Tips Seru Menghabiskan Akhir Pekan di Trenggalek

Kabupaten Trenggalek memiliki banyak destinasi wisata yg menarik buat dikunjungi. Beberapa spot bahkan berada berdekatan sehingga cukup mudah buat dikunjungi pada saat yang singkat. Traveler tinggal mengambil saat start di akhir pekan & secara otomatis akan memiliki 2 hari luang yaitu Sabtu & Minggu yang siap dimanfaatkan untuk mbolang pada kota keripik tempe ini. Lantas tujuannya kemana saja?

Tidak sulit buat mencari fakta mengenai destinasi apa saja yg mampu dikunjungi pada Trenggalek. Kamu tinggal membuka google & memasukkan istilah kunci wisata Trenggalek lalu mesin pencari akan otomatis menaruh daftarnya yg diindex menurut website yg membahas mengenai potensi wisata kabupaten ini. Tetapi dari pada bingung menciptakan itinerary sendiri mendingan baca rekomendasi berdasarkan Trevelingyuk berikut ini.

Menyusuri Kawasan Paling Ujung Timur Trenggalek Via Jalur Lintas Selatan dan Temukan Hutan Pinus Super Keren Ini

apabila diperhatikan, seluruh obyek wisata andalan Kabupaten Trenggalek berpusat pada ujung timur atau lebih tepat lagi berada di Kecamatan Watu Limo. Kecamatan ini berbatasan langsung menggunakan Kabupaten Tulungagung. Nah, engkau bisa menjelajahi setiap potensi wisata di kawasan ini pada sekali jalan bila kamu tinggal pada Trenggalek atau jika engkau berasal menurut kota yg tidak sinkron bisa merencanakan perjalanan selama dua hari satu malam.

Hutan Pinus Kampak, Trenggalek, @antontri
Hutan Pinus Kampak, Trenggalek, @antontri

Seperti yang baru saja Travelingyuk lakukan, kita berangkat menurut Pacitan menggunakan tujuan obyek-obyek wisata pada Kecamatan Watu Limo. Tim start siang hari dengan mengambil rute melalui Jalur Lintas Selatan, selain lebih dekat selama bepergian berdasarkan Pacitan kita akan disuguhi pemandangan alam yg indah berupa pantai dan hutan. Begitu jua ketika tiba pada daerah Kampak, Trenggalek. Traveler akan disuguhi pemandangan indah hutan pinus yang sangat luas. Jadikan tempat ini menjadi rest area dadakan sekaligus destinasi rekreasi pertama sebelum tiba di spot utama. Pemandangannya keren sayang jika engkau cuma numpang lewat saja.

Habiskan Malam Minggu di Pantai Karanggongso Dengan Cara Kemping di Pinggir Pantai

Untuk hari Sabtu, cukup habiskan pada satu spot saja & pilihan paling direkomendasikan merupakan Pantai Karanggongso. Pantai ini terletak di Dusun Karanggongso, Desa Tasik Madu, Kecamatan Watu Limo. Lokasinya hanya bersebelahan dengan Pantai Prigi yang dipakai sebagai pelabuhan ikan & hanya dipisahkan sang sebuah bukit saja. Kegiatan utama di sana adalah kemping alias bermalam di tenda di pinggir pantai.

Instagram

Ide nakal dari Travelingyuk, datanglah pada waktu sore menjelang magrib. Tujuannya tentu untuk menghindari pos penjagaan, sore hari penjaga sudah pulang sebagai akibatnya traveler mampu masuk area pantai secara gratis. Kerugiannya engkau tidak bisa menikmati sunset anggun dan berenang di pantai. Kalau datang sebelum magrib, setiap traveler harus membayar Rp. 10.000 menggunakan laba sanggup melihat mentari terbenam, berenang, keliling pantai gunakan perahu, hingga naik banana boat.

Rakit tenda buat menginap relatif menjauh berdasarkan pantai terlebih bila hari sedang bulan purnama. Pantai akan mengalami pasang tinggi saat itu. Tempat paling baik adalah pada ujung barat pantai, pada sana masih ada lahan relatif luas & tinggi serta jauh berdasarkan keramaian. Sekedar warta, waktu akhir pekan pantai ini akan ramai sampai pagi sehingga membangun tenda pada dekat jalan masuk menuju pantai sama saja menggunakan bermalam di pasar.

Check Out Sepagi Mungkin dan Lanjutkan Perjalanan Menuju Kawasan Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

Praktis pada hari libur kamu nir akan menemukan eksklusifitas menurut pantai Karanggongso. Hal ini sudah dibuktikan Travelingyuk yg kemping pada sana beberapa ketika kemudian. Bahkan jam 5 pagi, rombongan bus wisatawan yang umumnya tiba menurut daerah Blitar, Mojokerto & Jombang sudah mulai memasuki kawasan pantai. Di ketika sepagi itu pantai sudah berubah sebagai pasar yg sangat ramai. Saat itu hanya ada 2 pilihan buat engkau , pertama ikut membaur & memaksa diri buat nyaman di situasi misalnya itu atau segera bereskan tenda & check out berdasarkan pantai.

Berfoto di jembatan galau dengan pemandangan hutan bakau dari spesies Ceriops Decandra di kanan kiri, foto by @antontri
Berfoto di jembatan bingung dengan pemandangan hutan bakau berdasarkan spesies Ceriops Decandra pada kanan kiri, foto by @antontri

Pilihan bijak adalah bermain pada laut sebentar sembari menunggu hari sepenuhnya terang kurang lebih jam 6 pagi baru kemudian membereskan tenda. Sekalian saja mandi izin segar sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi lainnya. Tujuan berikutnya merupakan Hutan Mangrove Pancer Cengkrong yg letaknya hanya 1 kilometer menurut Karanggongso. Datang ke kawasan hutan bakau pada pagi hari tentu memberi keuntungan berupa suasana yang masih sepi. Sebab kebanyakan agen wisata menciptakan itinerary ke Karanggongso dulu sebelum ke Pancer Cengkrong.

Kegiatan primer di loka ini merupakan berkeliling hutan mangrove via Jembatan Galau alias jembatan kayu yang dibangun pada area hutan bakau. Tidak hanya itu, traveler juga bisa melihat aneka koleksi satwa misalnya monyet, landak, luwak, ular & lain sebagainya. Puas-puasin deh foto-foto dengan latar belakang hutan mangrove mumpung masih pagi belum banyak traveler yang tiba.

Bersantai di Pantai Cengkrong Sekaligus Melihat Jembatan Keren di Jalur Lintas Selatan

Di seberang Hutan Mangrove Pancer Cengkrong masih ada pantai yg sangat luas namanya Pantai Cengkrong. Jadi selesainya puas dan capek berkeliling hutan bakau kamu mampu beristirahat pada pinggir pantai ini. Banyak warung makan yang menjual aneka makanan khas berupa sea food menurut ikan tangkapan nelayan pada Desa Karanggadu ini.

Instagram

apabila perut telah kenyang lanjutkan perjalanan menuju arah barat melewati Jalur Lintas Selatan. Berada di ujung pantai, kamu akan melewati jembatan panjang yg jika dilihat menurut permukaan biasa saja namun naiklah ke atas bukit di seberang jembatan maka akan terlihat keistimewaan jembatan ini. Bagian bawah jembatan dibangun menyerupai pilar melengkung, gunanya agar bahtera nelayan dapat melintasi sungai pada bawah jembatan. Arsitektur jembatan yang syahdan menghabiskan dana sampai 50 milyar ini sungguh eksotis. Dari atas jembatan kamu pula bisa melihat baik daerah hutan mangrove juga pantai Cengkrong.

Putar Balik Arah dan Kunjungi Gua Lowo pada Desa Watuagung

Sebetulnya masih ada satu pantai lagi yang searah menggunakan Pantai Cengkrong, namanya adalah Pantai Damas. Hanya saja rute menuju pantai ini masih relatif sulit menggunakan kondisi jalan yang belum pada aspal. Pilihan lainnya adalah putar pulang arah dan langsung ke destinasi berikutnya berupa gua. Untuk menuju ke destinasi ini engkau harus berkendara ke arah Desa Watuagung, kecamatan Watulimo. Inilah Gua Lowo yang terkenal sebagai sarang kelelawar dan mempunyai ruangan yg sangat luas.

Gua Lowo, Trenggalek, @antontri
Gua Lowo, Trenggalek, @antontri

Konon Gua Lowo dianggap sebagai gua terbesar di Asia Tenggara, kalian mampu membuktikannya sendiri dengan datang eksklusif ke sana & bandingkan menggunakan Gua Han Song Dong di Vietnam. Gua ini memang memiliki ruangan yang sangat akbar, menurut petugas penjaga gua, area yang sanggup dieksplor wisatawan baru sebatas 1 km saja & masih ada 1 km residu yang belum di jelajahi. Pada lokasi tertentu terdapat ruangan besar yang langit-langitnya dihuni poly kelelawar, mungkin karena itu gua ini dinamakan Gua Lowo atau Gua Kelelawar. Jelajahi setiap sudut ruangan gua ini, yang pasti kamu akan berdecak kagum melihat estetika alam di perut bumi ini.

Nah itu tadi cara seru berakhir pekan pada Trenggalek. Mengunjungi lima destinasi tadi sudah menghabiskan waktu 2 hari satu malam lho, dengan catatan engkau singgah di destinasi-destinasi tersebut pada ketika yang relatif lama sehingga liburanmu berasa puas sekali bukannya sekali jalan & hanya foto-foto saja. Mungkin ini mampu menjadi rujukan kegiatan akhir pekanmu nanti. Good luck.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter