Wisata Religi di Semarang? Ke 4 Destinasi Ini Saja!

Wisata religi sebagai pilihan traveling selama bulan Ramadan. Selain bisa tetap melakukan kegiatan jalan-jalan, dengan berwisata religi traveler juga permanen sanggup beribadah sekaligus dekat dengan Tuhan.Untuk bisa melakukan jenis wisata ini traveler nir perlu melancong jauh-jauh, kegiatan ini sanggup dilakukan di kota-kota terdekat atau bahkan pada dalam kota sendiri sembari menunggu ketika berbuka.

Salah satu tempat yg menarik buat di jadikan destinasi wisata religi adalah mak kota Provinsi Jawa Tengah yaitu Semarang. Berbagai tempat sanggup dikunjungi sebagai tujuan wisata religi mulai berdasarkan masjid-masjid anggun hingga klenteng yang notabene adalah tempat beribadah umat Konghucu namun mempunyai sejarah Islam yg kental. Berikut tempat-tempat wisata religi di Semarang.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Tujuan wisata religi paling populer pada Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Daya tarik primer dari masjid ini adalah gaya arsitekturnya yang menggabungkan tiga budaya yakni Jawa, Islam & Romawi. Atapnya yang berbentuk limas merupakan galat satu perwakilan budaya Jawa sedangkan payung raksasa pada pelataran masjid yang mampu dibuka tutup adalah payung yg sama menggunakan di Masjid Nabawi. Gaya Romawi tampak pada 25 pilar pada pelataran masjid yg berbentuk misalnya koloseum.

source]
Masjid yang menempati lahan seluas 10 hektare ini nampak terlihat sangat megah. Keberadaan masjid ini selain menjadi loka beribadah jua dipakai sebagai loka edukasi. Berbagai fasilitas pendukung seperti Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah & ruang loka rukyat al-hilal jua tersedia pada sana. Wisatawan yang ingin melihat kota Semarang menurut ketinggian pula mampu tiba ke masjid yg beralamatkan di Jl Gajah Raya, Gayamsari ini menggunakan cara naik ke Menara Asmaul Husna dengan tinggi 99 meter.

2. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid yg berada di sentra Kota Semarang dan memiliki fungsi ganda, selain sebagai loka ibadah masjid ini pula menjadi pusat dakwah Islam di Semarang. Lokasinya yang berada pada kawasan Simpang Lima menjadikannya satu-satunya tempat tinggal ibadah yang berada di tengah-tengah gedung-gedung mal dan perkantoran yg menjadi simbol kapitalisme.

source]
Masjid Raya Baiturrahman sebagai simbol oase religiusitas di tengah-tengah kegiatan kapitalisme di tempat tersebut. Tak sedikit jua masyarakat Semarang dan jua traveler yg datang ke masjid ini buat beribadah selesainya jalan-jalan pada kawasan Simpang Lima. Kebetulan Travelingyuk pula pernah bermalam di masjid tadi ketika jalan-jalan di Semarang beberapa saat lalu. Pada bulan Ramadan seperti sekarang ini tempat di kurang lebih masjid ini sering dipakai sebagai lokasi ngabuburit masyarakat.

tiga. Masjid Besar Kauman

Lokasi wisata religi berikutnya adalah salah satu masjid tertua di Semarang yg dibangun dalam tahun 1749, masjid ini bernama Masjid Besar Kauman. Cukup mudah menemukan lokasi masjid ini karena berada di Jl Alun-alun Barat Nomor 71, dekat dengan Pasar Johar. Meski usianya sudah sangat tua tetapi masjid ini masih berdiri kokoh & megah. Travelingyuk pernah ke sini beberapa waktu kemudian, waktu itu sedang ada aktivitas pengajian pada sana.

source]
Masjid ini selalu ramai dikunjungi traveler yg akan beribadah setelah berkeliling Pasar Johar buat berbelanja. Terlebih pada bulan Ramadan, masjid ini sebagai salah satu tujuan wisata religi yang tak pernah sepi berdasarkan pengunjung karena pada sana selalu terdapat aktivitas pengajian Al Quran yg dilaksanakan sesudah salat dhuhur. Kemeriahan pada Masjid Besar Kauman ini sudah dimulai semenjak menjelang Ramadan di mana pada sana digunakan sebagai titik start tradisi Dugderan yg rutin dilaksanakan di Semarang.

4. Kelenteng Sam Poo Kong

Tujuan wisata yang terakhir ini memang bukanlah sebuah masjid atau loka yg identik menggunakan umat Islam sebab ini adalah loka ibadah umat Konghucu yg dianggap menggunakan kelenteng. Kelenteng Sam Poo Kong selain menjadi tempat ibadah jua adalah destinasi wisata yg terkenal di Semarang. Letaknya berada di Jl. Simongan Raya No. 129.

Kelenteng Sam Poo Kong by Ardhaniaji
Kelenteng Sam Poo Kong by Ardhaniaji

Meskipun bukan situs Islami tetapi keberadaan kelenteng ini tidak lepas dari sejarahnya yang sarat akan nilai-nilai Islam. Menurut sejarah, sebelum difungsikan sebagai kelenteng, Sam Po Kong merupakan sebuah masjid loka beribadah umat Islam yg dibangun sang Laksamana Cheng Hoo. Ia merupakan seorang pelayar muslim menurut China yg singgah pada Semarang lantaran awak kapalnya sakit. Di lokasi yg kini sebagai kelenteng Sam Poo Kong inilah kru Cheng Hoo beristirahat sekaligus membuat rumah beribadah yaitu masjid.

Itulah keempat tempat yg dapat dijadikan tujuan wisata religi di Semarang. Anda mampu mengunjungi tempat-tempat ini sembari menunggu waktu berbuka, dan semoga puasa Anda sebagai lebih berkah.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter