Serem Tarian Asal Maluku Ini Butuh Roh Halus Dalam Pertunjukannya

Sudah pernah melihat tari tradisional dari Jawa bernama Kuda Lumping pada mana penarinya kesurupan & memakan apa saja termasuk pecahan kaca. Tarian yg satu ini mirip-mirip menggunakan Kuda Lumping, tapi bukan penarinya yg dirasuki oleh makhluk halus melainkan bambu.

Bambu Gila begitulah kesenian ini dianggap, sebuah tarian mistis yang menggunakan media bambu ini berasal berdasarkan Maluku. Dalam pertunjukan ini Anda akan familiar dengan banyak sekali mantra, kemenyan, tujuh orang pria & tak ketinggalan sebatang bambu berukuran panjang dua,5 meter. Tak ketinggalan selama pertunjukan berlangsung Anda juga akan menerima pengalaman supranatural yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

source]
Maluku, selain terkenal dengan Ora Beach yang berada di Pulau Seram jua memiliki keragaman budaya yang menarik untuk dinikmati. Salah satunya merupakan pertunjukan tari Bambu Gila atau dikenal dengan nama lain sebagai Buluh Gila dan Bara Suwen. Pertunjukan ini menampilkan tujuh laki-laki dewasa yg bertarung melawan sepotong bambu yang telah dirasuki roh halus.

Proses pementasan tarian mistis ini dimulai sang seseorang pawang atau dukun setempat yang membakar kemenyan di pada tempurung kelapa sambil membaca mantra. Asap yang keluar dari pembakaran kemenyan tadi dihembuskan dalam btg bambu. Fungsi kemenyan ini adalah memanggil roh leluhur buat menaruh kekuatan pada bambu. Seketika sehabis itu bambu akan berguncang hebat & tidak terkendali. Tugas tujuh pria tersebut adalah memegang erat bambu & melawan kekuatannya seperti terlihat dalam video berikut.

Dalam pagelarannya, tarian ini akan diiringi dengan musik tradisional yang berasal menurut tabuhan Tifa. Pertunjukan baru akan selesai jika para peserta jatuh kelenger lantaran tidak tahan lagi menunda kekuatan ghaib yang terdapat di dalam bambu tersebut. Setelah itu pawang akan mengeluarkan kekuatan ghaib dengan cara membakar kertas & dimasukkan dalam bambu atau istilahnya diberi makan barah.

source]
Pertunjukan Bambu Gila bisa dijumpai pada dua desa yaitu Desa Liang, kecamatan Salahatu, dan Desa Mamala, kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Anda mampu mencicipi pengalaman supranatural yg lebih menggigit dengan bergabung sebagai keliru satu penarinya. Berani?

Related Posts

Subscribe Our Newsletter