya tempat rekreasi gratisannya saja sanggup sekeren ini. Yap, buat traveler yang mencari loka murah, perdeo akan tetapi tidak murahan mampu berkunjung ke Alun-Alun Kota Batu. Alun-alun ini sebagai sangat glamor setelah mengalami renovasi dan dianggap-sebut sebagai keliru satu yg paling kece pada negeri ini.

instagram

Alun-alun Kota Batu memang dibuat tidak sinkron dengan kota lainnya. Di kawasan tamannya masih ada bianglala permanen yang sebagai karakteristik khasnya. Selain itu alun-alun ini pula dilengkapi dengan playground anak-anak, ruang warta berbentuk strawberry, serta patung bentuk apel yg sebagai ikon daerah tersebut.

tiga. Omah Kayu, Penginapan Keren pada Atas Pohon Menghadap Kota Batu

Traveler yg suka sekali bernostalgia masa kecil perlu berkunjung ke Omah Kayu. Dijamin akan puas menggunakan suguhan yang ada di sana. Ada tempat tinggal pohon pada bibir jurang yg menghadap ke Kota Batu sebagai akibatnya bila menginap pada dalam satu tempat tinggal pohon ini para tamu akan disuguhi dengan gemerlap lampu kota.

instagram

Biaya menginap di Omah Kayu ini lebih kurang Rp.250.000-Rp.300.000 per malam. Tapi jika hanya mau foto-foto pada terasnya saja pula sanggup menggunakan membayar beberapa ribu rupiah. Lokasinya yg berada di atas sebuah bukit menciptakan udara di tempat ini sangat sejuk apalagi dari kejauhan terlihat hamparan area persawahan serta jajaran bangunan di tengah kota. Tidak sulit kog menemukan tempat kece ini, traveler tinggal berkunjung ke tempat Gunung Banyak.

4. Spot Paralayang Gunung Banyak, Destinasi Untuk Adrenaline Junkie

Gunung Banyak yg sebagai lokasi keberadaan Omah Kayu nyatanya jua sangat bersahabat buat para adrenaline junkie alias pecinta aktivitas ekstrim pemacu adrenalin. Pasalnya pada kawasan ini jua dipakai sebagai lokasi start paralayang. Paralayang pada Kota Batu ini merupakan galat satu yang paling keren pada Indonesia dengan pemandangan alam dan perkotaan yg begitu serasi.

instagram

Makanya jangan sampai tidak memasukkan Paralayang di Gunung Banyak menjadi galat satu destinasi yg harus kamu kunjungi di Kota Apel. Atraksi menantang “maut” mampu kamu cicipi waktu berada pada lokasi. Kegiatan ini bisa dicicipi oleh mereka yg sudah profesional juga mereka yg cuma bermodal nekad. Jika memang punya relatif nyali akan tetapi belum berpengalaman bisa melakukan olahraga ekstrim ini dengan cara tandem dengan pemandu profesional. Tentu butuh dana sekian ratus ribu buat mencoba aktivitas ini.

lima. Jatim Park 1, Dufan-nya Kota Batu

Traveler yg tinggal di Jawa Timur apabila mau liburan ke taman rekreasi seperti di Dufan tinggal tiba ke Jatim Park 1. Taman rekreasi ini berada pada Kota Batu atau di lereng timur Gunung Panderman sebagai akibatnya punya udara yg sangat sejuk. Di dalamnya masih ada 56 wahana permainan baik yang bertujuan buat senang -senang juga sarana sarat edukasi.

instagram

Jatim park 1 sebagai ikon dan pujian provinsi Jawa Timur yg mana taman bermain ini pernah dinobatkan menjadi juara 1 kategori wisata buatan berskala akbar taraf nasional oleh Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif. Beberapa wahana seru yg bisa pengunjung coba diantaranya kolam renang super besar, spinning coaster, drop zone, 3D Ghost Haunter, Volcano, Galeri Nusantara, Science Center, Flumride and Mythologies, dan miniatur beragam candi pada Indonesia. Tiket masuk ke dalam Jatim Park 1 lebih kurang Rp. 55 ribu pada hari biasa dan Rp. 75 ribu dalam akhir pekan dan hari libur nasional. Tarif tersebut bisa berubah sewaktu-saat.

6. Jatim Park 2 Tempatnya Secret Zoo dan Museum Satwa

Di Kota Batu terdapat dua Jawa Timur Park (Jatim Park). Setelah puas bermain-main di Jatim Park 1 yang memang dibentuk menjadi sarana rekreasi yg penuh dengan wahana permainan, traveler bisa melanjutkan buat mengunjungi saudaranya yaitu Jatim Park 2 yang didesain lebih dalam keperluan edukasi.

instagram

Jatim Park 2 terdiri menurut Museum Satwa, Secret Zoo & jua Hotel Pohon Inn. Di dalam Museum Satwa traveler bisa melihat aneka koleksi hewan langka yg telah diawetkan termasuk fosil binatang purba yang didatangkan menurut berbagai negara. Sedangkan Secret Zoo memelihara aneka satwa dari banyak sekali dunia dengan konsep terkini dimana kandang satwa dibikin menyerupai tempat asli aslinya. Tiket masuk ke dalam obyek wisata ini untuk weekday 70.000 Rupiah sedangkan buat weekend dan hari libur 100.000 Rupiah.

7. Taman Selecta, Destinasi di Kota Batu Yang Seperti di Eropa

Tahun kemudian global per-travelingan digegerkan sang aksi selfie & perusakan taman bunga amarilis pada Gunung Kidul. Tentu aksi serupa diperlukan nir terjadi pada taman-taman bunga lainnya termasuk di Taman Wisata Selecta pada desa Tulungrejo, Kota Batu. Ini merupakan destinasi wisata yg paling banyak digandrungi sang kaum hawa.

instagram

Meskipun Taman Wisata Selecta memiliki sarana seperti taman wisata hiburan, kolam renang dan jua area outbond akan tetapi yg paling populer dan paling poly disinggahi traveler adalah taman bunganya. Taman bunga pada Selecta ini mengoleksi aneka macam jenis bunga berwarna-warni yg mengubah suasana sekitar sebagai seperti di Eropa.

8. Taman Bunga Matahari yang Mirip Seperti di Hokkaido, Jepang

Salah satu destinasi wajib kunjung traveler yang berada di Jepang adalah wilayah di pulau Hokkaido yg memiliki taman bunga matahari yang sangat luas. Nah, pemandangan seperti itu jua bisa traveler jumpai pada Kota Batu jikalau mau berkunjung ke tempat peternakan kuda Starmega pada dalam komplek Panderman Hill.

instagram

Traveler yang masuk ke pada taman ini tidak dipungut biaya hanya saja mekarnya bunga surya nir setiap hari traveler jumpai. Butuh timing yang sempurna apabila mau foto-foto keren pada tengah taman bunga matahari misalnya yang tengah hits dilakukan traveler pada instagram. Kalau kebetulan datang & bunga mentari sedang nir berbunga traveler masih bisa jalan-jalan pada area peternakan kuda & foto-foto bersama hewan lambang kejantanan ini.

9. Melihat Kendaraan Jadul yg Keren-Keren pada Museum Angkut

Siapa bilang wisata ke museum itu membosankan? Coba dulu deh masuk ke Museum Angkut yg terdapat pada Kota Batu. Image membosankan berdasarkan sebuah museum akan sirna seketika saat traveler melihat koleksi tunggangan kuno menurut aneka macam negara. Yap, museum ini menunjukkan sesuatu yang tidak selaras, bukan benda-benda purbakala melainkan tunggangan jadul yang mempesona.

instagram

Tiket masuk ke pada museum memang terbilang mahal kurang lebih Rp.60.000 buat weekdays dan Rp.80.000 buat weekend, belum lagi traveler yg membawa kamera profesional akan dikenakan porto tambahan. Selain pajangan tunggangan jadul mulai dari kendaraan beroda empat yg digunakan Presiden Soekarno & tunggangan jadul lain pada global ternyata museum ini juga memiliki daerah yg dirancang menyerupai daerah pada luar negeri. Dijamin deh nir akan bosan seharian berkeliling ke Museum Angkut.

10. Pemandian Air Panas Cangar, Buat Kamu yg Mau Merelaksasi Otot Tubuh

Selain Songgoriti, Kota Batu masih punya pemandian air panas lainnya yang wajib traveler singgahi yaitu Pemandian Air Panas Cangar. Menurut beberapa warta pemandian Cangar ini airnya mengandung belereng yang sangat baik buat merilekskan otot-otot tubuh yang tegang serta menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, hingga penyakit kulit.

instagram

Pemandian Air Panas Cangar sangat pas dikunjungi saat kamu sudah seharian penuh jalan-jalan mengelilingi Swiss Kecil ini. Tiket masuknya yg tidak hingga sepuluh ribu rupiah tergolong sangat murah mengingat banyak manfaat yang akan traveler dapatkan. Selain menyehatkan selesainya berendam pada air panasnya tubuh dijamin akan segar bugar kembali.

11. Coban Rais, Pecinta Petualangan Wajib Tandang Ke Destinasi Ini

Kota Batu tercatat memiliki sejumlah air terjun keren. Hal ini ditentukan oleh lokasinya yang berada pada daerah pegunungan. Salah satu air terjun cantik tadi sanggup traveler jumpai di  Dusun Dresel, Desa Oro-Oro ombo, Kota Batu. Air terjun tersebut dikenal menggunakan nama Coban Rais.

instagram

Coban Rais mempunyai pemandangan yang latif meski untuk menuju ke lokasi traveler harus menyiapkan stamina yg prima lantaran treknya yang cukup jauh & menantang. Tapi sesampainya pada lokasi traveler akan disuguhi pemandangan alam yg begitu menawan apalagi jika berada pada lokasi waktu petang. Langit malam penuh bintang pada temani bunyi gemercik air terjun main menciptakan suasana kian adem. Air terjun lain yang mampu traveler singgahi merupakan Coban Talun & Coban Putri.

12. Predator Fun Park, Sarana Wisata Yang Menyediakan Wahana Hiburan, Edukasi Hingga Kuliner Ekstrim Dalam Satu Paket

Luangkan ketika buat datang ke alamat Jalan Raya Tlekung Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Di sana terdapat destinasi wisata seru bernama Predator Fun Park, taman wisata yg baru dibuka pertengahan 2015 lalu yg menggabungkan tiga pengalaman wisata mulai berdasarkan Wahana Hiburan, Edukasi sampai Kuliner Ekstrim pada satu paket.

instagram

Di dalamnya terdapat penangkaran buaya sebagai sarana wisata bertemu predator. Untuk hiburannya traveler ditawarkan buat menikmati aktivitas memancing di kolam pemancingan. Sedangkan wisata ekstrimnya berupa warung-warung makan yg menyajikan aneka olahan daging buaya mulai menurut sate sampai soto. Jam buka obyek wisata ini mulai pukul 08.30-16.30 WIB. Tiket masuk ke pada obyek wisata ini adalah Rp. 25 ribu per orang.

13. Wisata Edukasi di Museum Tubuh Bagong Adventure, Belajar Mengenal Anggota Tubuh

Satu lagi destinasi yg nir boleh terlewatkan ketika liburan di Kota Batu yaitu Museum Tubuh bagong Adventure. Museum ini terletak pada Jalan Kartika No dua Kota Wisata Batu atau masih satu kompleks dengan obyek wisata Jatim Park 1. Museum Tubuh ini mempunyai bangunan yang unik menyerupai karakter bagong & terdiri menurut 6 lantai pada dalamnya.

instagram

Di dalam museum tubuh masih ada 13 zona antara lain Zona Otak, Gigi, Mata, Telinga, Mulut, Hidung, Tulang, Jantung, Hati, Paru-paru, Usus akbar, Usus Halus, Lambung, Pembuluh Darah, dan beberapa zona-zona bagian tubuh lainnya. Pengunjung jua sanggup melakukan pemeriksaan kesehatan perdeo mencakup cek gula darah, cek kolesterol, cek asam urat, tensi darah, cek berat badan ideal, cek tinggi badan ideal, cek osteoporosis & cek kesehatan mata. Museum Tubuh ini buka setiap hari mulai pukul 8.30 hingga menggunakan pukul 16.30 WIB.

14. Wisata Malam di Kota Batu? Bisa! Datang ke Batu Night Spectacular

Buat kamu yang tinggal pada area Malang atau pernah kuliah pada sana tentu tidak asing menggunakan obyek wisata satu ini. Batu Night Spectacular (BNS) tempat yg paling asyik buat menghabiskan malam di kota yg terkenal mempunyai udara yang dingin. Obyek wisata ini pun memang tersedia khusus dalam sore sampai malam hari. Jam operasionalnya saja baru dimulai pukul tiga sore.

instagram

Di pada Batu Night Spectacular masih ada poly wahana permainan yg mampu dicoba pengunjung, beberapa di antaranya merupakan sepeda terbang, taman lampion, trampolin dan masih banyak lagi. Tempat ini jua menjadi nirwana belanja sebab pada sepanjang jalan menuju pintu keluar masih ada gugusan toko suvenir sampai food court. Biaya masuk ke BNS sendiri berkisar antara Rp.20.000 buat weekdays dan Rp.25.000 ketika weekend, porto ini belum termasuk biaya buat menaiki sarana-sarana yang ada di dalamnya.

15 Tidak Afdol Jika Liburan di Kota Apel Tapi Tidak Berkunjung ke Wisata Petik Apel

Liburan di Malang apalagi Kota Batu sangat tidak afdol jika nir mengunjungi Agrowisata Petik Buah Apel. Banyak perkebunan apel yg dibuka buat wisata agro merupakan satu yg menjadi pilihan adalah wisata petik apel Agro Rakyat yang terdapat di daerah Bumiaji, desa Agrowisata.

instagram

Lokasi agrowisata petik butir apel ini tidak jauh berdasarkan Jatim Park dan Batu Secret Zoo. Dari Malang bisa ditempuh selama 40 mnt mengendarai kendaraan. Perkebunan apel ini mampu traveler jelajahi mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sebelumnya traveler wajib membayar tiket masuk sekitar Rp. 20 ribu per orang. Dengan dana itu traveler bisa memetik butir apel & memakan sepuasnya. Tapi bila mau membawa pergi maka wajib membayar lagi sesuai bobot apel yang dipetik.

Rasanya terlalu kecil apabila membahas potensi wisata Kota Batu dan hanya mengungkapkan 15 destinasi diantaranya. Travelingyuk konfiden masih poly destinasi lain yang tersimpan pada secuil tanah Swiss ini. Kamu yang punya rekomendasi lainnya bisa menuliskannya di kolom komentar.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter